Ada Rencana Mau Wisata ke Jogja? Jangan Lupa Cobain 5 Jajanan Nyeleneh Ini!

  • Whatsapp

GIRLISME.COM- Jogja adalah kota yang istimewa. Sesuai dengan namanya yang mendapatkan penghormatan khusus di negara Indonesia ini. Setiap sudut kota ini serasa memiliki pesona yang tak hentinya memantik kekaguman. Mulai dari sejarah, wisata, budaya, sampai kulinernya pun mempunyai keunikan yang menunjukkan ciri khas Kota Jogja dan dijuluki sebagai kuliner nyeleneh.

Berbicara soal kuliner, di Jogja terdapat berbagai macam kuliner yang selalu mampu menarik rasa penasaran dari wisatawan yang datang ke Jogja. Tidak heran banyak wisatawan yang rela berburu kuliner Jogja sampai ke pelosok desa di pinggiran Kota Jogja. Memang beberapa kuliner Jogja juga tersedia di tempat lain di luar Jogja, tetapi ada pula kuliner yang hanya dapat dijumpai di Jogja. Penasaran dengan kuliner tersebut? yuk kita ulas satu persatu yaa

1.Belalang Goreng, Makanan khas Gunungkidul yang ternyata mengandung protein yang banyak! Cobain yuk!

copyright by http://www.tuguwisata.com

Belalang goreng adalah makanan olahan belalang yang digoreng. Makanan ini oleh-oleh khas Gunungkidul. Kamu bisa mendapatkan belalang goreng di Jalan Wonosari Baron. Sepanjang jalan menuju Pantai Baron banyak penjual belalang goreng, baik yang dijual di toko oleh-oleh (Kota Wonosari) sampai yang menjual belalang dengan memanfaatkan meja kecil pinggir jalan.

Smartgirl bisa kok membeli belalang yang masih hidup dan mengolahnya sendiri. Belalang yang masih hidup biasanya dijual di sekitar jalan Paliyan-Playen. Belalang sendiri mengandung protein yang banyak, bahkan lebih banyak daripada udang. Wah selain enak juga menarik ya?

2.Buat yang Suka Kopi, Kamu Wajib Merasakan Minuman Nyeleneh ini. Yap, Kopi Joss!

copyright by http://brewminate.com

Smartgirl penyuka minuman kopi? Wah kalau ke Jogja belum afdhol kalau belum merasakan kopi jos! Sslain unik namanya cara pembuatannya juga tak kalah unik. Dengan dicampur satu arang panas di dalam gelas, kopi ini mampu menawarkan rasa yang berbeda dari kopi biasanya.

Buat kamu yang mencari kopi joss di Jogja, langsung dateng aja ke daerah Tugu dan Stasiun Tugu, disana sudah terjajar rapi beberapa warung kopi joss yang selalu ramai dengan pengunjung.

3.Kipo, Makanan ringan bagi para bangsawan yang udah bisa kamu coba di masa kini. Penasaran kan?

copyright by http://www.diahdidi.com

Kipo merupakan camilan lawas khas Jogja yang dulunya merupakan makanan ringan para bangsawan yang masih eksis hingga saat ini. Nama makanan ini merupakan singkatan dari “iki opo” alias “ini apa”. Makanan mungil ini dibuat dari ketan yang diisi dengan enten-enten ini hanya dapat ditemui di Pasar Kotagede.

Ngga usah khawatir, harganya juga murah banget loh! Satu paket atau satu bugkus berkisar dari 3000-5000 rupiah. Rasa kipo sendiri pun rasanya manis dan sedikit gurih, sesuai rasa kesukaan orang-orang Jogja.

4.Yang keempat, Mie Lethek. Tak sesuai namanya, ternyata mie ini rasanya enak dan buat nagih!

copyright by http://www.diahdidi.com

Mie lethek adalah mie yang diproduksi oleh masyarakat Srandakan, Kabupaten Bantul. Asal usul namanya, yaitu ‘lethek’ yang berarti kotor. Namun mie tersebut bukanlah mie yang kotor, melainkan penampilannya saja yang terlihat kotor atau kusam. Mie lethek ini dibuat dengan bahan dasar tepung tapioka dan gaplek.

Keistimewaan mie lethek ini yaitu dari cara pengolahannya yang diolah secara tradisonal dan tanpa menggunakan pewarna maupun pengawet. Bentuk mie lethek ini mirip meyerupai bihun dengan tekstur lebih kenyal dan lebih tebal. Soal cita rasa, mie lethek ini tidak perlu diragukan lagi dan memang pantas dijuluki sebagai kuliner nyeleneh di Jogja. Mie lethek biasanya diolah menjadi bakmi lethek goreng atau bakmi lethek rebus. Mie lethek ini banyak dapat dijumpai di daerah Srandakan maupun pasar-pasar tradisional di Bantul.

5.Geblek, Makanan khas Kulonprogo yang kedengerannya nyeleneh tapi tetap saja dicari oleh para wisatawan.

copyright by http://www.diahdidi.com

Kuliner nyeleneh berikutnya adalah geblek. Geblek merupakan makanan khas yang dimiliki daerah Kulon Progo. Kuliner ini diolah dengan menggunakan bahan dasar tepung tapioka basah dan ditambah dengan bumbu bawang. Ciri khas dari makanan ini yaitu bentuknya yang unik dan berwarna putih bersih kenyal. Geblek ini sangat cocok apabila disantap dalam kondisi hangat karena setelah dingin, makanan ini akan menjadi mengeras dan alot.

Geblek sendiri dapat dibeli dalam kondisi mentah maupun sudah matang. Makanan ini normalnya dapat bertahan dalam waktu 4 hari saja karena pengolahannya yang memang tidak menggunakan bahan pengawet. Kuliner nyeleneh khas Kulon Progo ini dapat dengan mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional Kulon Progo. Kebanyakan geblek yang dijual merupakan geblek yang belum matang, sehingga untuk menikmatinya harus dimasak terlebih dahulu.

Nah Smartgirl udah tau kan jajanan-jajanan apa yang nyeleneh di Jogja. Tapi jangan khawatir loh, rasanya ngga bakal mengecewakan ko! Jadi besok kalau ke Jogja jangan lupa untuk wisata kuliner ya, Selamat Mencoba!

Related posts