5 Tips Memfoto Makanan agar Terlihat Menggiurkan

  • Whatsapp

Hari gini siapa sih yang nggak suka foto-foto makanan pake smartphone-nya? Pecinta kuliner zaman sekarang hobinya ya foto makanan sebelum makan. Penting bagi mereka untuk mengunggah foto makanannya ke media sosial. Pastinya kamu mau dong mengunggah foto-foto makanan dengan hasil yang bagus? Karena fotomu bagus, siapa jadi kamu akan mendapat like dan komentar yang positif

Sebenernya banyak manfaat kalau kita ngeshare foto apa yang kita makan. Dengan membagikan foto-foto makanan ataupun minuman yang menggiurkan, kita sebetulnya bisa membagi berbagai informasi seperti: Restoran baru di sekitar tempat tinggal kita, apa menu yang khas dari restoran itu, trus rasanya enak atau enggak, atau mungkin bahkan kita juga bisa membagi resep masakan yang kita buat sendiri.

Read More

Nah, dengan memotret makanan secara lebih memperhitungkan nilai estetika, akan membuat kita ‘naik kelas’ dan mudah-mudahan juga menghindari cibiran orang yang mengira kita hanya eksis belaka. Berikut adalah beberapa tipsnya:

1. Angle Foto, salah satu bagian penting yang harus diperhatikan

copyright by bluestormdesign.co.uk

Semenarik apapun makanan yang kita foto, akan keliatan biasa aja kalo angle saat membidiknya kurang baik. Sebaiknya coba berbagai angle untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dari berbagai sumber yang gw baca, coba untuk memotret dengan kemiringan 45 derajat. Ada juga yang menyebutkan bahwa memotret dari sudut pandang garpu (bayangkan bahwa kamera smartphone kamu ada di ujung garpu yang akan menuju makanan tersebut) akan dapat menghasilkan foto close-up yang menarik.

Jika menggunakan kamera DSLR, sebaiknya mengambil gambar dengan sudut 45 derajat. Tapi kalau menggunakan kamera HP hasilnya kurang bagus jika 45 derajat. Lebih baik potret saja dari atas. Selamat Mencoba!

2. Susunlah makanan agar terlihat rapih dan menggiurkan . Gunakan aturan fotografi, rule of third agar fotomu makin ciamik

copyright by phinemo.com

Rule of third adalah aturan komposisi dalam fotografi yang membagi obyek foto menjadi 3 bagian sama besarnya baik vertikal maupun horizontal. Dari pembagian itu bertemulah 4 titik yang jadi fokusnya. Mata akan cenderung melihat ke 4 titik itu dibanding tempat lainnya. Tentu ini bukan hal wajib, tapi cobain deh praktekkan biar foto kamu keren.

Menurut teori desain, saat melihat gambar, mata secara natural lebih tertuju pada titik-titik tersebut dibandingkan pada titik tengah foto. Walaupun teori ini nggak wajib diaplikasikan, tetapi ini adalah modal dasar untuk membuat komposisi yang enak dilihat sebelum intuisi kita benar-benar terasah.

3. Faktor yang paling penting adalah pencahayaan, Atur pencahayaan sebaik mungkin, Karena jika pencahayaan kurang oke, hasilnya pun akan jelek nantinya

copyright by tribunnews.com

Memang terkadang kita sulit mengontrol intesitas cahaya yang tersedia di dalam sebuah restoran. Namun sebisa mungkin carilah lokasi yang dekat dengan jendela untuk mendapatkan pencahayaan yang alami. Cahaya natural juga akan memberikan detail yang lebih banyak untuk ditangkap oleh lensa kamera.

Kalau kamu sedang di restoran, manfaatkan tissue atau serbet putih sebagai pengganti reflektor. Apabila cahaya alami datang dari arah kanan makanan, maka mintalah teman kamu untuk memegangi serbet di sebelah kiri. Begitu pula sebaliknya.

4. Pilih makanan yang mempunyai warna fullcolour, selain menambah menarik untuk dilihat, keliatannya pun semakin menggiurkan.

copyright by timeout.com

Ini udah pasti, makanan yang memiliki banyak warna akan lebih menarik ketimbang yang monoton. Dan perlu diingat bahwa selalu ambil foto ketika makanan masih fresh atau baru saja disajikan. Kalau makanan yang akan kita foto tidak memiliki banyak warna, gunakan peralatan makan seperti mangkok, piring, sendok, garpu yang memiliki corak atau warna yang menarik.

5. Terakhir, editlah foto dengan aplikasi maupun filter yang sesuai.

copyright by IndoDesign.org

Apa gunanya memotret menggunakan kamera smartphone kalau nggak ada proses editing dengan aplikasi-aplikasi yang tersedia. Apapun sah-sah saja dilakukan untuk mempercantik foto yang kita ambil. Baik itu memberikan brightness yang lebih, mempertajam kontras, menguatkan warna, mengurangi shadow, bahkan memberi efek buram pada latar sehingga bisa meniru kemampuan lensa SLR yang memiliki depth of field.

Nah sudah tahu kan tips dan trik ya girls, Segera praktek yaa. Selamat mencoba!!

Related posts