Tips dan Trik Memilih Tempat Duduk di Pesawat

Salah satu faktor yang menunjang kenyamanan selama penerbangan adalah posisi duduk di dalam kabin pesawat. Namun, bagi kamu yang sering mengandalkan tiket pesawat murah untuk terbang ke destinasi tujuan, maskapai berbiaya rendah biasanya tidak memberikan opsi memilih tempat duduk. Jika pun ada, kamu harus membayar biaya tambahan untuk bisa duduk di tempat duduk yang kamu inginkan.

Secara umum perjalanan udara menggunakan pesawat memakan waktu minimal 1 jam, bahkan paling lama bisa 12 jam lebih. Jadi wajar jika penumpang mencari tempat duduk paling nyaman di pesawat. Hal ini sangat beralasan mengingat selama dalam pesawat lebih dari 90 persen waktu kita habiskan untuk duduk. Pertanyaaanya, bagaimana cara kita mendapatkan tempat duduk paling aman dan nyaman di pesawat?

Read More

Sebenarnya tempat duduk paling nyaman di pesawat tergantung dari penilaian penumpang itu sendiri. Artinya ada yang lebih nyaman memilih tempat duduk dekat jendela, di kabin tengah, dekat pintu darurat, dekat lorong, dekat toilet, tempat duduk baris paling depan atau baris paling belakang. Nah, berikut kelebihan dan kekurangan masing-masing tempat duduk di posisi tersebut.

1. Kursi Dekat Jendela

copyright by pegipegi.com

Penumpang banyak yang menganggap kursi dekat jendela adalah tempat duduk paling nyaman di pesawat, pasalnya mereka bisa melihat-lihat pemandangan di luar mulai dari take off hingga pesawat landing. Namun berbanding terbalik dengan penumpang yang phobia dengan ketinggan maka tempat duduk dekat jendela mungkin sangat dihindari.

2. Kursi di Kabin Tengah

copyright by thejakartapost.com

Tak seperti tempat duduk dekat jendela, kursi penumpang di kabin tengah tidak memberi kenyamanan apapun bahkan cenderung membosankan. Jika terpaksa harus mengambil kursi tengah mungkin penumpang lebih memilih tempat duduk dekat pintu darurat.

3. Kursi Dekat Pintu Darurat

copyright by renespoints.boardingarea.com

Ada juga penumpang yang memilih tempat duduk paling nyaman di pesawat dekat pintu darurat. Kursi di bagian ini lebih luas sehingga penumpang memiliki ruang gerak lebih leluasa. Namun begitu ada konsekuensi yang harus ditanggung jika terjadi hal-hal buruk, misalnya ketika pesawat harus mendarat darurat maka penumpang di kursi dekat pintu darurat harus mendahulukan penumpang lain untuk keluar terlebih dulu. Biasanya pramugari meminta ketersediaan para penumpang di tempat duduk dekat pintu darurat terkait konsekuensi tersebut.

4. Kursi Dekat Lorong

copyright by google.com

Sama seperti tempat duduk di kabin tengah, kursi penumpang dekat lorong tidak memiliki keistimewaan apapun. Umumnya para penumpang yang duduk di kursi dekat lorong merasa sangat terganggu dengan pramugari yang acapkali lalu lalang di lorong tersebut.

5. Kursi Dekat Toilet

copyright by google.com

Penumpang yang memiliki frekuensi sering bolak-balik ke kamar mandi pasti mengganggap tempat duduk paling nyaman di pesawat adalah kursi dekat toilet, terutama penumpang yang membawa balita atau anak kecil. Namun jangan harap disini dapat beristirahat atau tidur karena akan sering terdengar suara berisik dari orang-orang yang sering keluar masuk toilet.

6. Kursi Baris Paling Depan dan Paling Belakang

copyright by suncitywill.wordpress.com

Jika tempat duduk paling belakang sangat tidak nyaman karena suara bising mesin jet pesawat, maka kursi baris paling depan lebih memberi kenyamanan bagi para penumpang. Dari sisi akustik kursi di baris paling depan berada di ruang yang paling tenang. Para penumpang bisa lebih nyaman beristirahat tanpa terganggu getaran seperti pada kursi baris paling belakang.

Nah, di posisi manakah tempat duduk paling nyaman di pesawat menurut Anda? Semua tergantung kebutuhan dan pilihan Anda sendiri.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.