5 Jajanan Kaki Lima di Jogja yang Cita Rasanya Tak Kalah dengan Makanan Hotel Bintang Lima!

  • Whatsapp

GIRLISME.COM- Jogja memang terkenal sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia. Pantainya, gunungnya, atau pusat-pusat keramaiannya. Namun berwisata ke Jogja tak lengkap jika tak mencicipi jajanan atau kuliner Jogja. Sebagian merupakan makanan khas Jogja dan sebagian hasil kreativitas dari tangan-tangan kreatif pedagang di Kota Pelajar ini. Di berbagai sudut Kota Jogja ada banyak sekali kuliner yang bisa disantap, mulai dari restoran, kafe, hingga kaki lima.

Nah buat kalian yang penasaran jajanan kaki lima mana yang recommended, kali ini Girlisme bakal ngasih tau nih, siapkan catatan kecilmu ya!

Read More

1.Siang-siang panas sekali loh di Jogja, tenang Kalau udah makan rujak es krim bakalan adem langsung kok!

copyright by google.com

Kudapan yang gampang dijumpai, enak rasanya, dan cocok disantap ketika udara sedang terik-teriknya. Rujak es krim jadi salah satu primadona kuliner para wisatawan lokal mau pun luar negeri karena rasanya yang khas. Hampir sama dengan rujak pada umumnya, berisikan buah-buahan semacam mangga, kedondong, pepaya, nanas, bengkuang yang disiram dengan sambal. Menariknya, diberi pula topping es krim. Alhasil cita rasa dari rujak es krim ini amat unik; perpaduan pedas, asam, manis dan dingin! Harganya pun hanya kisaran Rp 5000.

BACA JUGA :  4 Olahan Makanan Ini Membuat Nasi Putihmu Naik Kelas, Ingin Tahu Resepnya?

Bila ingin menyantap rujak es krim, anda bisa pergi ke daerah Pura Pakualaman Yogyakarta, cukup banyak pedagang yang menjajakan jajanan nikmat ini. Kamu wajib coba Rujak Es krim Pak Nardi. Beralamatkan di Jalan Haryowiyatan Purwo Kinanti Pakualaman Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta, telepon: 0857-4353-5573. Buka dari jam 09.00 sampai selesai.

2. Makanan khas Kota Jogja, Gudeg. Warung gudeg kaki lima juga ngga kalah enak kok!

copyright by http://hargamenu.com

Tidak diragukan lagi, Jogja selalu identik dengan gudegnya. Cita rasanya manis namun bercampur dengan rasa khas, percampuran dari isi gudeg itu sendiri. Jenis gudeg macam-macam; ada gudeg kering yang disajikan dengan kuah aren sangat kental, gudeg basah yang disajikan dengan kuah aren encer, dan gudeg solo yaitu gudeg yang kuah arennya berwarna putih. Yang mana pun jenisnya, rasanya sama-sama enak, apalagi jika dihidangkan bersama nasi pulen yang masih panas. Harganya pun kisaran hanya Rp 9.000.

Buat kamu yang bingung mau milih warung gudeg yang mana, Kamu bisa nih memilih Gudeg Yu Djum yang udah terkenal banget di Jogja. Alamat lengkapnya nih  Jalan Wijilan, Yogyakarta. Buka dari jam 06-22.00 WIB.

3.Deretan angkringan di sekitar Tugu Jogja, selalu penuh dengan pelajar dan wisatawan yang penasaran.

copyright by yukepo.com

Siapa yang tak suka makan di angkringan? Harganya yang murah meriah dengan pilihan lauk yang beragam membuatnya digemari orang-orang. Harga nasi (biasa disebut sego kucing) hanya kisaran Rp 1.000 sampai Rp 2.000. Itu pun sudah dilengkapi dengan lauk sederhana seperti sayur buncis, tempe, atau pun sambal teri. Angkringan pun gampang ditemui di berbagai pinggir jalan di Jogja. Cukup menyiapkan uang Rp 5.000 maka Anda sudah kenyang makan di Angkringan.

BACA JUGA :  5 Makanan yang Bersahabat Buat Kamu yang Lagi Haid Nih

Buat kamu yang penasaran, kamu bisa nih nyoba pergi ke daerah Tugu. Ini dia alamat lengkapnya Angkringan Lek Man. Letaknya di sebelah utara stasiun tugu, tepatnya di Jalan Wongsodirjan. Menu yang wajib dicoba adalah Kopi Jos, kopi panas yang dicelupi arang. Buka dari jam 18.00 WIB – selesai.

4.Yang keempat, Soto daging sapi nih cocok banget buat dijadikan santapan sarapan. Tenang harganya masih murah kok!

copyright by jajanjogja.com

Kuah soto yang gurih, ditambah nasi dan siledri, lalu disajikan panas-panas akan mampu membuat perut terasa hangat di pagi hari. DSoto juga kadang disajikan dengan tempe, sate usus, kerupuk, dan lain-lain. Kebanyakan di Jogja terdapat soto ayam atau soto daging sapi.

Kamu bisa nih berjalan ke arah utara sedikit untuk mendapatkan soto gurih yang satu ini. Alamat lengkapnya di Soto Pak Sabar. Warung soto ini menyajikan soto daging sapi, alamatnya di Jalan Gedong Kuning Selatan (sebelah selatan gedung Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY). Buka dari jam 06.00-14.00 WIB.

5.Penggila makanan pedas? Wah oseng-oseng mercon ini cocok Kamu coba!

copyright by https://www.justgola.com

Jika Anda penyuka pedas dan baru pertama kali ke Jogja, itu berarti Anda wajib makan Oseng-Oseng Mercon. Menu ikonik Jogja ini sangat digandrungi oleh masyarakat mau pun para pelancong. Makanan yang diolah dari campuran daging sapi dan kikil serta cabai rawit dalam porsi banyak tentulah menggugah selera di kala perut kelaparan. Rasanya pun pedas, tak seperti kuliner Jogja kebanyakan (manis), namun justru itulah letak keunikannya. Pedasnya seperti mercon yang mengagetkan. Kamu bisa menemukan berbagai warung oseng-oseng mercon di sekitar Jl. KHA Dahlan. Selamat mencoba!

BACA JUGA :  Mau Makan Sehat Tapi Bingung Mau Apa? Coba Deh 4 Makanan dari Daun Binahong Ini, Sudah Unik Sehat Pula!

Nah Smartgirl udah tahu kan makanan kaki lima mana saja yang recommended di Jogja, Jadi kapan nih kita janjian makan di kaki lima ini?

Related posts