Kamu Pernah Melangkahi Orang Yang Sedang Tidur? Wah, Selamat! Kamu Hutang Darah Sama Dia….

  • Whatsapp

GIRLISME.COM — Budaya Jawa khususnya di Jawa Tengah sangat mengusung sopan santun dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi kalau Ia adalah seorang keturunan darah biru kerajaan Jawa, hidupnya akan terus dikontrol dan jauh dari lingkungan yang biasa, karena mereka harus mendapatkan perlakuan khusus dari masyarakat.

Selain itu, budaya jawa sangat menghormati orang yang lebih tua. Orang yang lebih tua akan mendapatkan perlakuan lebih dari orang yang lebih muda.

Read More

Hingga saking dihormatinya, berlaku tidak sopan pada orang tua akan membuat kita menerima hukuman yang tidak biasa. Maka jangan sekali-kali Smargirl melakukan hal-hal ini pada orang tua dalam adat Jawa atau kalian akan mendapatkan kesialan.

1. Dalam hubungan keluarga adalah yang terpenting bagi orang Jawa, kalau kamu nggak sopan sama keluarganya, beh boro-boro diterima bisa-bisa kamu langsung diusir.

Dalam adat Jawa, menantu idaman adalah menantu yang bisa membantu seluruh pekerjaan rumah tangga, menantu yang anggun, dan menantu yang lemah lembut.

Kalau kamu adalah tipe itu, nggak usah takut kamu akan ditolak oleh calon mertua yang berasal dari Jawa, kamu pasti akan disambut bahagia. Kalau sifatmu bertolak belakang ya kemungkinan kamu nggak diterima oleh keluarganya.

BACA JUGA :  Jawa Barat Terkenal Dengan Area Mistisnya Karena 3 Hal! Serem Sih Tapi Smartgirl Harus Tau....

2. Kalau di Jawa nggak boleh melangkahi orang tidur, nanti kamu hutang darah!

Hal tersebut menjadi larangan keras bagi rakyat Jawa, melangkahi sesama (seumuran) pun tidak boleh. Bila kamu melakukannya sengaja atau tidak kamu akan hutang darah.

Maksudnya disini, dilarang keras melangkahi orang tidur karena mereka sedang kelahan dan melangkahinya berarti menghina dan merendahkan.

Hukumannya kamu harus memberikan apapun didunia ini bagi orang yang kamu langkahi, sekalipun kamu harus memberikan darahmu pada orang itu.

Maka muncullah kiasan, tidak boleh melangkahi orang tidur nanti hutang darah.

3. Kutukan dari orang dewasa selalu terjadi! Kalau nggak percaya buktikan sendiri….

Jangan sampai membuat orang mengutuk kita yang macam-macam karena kita tidak akan pernah tau di masa depan akan ada kejadian apa. Kalau hal itu sudah pernah terjadi kepadamu, yang perlu kamu lakukan adalah memperbaiki diri dan minta maaf.

Karena jika orang dewasa sudah mengutuk kamu, kata-kata mereka sangat mengerikan dan bisa membuatmu tidak tenang kedepannya.

So, Smartgirl itu tadi lho alasan mengapa kita harus berhati-hati dengan sopan dantun kepada orang yang lebih tua. Namun, menurut saya sendiri sopan santun itu harus diberlakukan pada siapapun tanpa memandang usianya. Semoga bermanfaat!

Related posts