5 Olahan dari Kentang Ini Selain Unik juga Mudah Dibuat loh, Coba Yuk!

  • Whatsapp

GIRLISME.COM- Nah Smartgirl siapa nih disini yang ngga suka sayuran? atau malah pada suka sayuran ya? Nah pastinya udah tau dong kalau manfaat sayuran tuh banyak banget. Selain bisa memperbaiki zat-zat sel tubuh kita yang rusak, mengkonsumsi sayuran juga membantu tubuh kita agar tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Nah Smartgirl sayuran yang satu ini sangat mudah ditemuin kok, mulai dari pasar sampai swalayan besar pasti menjual. Selain pengganti dari nasi, kentang juga efektif banget dipilih sebagai makanan untuk diet. Nah mau tahu olahan apa saja yang bisa dibuat dari kentang? yuk, kita intip resep nya ya!

Read More

1.Cemil-cemil kenyang dan sehat dengan makan Pom Pom Potato. Apaan tuh?

copyright by http://www.reseptina.com

Pastinya udah pada tau kan dengan pom pom potato? Beberapa waktu yang lalu pom pom potato ini sempat booming juga lho. Pom pom potato terbuat dari campuran kentang halus dan keju kemudian dibalur dengan tepung panir dan digoreng. Pom pom potato ini adalah salah 1 cemilan favorit anak-anak  Bikinnya pun gampang sekali bahkan sebenarnya gak perlu takaran, tinggal cemplang cemplung aja menyesuaikan bahan yang kita punya, jadi deeh. Tapi apa sih sebenernya bahan-bahan yang diperlukan?

BACA JUGA :  Ngga Perlu ke Korea, di Bandung Ada 4 Restoran Makanan Korea yang Endes Banget!!!

Bahan :
400 gr kentang, kupas, kukus dan panas-panas haluskan
125 gr keju cheddar parut
Sejumput garam
keju cheddar dan keju mozarella, potong dadu untuk isian
Putih telur untuk bahan pencelup
Tepung panir untuk pelapis
Minyak goreng

Cara Membuat :
1. Campur kentang dan keju cheddar hingga tercampur rata. Masukkan garam, aduk rata kembali dan test rasa hingga sesuai selera.
2. Bentuk bulat, pipihkan dan beri isian kemudian bulatkan kembali atau bisa juga dibentuk lonjong. Lakukan hingga habis.
3. Celupkan ke dalam kocokan putih telur dan gulingkan ke tepung panir hingga tertutup rata. Simpan di dalam kulkas hingga panir menempel.
4. Panaskan minyak, goreng dengan api sedang hingga matang.
5. Angkat dan tiriskan, sajikan hangat dengan saus sambal atau mayo.

2.Yang seger-seger dengan mengolah kentang jadi puding. Jangan salah, rasanya Enak loh!

copyright by https://id.pinterest.com

Varian puding lainnya yang tergolong mudah untuk dibuat adalah puding kentang. Puding yang merupakan hasil olahan campuran agar-agar ini dikombinasikan dengan sayuran kentang.

Bahan-bahan

  1. 2 butir: telur (dikocok)
  2. 1/2 kg: kentang
  3. 5 sdm: gula pasir
  4. 700 ml: susu tawar (full cream)
  5. 1/4 sdt: garam
  6. 1/4 sdt: vanilla
  7. 1 sdm: terigu (munjung)
  8. 3 sdm: maizena (larutkan dgn air dan terigu)
  9. 2 sdm: butter

Langkah

  1.  Kupas kentang, kukus lalu blender halus
  2.  Siapkan panci, kocok telur, gula, garam, vanilla, mentega, kocok sampai tercampur rata.
  3.  Tambah kentang yg sudah halus dan susu cair tawar, aduk rata
  4.  Masukkan maizena & terigu yg sudah di larutkan, aduk rata semua. Kalau perlu disaring
  5.  Masak di kompor dgn api sedang, sambil di aduk terus smp kental dan meletup”. Pindah di loyang yg tahan panas, tunggu dingin, lalu masuk kulkas.

