4 Olahan Makanan Ini Membuat Nasi Putihmu Naik Kelas, Ingin Tahu Resepnya?

  • Whatsapp

GIRLISME.COM-  Smartgirl orangIndonesia emang ngga pernah kenyang sebelum makan nasi putih sebagai makanan pokoknya. Siapa nih yang seperti itu juga? Nasi putih memang paling enak kalau disantap selagi hangat-hangatnya ya apalagi ditambah lauk, ah nikmat banget deh!

Selain, karena rasanya yang lezat, nasi juga mengandung karbohidrat dan gula yang cukup tinggi loh! Tapi bosen ngga sih kalau makan nasi yang gitu-gitu aja? Nah kali ini GirlIsMe bakalan kasih resep 5 olahan makanan dari nasi yang unik banget! yuk langsung aja ya!

Read More

1.Nasi Jambalaya, Makanan khas dari Amerika. Kamu bisa membuat makanan tersebut memakai rice cooker saja loh!

copyright by https://www.berrykitchen.com

Selain dibikin nasi goreng, biji padi yang pulen di lidah ini juga bisa di sajikan sebagai makanan lezat ala Amerika lho. Jambalaya namanya. Makanan favorit warga Lousiana ini bisa kamu buat sendiri hanya dengan bermodal rice cooker di rumahSelain dibikin nasi goreng, biji padi yang pulen di lidah ini juga bisa di sajikan sebagai makanan lezat ala Amerika lho. Jambalaya namanya. Makanan favorit warga Lousiana ini bisa kamu buat sendiri hanya dengan bermodal rice cooker di rumah

Bahan-bahan:

1. 1/2 Liter Beras atau sekitar 2 cup Rice Cooker
2. 250 gram daging sapi potong dadu
3. 250 gram sosis potong dadu
4. 2 sdm pasta tomat
5. 100 gram bawang bombay (potong kecil)
6. 150 gram paprika
7. 50 gram tomat potong kecil
8. 3 helai daun salam kering
9. 1 sdt oregano
10. 400 mL kaldu ayam
11. daun parsley
12. Lada dan garam
13. Minyak goreng

BACA JUGA :  Rela Antri Berjam-Jam Demi Es Kepal Milo, Emang Apa Sih Uniknya?

Cara membuat :
1. Pertama, kamu panaskan ketel/panci penanak nasi dan tuangkan sedikit minyak. Lalu masukkan daging dan sosis sapi, masak hingga matang dan mengeluarkan minyak
2. Setelah itu kamu masukkan daun salam kering, oregano, bawang bombay dan juga paprika.masak sampai wangi dan kemudian masukkan pasta tomat ke dalamnya.
3. Masukkan beras yang sudah dicuci bersih, masukkan, dan pastikan keseluruhan beras tenggelam.
4. Masukkan 200mL kaldu ayam, aduk sampai merata. Masak sampai beras menjaddi setengah matang.
5. Tambahkan potongan tomat, taburi garam, dan merica secukupnya.
6. Tuangkan kaldu 200mL, aduk rata dan sempurnakan kematangan nasi.
7. Angkat dan taburkan potongan parsley.
8. Jambalaya khas Amerika siap dihidangkan 🙂

2.Selain kekikinian, Sushi juga salah satu olahan dari nasi yang mudah kamu buat dirumah. Buat yuk!

copyright by https://www.thespruce.com

Makanan Jepang yang sangat populer di dunia ialah Sushi, sushi dengan aneka macam isian yang dapat anda hidangkan ditengah keluarga tercinta. Ini dia cara membuatnya

Bahan Utama

  • 150 gram beras jepang, berbentuk lebih panjang
  • 1/2 sdt rice vinengar
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 200 ml air

Bahan Bumbu Membuat Sushi

  • 3 lembar nori
  • 1/4 sendok teh wijen hitam kemudian sangrai
  • 6 buah crab stik
  • 6 potong alpukat,kemudian potong panjang
  • 8 ketimun jepang,selanjutnya buang biji,kemudian potong kemudian panjang
  • 1 sendok teh wijen putih, kemudian sangrai

Cara Memasak Resep dan Cara Membuat Sushi

  1. Langkah untuk membuat nasi, cuci bersih beras kemudian tiriskan
  2. Selanjutnya masukan beras ke dalam rice cooker,masak hingga matang
  3. Selanjutnya diamkan selama beberapa saat
  4. Kemudian panaskan tuang diatas nampan
  5. Selanjutnya campurkan rice vinengar kemudian tambahkan gula pasir dan garam hingga merata
  6. Selanjutnya tuang ke beberapa nasi, adu hingga merata selanjutnya tutup dengan menggunakan lap. Nasi siap digunakan.
  7. Kemudian ambil 120 gram bahan nasi untuk sushi, kemudian kepal-kepal.Lalu letakan diatas selembar nori. Ratakan dan sisakan diujungnya
  8. Kemudian taburi bagian tengahnya dengan wijen hitam dan juga wijen putih , balik diatas makishu.
  9. Lalu tata kembali crab stick , ketimun, avokad dan gulung kemudian padatkan .
BACA JUGA :  Sering Marah-Marah Sendiri Karena Jakarta Macet? Mending Nongkrong di 5 Kafe Ini Deh, Dijamin Buat Hati Adem!

