5 Kreasi dari Tempe Ini Emang Bikin Ngga Nyangka, Selain Enak juga Buat Ketagihan!

  • Whatsapp

GIRLISME.COM- Smartgirl siapa sih yang ngga tahu makanan yang berasal dari kedelai ini? Tempe adalah makanan khas Indonesia yang sangat mudah dicari. Selain harganya yang murah meriah, makanan ini juga mengandung gizi yang tinggi dan bagus untuk tubuh.

Nah, tapi bosen ngga sih kalau cuma makan tempe goreng? atau makan makanan dari tempe yang diolah cuma itu-itu aja. Nah kali ini Girisme bakal ngasih inovasi nih buat kamu 5 kreasi makanan olahan dari tempe yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Penasaran makanan apa aja? Yuk kita simak bareng-bareng ya!

Read More

1.Tempe goreng keju, selain gurih makanan ini juga pas banget loh dijadikan cemilan saat hujan. hmm yummy …

copyright by http://sajiansedap.grid.id

Tempe adalah salah satu makanan yang mengandung protein yang tinggi. Untungnya makanan yang satu ini memang memiliki rasa yang pas dan gurih. Nah memanfaatkan rasanya yang gurih, kita coba memadukan dengan rasa keju yang nikmat. Jadi kita bikin tempe goreng keju yuk!

BACA JUGA :  Bingung mengolah kulit ayam? Ini dia 3 resep mudah yang bisa kamu praktekkan di rumah

Bahan-bahan :

  • 150 gram tempe, iris tipis jadi 12 bagian lalu kukus
  • 11/2 lembar keju lembaran, potong jadi 6 bagian
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 50 ml air
  • garam secukupnya
  • 1 butir telur
  • tepung panir dan minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Rendam tempe ke dalam larutan air, garam dan bawang putih hingga meresap. Angkat, selipkan irisan keju di setiap 2 irisan tempe lalu masing-masing digulingkan ke tepung panir.
  2. Celupkan ke dalam kocokan telur dan garam lalu gulingkan lagi ke tepung panir. Goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.

2.Bosan dengan tempe goreng? Coba deh tempe bakar. Rasakan sensasi yang berbeda dari tiap gigitannya!

copyright by http://dapurummumusasyi.blogspot.co.id
Bosan sama tempe goreng yang selalu Kamu makan tiap hari? Wah jangan salah tempe bisa kamu olah jadi apa aja loh! salah satunya menjadi tempe bakar, dijamin deh bakal ketagihan!
Bahan dan Bumbu :
  • 150 gr tempe, potong dadu, goreng ½ matang
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai, geprek
  • 3 cm lengkuas, geprek
  • 3 sdm minyak dari sisa menggoreng tempe untuk menumis
  • 8-10 batang tusukan sate
Haluskan :
  • 3 buah cabe merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir bawang merah
  • 2 butir kemiri
  • ½ sdt merica
  • 1½ cm kunyit
  • 1 cm jahe
  • ½ sdt terasi
  • ½ sdt garam
CARA MEMBUAT TEMPE BAKAR :
  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun jeruk, serai dan lengkuas hingga harum. Masukkan gorengan tempe, aduk rata lalu angkat.
  2. Tata tempe ke tusukan sate lalu bakar hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan.

3.Sosis gulung tempe kriuk makanan simple tapi unik yang pasti kamu bisa buat di rumah. Kamu wajib nyoba!

Nah copyright by http://belikutaka.blogspot.co.id

BACA JUGA :  Ngga Mau Kelihatan Tua? Kamu Wajib Coba 5 Makanan Ini Nih!

Smartgirl kalau Kamu emang hobi masak, boleh nih resep ini dicoba di rumah. Selain makanan ini gampang dibuat dan dicoba, makanan ini juga lagi hitz banget di kalangan anak zaman sekarang loh!

