Connect with us

Smartbeauty

Kamu Pengguna Aktif Softlens dan Nggak Merhatiin 5 Hal Ini?? Duh…Matamu Rawan Kena Infeksi!

Irma El-Mira

Published

on

http://www.allaboutvision.com

GIRLISME.COM – Softlens saat ini bukan hanya digunakan untuk mempermudah pemilik mata minus, ketika memang sudah mulai lelah dengan kaca mata biasa saja. Namun ternyata si lensa kontak ini juga digunakan sebagai pelengkap penampilan, dengan cara menyesuaikan warnanya dengan outfit yang digunakan.

Tapi sayangnya penggunaan softlense ini bisa juga mendatangkan hal-hal yang merugikan kalau penggunanya nggak cermat dan hati-hati. Nah, bagi kamu yang kesehariannya sering menggunakan softlense, berikut ini adalah beberapa hal yang kudu diperhatikan!

 

1. Sebelum Pakai, Periksa Mata Dulu Ya!

http://www.allaboutvision.com

Nggak semua mata cocok menggunakan softelse ya, Smartgirl. Ada kalanya mata juga sensitif dan tidak akur dengan bahan-bahan yang ada di softlense tersebut. Karena itu sebelum kamu mulai menggunakan softelnse, ada baiknya kamu periksakan dulu keadaan mata kamu, apakah termasuk dalam jenis yang sensitif tersebut ataukah tidak.

 

2. Ups! Murah Belum Tentu Sehat!

https://www.voidclothing.net

Dalam kasus softlens ini jangan pakai moto hidup murah meriah ya. Sebab nggak semua softelns menggunakan bahan yang baik dan cocok untuk mata kamu. Jadi jangan langsung kalap kalau misalnya dengar diskonan atau dapat produk yang harganya super murah. Karena softlens dengan bahan yang di bawah standar justru punya kemungkinan besar dalam menyebabkan iritasi. Jadinya mending mahal deh, daripada murah tapi plu-plus ke dokter buat pengobatan iritasi.

 

3. Jangan Lupa : Kebersihan Pangkal Kesehatan!

http://www.dispenser.com

Jangan malas untuk bersihkan tangan dengan air bersih dan sabun, juga softelnse mu dengan cairannya sebelum dipakai. Apalagi kalau tanganmu masih dalam keadaan kotor dan langsung dicocolkan ke softlense, maka nantinya kuman dan bakteri di tanganmu akan tinggal juga di softlense tersebut. Akibatnya matamu akan menjadi perih, ada sensasi panas, dan juga memerah. Jaga juga tanganmu dari kuku yang terlalu panjang, karena bisa merobek dan menggores softelnse tersebut.

4. Jangan Kalap, Harus Ingat Waktu Pemakaian!

http://www.allaboutvision.com

Memang sih softelnse itu enteng dan nggak berasa di mata layaknya kaca mata biasa. Namun bukan berarti juga kamu bisa bebas pakai softelnse selama 24 jam tanpa rehat. Batas pakai softlense adalah 8 jam, harus dicatat. Pada batas itu mata sudah mulai lelah ditempeli bahan softlense dan butuh dilepas untuk menyegarkan kondisinya kembali. Softelense yang terlalu lama digunakan juga akan terasa kesat, kering, dan memberikan sensasi nggak nyaman di mata. Jangan sampai memaksa mata kamu ya, Smartgirl. Sebab dalam kasus ini, penggunaan softlense yang berlebihan bisa bikin matamu menjadi iritasi berat bahkan kebutaan.

5. Jangan Pakai Softlens di….

https://www.shutterstock.com

Waktu tidur, waktu berenang, tempat yang berdebu.

Kamu harus melepaskan softelse ketika tidur, jangan sampai dibiarkan apalagi diulangi berkali-kali. Keadaan softelnse yang sudah tidak bersih lagi, sisa dari pemakaian seharian bisa-bisa membuat matamu menjadi iritasi, terutama jika tetap dipaksakan ketika mata membutuhkan wkatu itsirahatnya. Hal ini bisa bikin matamu infeksi dan bengkak memerah, lho.

Begitu juga ketika berenang, jangan sampai kamu lupa atau malas untuk melepas softlens ketika mau berenang. Air kolam renang mengandung bahan kimia, bakteri, dan juga kuman. Bayangin deh apa jadinya jika air itu masuk dan merendam softlensemu. Karena itu wajib hukumnya bagi kamu untuk mencopot softelnse sebelum berenang.

Daerah yang berbedu nggak baik bagi kondisi mata yang mengggunakan softelns. Sebab debu yang berterbangan bisa saja menempel dan membuat matamu iritasi. Apalagi kalau kamu sampai mengucek mata, yang bisa menyebabkan softlensmu bergesekan dengan mata.

Kebersihan dan kehati-hatian memang harus kamu punya dalam menggunakan softlens, ya Smartgirl. Jauh-jauh dari rasa malas mencuci tangan, membersihkan softlens, dan malas untuk mencopotnya di kondisi-kondisi tertentu!

Irma El-Mira
Irma El-Mira Husbuyanti ; Yogyakarta ; [email protected] ; Penulis Buku : The Secret Way of Choosing, Jatuh Bangun Mark Zuckerberg.
Irma El-Mira on InstagramIrma El-Mira on Twitter
[jr_instagram id="2"]

Beri Komentar

Trending