3.Membuat makanan khas Italia, Nasi baked risoto yang unik dan ternyata bikin melting loh!

copyright by https://www.campbells.com

Risotto merupakan hidangan yang biasanya terbuat dari beras Arborio khas  Italia. Beras ini butirannya cukup besar dibanding beras lokal. Teksturnya mirip-mirip kayak nasi yang biasa digunakan untuk membuat nasi goreng. Pengolahan Arborio, cukup setengah matang, karena kalau matang justru akan menjadi lembek ketika diolah kembali. Nah Risotto ini, merupakan salah satu sajian yang cukup fleksibel, artinya, bisa dihidangkan baik itu sebagai pembuka atau pun sebagai sajian makanan utama.Nah penasaran sama resepnya?

Bahan-bahan:
250 gr nasi
100 ml susu cair
1/3 sdt garam
2 btr telur, kocok lepas
Keju parut [sesuai selera]
Parsley+oregano, sedikit saja
1/2 buah wortel, potong kotak kecil
1 buah bawang bombay, cincang
1 sdm tepung terigu
1/4 buah Paprika kuning dan hijau, potong kecil-kecil
1/4 sdt merica bubuk
1 sdm margarin untuk menumis
Saus putih
200 ml susu cair
1 sdm tepung terigu
1 sdm butter
Keju secukupnya
garam
Cara Membuat:
Saus putih:
Masukan butter, tambahkan tepung terigu, aduk cepat hingga tercampur, masukan susu. Tambahkan keju dan garam. masak hingga mengental. Cicipi. Matikan kompor.
Tumis bawang bombay dengan api kecil hingga harum, masukan wortel, orak arik hingga wortel layu. Tambahkan paprika, masak sebentar saja, matikan api. Sisihkan.
Kocok telur dengan garam dan merica. Masukan ke dalam nasi, aduk rata dengan keju parut dan tumisan bawang wortel, tambahkan parsley dan oregano, aduk rata. Masukan ke dalam pyrex atau ramekin. Tuang saus putih di atasnya. Taburi dengan paprika dan keju serta sedikit oregano dan parsley. Panggang di suhu 170′ C selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang. Sajikan hangat.

4.Yang keempat, Berasa korea makan Bibimbap yang ternyata emang enak loh!

copyright by https://www.thespruce.com

BACA JUGA :  Takut Makananya Ngga Halal? Tenang, Ini Loh 4 Tempat Makanan Halal di Bali yang Recommended!

Tak melulu mengolah beras menjadi nasi putih, sekarang kamu bisa menyajikannya dalam bentuk nasi campur ala Korea. Masakan yang identik dengan berbagai sayuran ini dinamakan bibimbap. Cara membuat bibimbap ini tak rumit kok, kamu bisa coba sendiri dirumah.

Agar berasmu makin menjelajah dunia, kamu bisa praktekan langkah-langkah pembuatan bibimbap berikut ini :

Bahan yang kamu butuhkan :

  • 100 gr daun bayam jepang, gunakan daunnya saja, rebus.
  • 600 gr nasi putih panas
  • 6 sdm kimchi (kamu bisa beli yang sudah jadi)

Bahan sayuran tumis :

  • 100 gr wortel, potong bentuk korek api
  • 100 gr zucchini, potong bentuk korek api (semacam timun, biasanya tersedia di supermarket besar)
  • 100 gr lobak, potong bentuk korek api
  • 75 gr taoge kedelai
  • 3 sdm minyak wijen
  • 3 sdm minyak sayur
  • 1½ sdt garam

Bahan untuk daging sapi tumisan :

  • 2 sdm minyak sayur
  • 150 g daging sapi cincang
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 sdt kecap asin
  • ¼ sdt gula pasir

Bahan untuk membuat saus :

  • 3 sdm gochujang ( mirip bumbu pasta, bisa kamu dapatkan di toko bahan makanan korea)
  • 3 siung bawang putih, cincang kasar
  • Kaldu, masak hingga mendidih:
  • 350 ml kaldu sapi
  • 2 batang bawang  daun, iris ½ cm
  • 2 siung bawang putih, cincang kasar
  • 1 sdt kecap asin
  • ¼ sdt garam
  • ¼ sdt merica putih bubuk

Bahan untuk taburan kaldu :

  • 2 butir telur ayam, buat dadar, gulung, iris tipis

Cara pembuatannya :

Tahap 1 

  • Pertama, panaskan minyak sayur. Lalu masukkan wortel, zucchini, lobak, dan taoge. Setelah itu tambahkan minyak wijen dan garam. Aduk rata dan tunggu hingga layu.

Tahap 2 

  • Panaskan minyak sayur, masukkan daging sapi lalu tambahkan minyak wijen, kecap asin, dan gula hingga matang.
  • Nah, untuk pembuatan saus, kamu hanya perlu mencampurkan semua bahan dalam mangkok. Lalu aduk rata.

Tahap 3

  • Tatalah nasi pada mangkuk saji. Lalu letakkan daun bayam, kimchi, sayuran, dan daging sapi tumis di atasnya. Kemudian tuangkan saus hingga rata.
  • Sajikan bersama kaldu dan taburannya.

Related posts