Kamu Minta Berkah Di Makam Raja Imogiri? Itu Ajaran Siapa?

  • Whatsapp

GIRLISME.COM — Smartgirl tau nggaksih salah satu tempat wisata yang ada di jogja bernama Makam Raja-raja Imogiri? Nah itu salah satu tempat yang lumayan terkenal nih di jogja sebagai tempat wisata.

Emangnya ada apa sh disana kok tempatnya terkenal? Ya sebenarnya disana lebih ke makamnya sih yang banyak orang kunjungi dan ada legenda yang terkenal makanya kenapa orang jadi suka kesana. Pengen tau selengkapnya tentang makam imogiri? simak ulasan dibawah ini ya Smartgirl…

Read More

1. Jadi makam imogiri itu adalah komplek makam dimana raja-raja Islam terdahulu dimakamkan..

Raja-raja itu diantaranya Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Kesultanan Yogyakarta Hadiningrat. Komplek makam itu dibangun oleh Sultan Agung Hanyokrokusumo yang kabarnya dibangun untuk pemakamannya sendiri.

2. Banyak orang datang kesana minta berkah dan doa!

Budaya zaman dulu memiliki tradisi minta berkah, biasanya mereka meminta berkah di makam-makam raja terdahulu dengan membaca yasin dikuburan dan semacamnya.

Tradisi minta berkah ini dilakukan karena rasa hormat masyarakat zaman dulu pada rajanya yang terlampau besar sehingga muncullah tradisi itu, semasa hidup sampai meninggal dimintai berkah.

3. Pesa Sultan Agung agar warganya mengunjungi makamnya..

Sebenarnya Sultan Agung memiliki keinginan dimakamkan di tanah suci mekah ketika wafat nanti, namun ada seorang kiai yang mencegahnya melakukan itu karena Sultan Agung amat dicintai rakyatnya maka ketika Sultan Agung meninggal nanti rakyat masih ingin mengunjunginya.

BACA JUGA :  Micin Itu Hantu! Lho Kok? Menghantui Masyarakat Indonesia Sih...

Maka dari itu dibuatlah komplek makam dan munculnya tradisi minta berkah pada raja.

Itulah penjelasan soal legenda makam raja-raja di Imogiri. Jangan lupa mampir kesana ya Smartgirl! 🙂

Related posts