Bahan-bahan:

  • 1 papan tempe (ukuran sedang)
  • 4 bh sosis sapi/ayam
  • 2 bks tepung bumbu 70 gram
  • 130ml air
  • minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Potong tempe tipis dengan bentuk lebar dan memanjang.
  2. Siapkan wadah. Tuang 1 bungkus tepung bumbu dan campur dengan 130 ml air. Aduk hingga rata.
  3. Siapkan talenan. Letakkan tempe di atas talenan kemudian letakkan sosis di ujung tempe. Gunung sosis dengan tempe.
  4. Masukkan sosis yang sudah digulung dengan tempe ke dalam adonan tepung basah.
  5. Siapkan wadah. Tuang 1 bungkus tepung bumbu. Masukkan sosis yang telah dicelupkan ke dalam adonan tepung basah ke dalam wadah yang berisi tepung kering. Balurkan hingga sosis tertutup tepung kering dengan rata.
  6. Panaskan minyak. Goreng sosis hingga kuning kecoklatan.

4.Burger isi tempe krispy. Gurih-gurih masih rela bagi-bagi?

copyright by https://robertsboxedmeats.ca

Burger makanan favorit setiap orang, nah buat Smartgirl yang emang lagi ngehindarin kolesterol dari daging bisa nih tempe dijadikan pengganti nya. Tenang aja, rasanya ngga kalah enak kok!

Bahan-bahan:

  • 2 bh roti burger
  • 250 gr tempe
  • 1 bks tepung bumbu (sbg pengental)
  • 2 bks tepung krispi
  • 1 bh tomat
  • daun selada secukupnya
  • mentimun secukupnya
  • saus sambal/mayonaise secukupnya (bila suka)

Cara membuat:

  1. Kukus tempe.
  2. Masukkan 4 sdm tepung bumbu ke dalam wadah dan campur dengan air secukupnya.
  3. Setelah dikukus, hancurkan tempe dan campur dengan tepung bumbu.
  4. Bentuk tempe menyerupai daging.
  5. Masukkan tempe ke dalam adonan basah tepung krispi.
  6. Lumuri lagi dengan adonan kering tepung krispi.
  7. Goreng hingga kuning kecoklatan.
  8. Letakkan roti burger bagian bawah. Olesi dengan saus sambal atau mayonaise secukupnya.
  9. Letakkan selada, tomat, mentimun secara bertumpuk di atas roti.
  10. Kemudian letakkan tempe crispy di atas sayuran, lalu taburi BonCabe di atas tempe crispy.
  11. Tutup dengan roti burger bagian atas.
BACA JUGA :  Suka Makanan Yang "Challeng-ing"? Samyang Wajib Kamu Coba!

5.Gulai tempe, pilihan yang tepat buat pengganti daging yang penuh kolesterol. Good Choice bukan?

copyright by cookpad.com
Smartgirl punya penyakit kolesterol dan ngehindarin makan daging? Nah ini nih pilihan yang tepat buat kamu buat di rumah. Rasanya ngga jauh beda kok dari gulai daging biasanya.
Bahan dan Bumbu :
  • 400 gram tempe, potong-potong dadu
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • 1 batang serai, geprek
  • 750 cc santan
  • 1 ptg asam gelugur
Haluskan :
  • 6 buah cabe merah
  • 6 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 3 buah kemiri, sangrai
  • 1 sdt ketumbar
  • ¼ sdt jintan
  • 1 sdt merica bulat
  • ½ sdm lengkuas
  • 2 sdt kunyit
  • garam dan gula secukupnya
CARA MEMBUAT GULAI TEMPE :
  1. Semua bahan dimasukkan ke dalam wajan lalu masak hingga mendidih.
  2. Kecilkan api lalu masak terus hingga seluruhnya matang dan kuah mengental. Angkat dan sajikan.

Nah Smartgirl itu dia 5 kreasi makanan yang bisa kamu coba di rumah dari tempe. Selamat mencoba!

Related posts