5 Manfaat Tersembunyi dari Cangkang Telur, Ternyata Nggak Kalah Bermanfaat dari Isinya

  • Whatsapp

GIRLISME.COM-  Smartgirl siapa nih yang makanan favoritnya telur? Kebanyakkan orang memilih telur sebagai makanan saat sarapan, bahkan makan siang atau malam pun masih afdhol kalau kita mengolah telur. Nah karena telur ini mudah di dapat dan punya penggemar yang banyak, pastinya dong cangkang atau bungkus telur juga akan banyak.

Kebanyakkan orang memilih untuk membuang cangkang telur ke tempat sampah, padahal cangkang telur tersebut bisa kita olah menjadi berbagai bentuk dan mempunyai manfaat pastinya. Mau tahu cangkang telur bisa dibuat apa saja? Yuk kita ulas satu-persatu ya Smartgirl!

Read More

1.Kerajinan tangan dari cangkang telur, Kamu bisa buat sendiri loh!

copyright by https://galerikarunia.blogspot.co.id
Siapa sih yang ngga mau rumahnya jadi cantik? Nah dengan cangkang telur yang kamu kumpulkan, kamu bisa loh membuat hiasan untuk rumah! Selain lebih murah, kamu juga bisa membuat se-kreasi kamu, dijamin deh bakal lebih puas setelah hiasan rumah itu terbentuk!
Cara membuatnya mudah kok, Kamu cuma perlu membersihkan cangkang, keringkan lalu hancurkan. Siapkan figura yang sudah tidak terpakai lalu tempelkan serpihan cangkang telur di setiap sisinya. Agar lebih menarik, Kamu boleh loh memberi warna di setiap cangkang. Selamat Mencoba!

2.Selain menjadi hiasan, cangkang telur juga bisa disulap jadi masker wajah. Menarik bukan?

copyright by https://www.inspiradata.com
Hebatnya tak cuma bisa menjadi hiasan d dinding rumah, cangkang telur ini bisa kita sulap menjadi masker wajah yang bisa membuat wajah terlihat lebih putih dan bersih.  Cara menjadikan cangkang telur sebagai masker wajah ini sangat mudah. Awalnya, Kamu cuci cangkang hingga bersih lalu keringkan. Setelah kering, tumbuk cangkang hingga benar-benar lembut.
Untuk memastikan kadar kelembutan cangkang, kita bisa mengayak hingga menjadi serbuk. Nah, serbuk cangkang telur tersebut kita campurkan dengan putih telur, aduk hingga rata dan bisa langsung dipakai sebagai masker. Dijamin, setelah masker kering dan bilas wajah dengan air. Kulit wajah akan terasa lebih kencang, halus dan terlihat lebih putih.

3.Cangkang telur jangan dibuang, ternyata ia bisa membuat tumit jadi halus!

copyright by http://doktersehat.com
Punya tumit yang kering dan kusam? Wah ternyata cangkang telur bisa menjadi obat alami loh Smartgirl! Makanya jangan cuma asal dibuang aja ya, ternyata cangkang telur banyak manfaatnya!
Caranya gampang, hancurkan cangkang telur lalu gosokan pada tumit dan tunggu hingga area cangkang mengering. Bilas dengan air bersih. Kandungan hyaluronan dalam cangkan telur mempunyai efek untuk melembutkan kulit kasar.

4.Punya tanaman di rumah? Pakaikan pupuk cangkang telur saja! Dijamin bakal lebih cepat bertumbuh!

copyright by https://www.jardineriaon.com
Puas dengan manfaat cangkang telur sebagai kecantikan, kini beralih pada manfaatnya sebagai pupuk. Sedikit informasi bahwa Kulit telur memiliki kandungan zat kalsium. Zat kalsium inilah yang biasa dibutuhkan untuk menyuburkan tanaman.

Maka dari itu, cangkang telur bisa Kamu gunakan sebagai pupuk organik. Untuk membuat pupuk dari cangkang telur mudah saja. Hancurkan cangkang hingga halus, lalu sebarkan di sekitar tanaman. Cangkang akan hancur dengan sendirinya, kemudian melepaskan zat kalsium ke dalam tanah hingga nantinya diserap oleh tanaman, khususnya tanaman mawar. Mudah bukan?

5.Terakhir, Kamu bisa mengubah cangkang telur sebagai pembasmi hama di rumah. Sangat bermanfaat sekali ya!

copyright by https://lintassulsel.com
Sering menemukan bekicot di sekitar pekarang rumah? Selain menggelikan, bekicot adalah hama yang jahat untuk tanaman. Mengapa? karena bekicot akan menyerap nutrisi tanaman hingga nantinya tanaman akan layu dan mati. Nah, manfaat cangkang telur yang selanjutnya ini dapat menangkal hama bekicot tersebut. Untuk menangkalnya, kita bisa sebarkan pecahan cangkang telur di sekitar area bekicot sering eksis. Cangkang telur yang tajam akan menghalangi bekicot untuk datang menghampiri tanaman kesayangan kita lagi. Sangat praktis bukan?
Nah Smartgirl sudah tahu kan manfaat cangkang telur, Jadi yuk jangan dibuang tapi sama-sama kita olah menjadi barang-barang yang bermanfaat!

 

Related posts