3.Makanan ringan mudah dibuat, Kentang panggang masih jadi favorit para remaja!

copyright by https://cookpad.com

BACA JUGA :  Makanan Khas Indonesia, Ini dia 7 Jenis Kerupuk Favorit yang Membuat Makananmu Tambah Nikmat!

Kentang panggang adalah salah satu makanan yang mudah dibuat dan murah. Kentang merupakan sumber vitamin C, serat, kalium, dan mangan yang baik.

Bahan-bahan

  1. Kentang kecil (seukuran kepalan tangan anak TK). Secukup nya
  2. secukupnya Minyak sayur
  3. Garam kasar secukupnya (sedikir aja)
  4. Keju melted kraft, parut
  5. 5 lembar smoked beef
  6. Black pepper
  7. Basil
  8. Bawang putih 2 siung. Cincang

Langkah

  1. Kupas kentang (boleh jg tidak) kemudian potong memanjang 4 bagian. Bisa juga diiris tipis, ga putus…. Letakkan diatas wadah kaca tahan panas. Taburi garam kasar dan black pepper. Beri sedikit minyak diatasnya. Tutup wadah dengan aluminium foil.

  2. Panggang di microvawe. Saya pakai panasonic, pilih mode baked potato. Sesuaikan banyaknya kentang. Saya panggang 20 menit.

  3. Keluarkan. Taburi keju parut untuk kentang yang dipotong. Atau selipkan irisan keju jika kentang hanya diiris.

  4. Tumis smoked beef dengan sedikit minyak dan bawang putih cincang.

  5. Taburkan di atas kentang. Tutupi lagi dengan keju parut dan beri hiasan basil.

  6. Tutup kemvali wadah dengan aluminium foil.

  7. Panggang lagi sekitar 10 menit.

  8. Hidangkan selagi panas.

4.Kue lumpur kentang, makanan tradisional yang sudah di inovasi. Tetep enak loh rasanya!

copyright by https://resepkoki.id

Pada prinsipnya, seperti juga Kue Pie Susu atau kue lain nya, resep lumpur bisa di kreasikan dengan berbagai macam bahan bahan lain yang sudah terkenal kelezatan nya. Nah kali ini kita coba dari kentang.

Bahan-bahan

  1. 250 gr kentang kukus
  2. 250 ml santan
  3. 125 gr gula pasir
  4. 125 gr terigu
  5. 2 kuning telur
  6. 1 putih telur
  7. 1/4 vanili
  8. 50 gr mentega cair
  9. secukupnya Garam
  10. secukupnya Kismis

Langkah

  1. Kukus Halus kentang

  2. Rebus santan kental beri garam secukupnya

  3. Kocok gula dan telur

  4. Masukan terigu bergantian dengan santan

  5. Beri vanili secukupnya

  6. Beri mentega cair, Diamkan 15 menit, Panggang di cetakan kue lumpur tutup cetakannya..setengah matang beri kismis.

5. Pelengkap makanan berkuah nih, Perkedel kentang emang paling cocok!

copyright by https://resepkoki.id

Perkedel makanan yang terbuat dari kentang yang digoreng atau direbus sebelum dilumatkan lalu dicampur dengan daging cincang, irisan daun bawang dan daun seledri kemudian di campur bumbu-bumbu. Dibentuk bulat-bulat gepeng, dicelupkan ke dalam kocokan telur ayam lalu digoreng.

Bahan-bahan

  1. 1/2 kg kentang
  2. 5 siung bawang putih
  3. 2 sdm merica
  4. secukupnya Garam
  5. secukupnya Daun Seledri
  6. 1 butir telur ayam
  7. Minyak goreng
  8. 2 siung bawang merah

Langkah

  1. Kupas kentang, kemudian potong – potong, dan cuci bersih

  2. Goreng kentang hingga matang dan kecoklatan, tiriskan dan sisihkan

  3. Haluskan atau uleg bawang putih, merica, dan garam

  4. Hancurkan kentang, masukkan bumbu halus, dan beri irisan daun seledri

  5. Kepal bulat adonan sesuai selera

  6. Kocok telur, masukkan kentang yang sudah dibentuk, lalu goreng dalam minyak panas hingga warnanya keemasan

  7. Tiriskan perkedel dari penggorengan lalu hidangkan

Related posts