Ngehindarin Makan Daging Karena Takut Kolesterol Tinggi? Jangan Dong, Ini Nih 5 Makanan Pendamping Saat Makan Daging!

  • Whatsapp

Saat Idul Adha seperti biasanya kuliner serba daging jadi hidangan andalan di meja makan, mulai dari gulai kambing hingga sate kambing.
Daging kambing memang lezat disantap, apalagi kalau momennya pas seperti sekarang. Masalahnya konsumsi daging di hari raya kerap diikuti berbagai masalah kesehatan. Yang paling umum adalah kolesterol dan darah tinggi.

Tapi jangan risau bagi Smartgirl yang punya penyakit kolesterol tapi tetap ingin menyantap daging. Kali ini GirlIsMe bakal ngasih tau nih makanan pendamping apa saja sih yang bisa kamu santap sebagai penyeimbang daging yang Smartgirl santap. Siapkan catatanmu yaaa!

Read More

1.Selain mentralisir pekatnya rasa sate, ternyata acar dan bawang merah mampu menetralisir kolesterol juga!

copyright by http://dailycookingquest.com

Suka makan sate kambing? Kalau begitu, jangan lupa buat menyantap acar timun dan bawang merah mentah yang jadi pelengkapnya. Tak cuma menetralisir pekatnya rasa sate, acar ini juga bisa membantu menetralisir kolesterol jahat pada olahan daging.

BACA JUGA :  Bingung Milih Warung Gudeg Enak yang Mana? Ini Nih Smartgirl 4 Warung Gudeg Recommended!

Dilansir Boldsky, bawang merah mengandung sulfida methylallyl serta asam-amino sulfur yang dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Timun juga memiliki khasiat yang sama.

2.Saat menyantap sate, jangan lupa untuk memesan teh sebagai minumannya. Dipercaya teh juga mampu mengimbangi kolesterol yang meningkat setelah Smartgirl menyantap daging.

copyright by lenterajogja.com

Buat pendamping sajian gulai atau satai, Smartgirl bisa menyiapkan segelas teh tawar untuk pelepas dahaga. Teh bisa menjaga kadar kolesterol LDL. Smartgirl juga bisa memilih teh hitam yang sedikit pekat atau teh putih yang lebih ringan. Segelas teh hijau juga bisa dijadikan alternatif sehat. Pasalnya minuman ini mengandung katekin yang ampuh untuk membersihkan kolesterol jahat dalam darah.

3.Kalau Smartgirl ngga suka akan pilihan teh sebagai minumannya, boleh loh memilih Jus jeruk sebagai penggantinya. Jus jeruk juga punya manfaat yang sama!

copyright by google.com

Tidak suka mengonsumsi teh tawar? Kalau begitu ganti saja dengan jus jeruk tanpa gula. Minuman yang terbuat dari buah sitrus seperti lemon, jeruk, dan limau mengandung pectin. Dilansir Dr. OZ, pectin ini bisa menurunkan kadar kolesterol sampai 7 persen.

Jus jeruk dalam kemasan juga bisa dipilih sebagai alternatif. Jus seperti ini biasanya ditambahkan phytosterol. Phytosterol merupakan kolesterol baik yang berfungsi untuk menyeimbangkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Atau Smartgirl juga bisa menyiapkan jus penurun kolesterol dengan

4.Selain untuk bumbu pelengkap, ternyata saos tomat juga bisa digunakan sebagai penyeimbang santapan daging yang kamu makan!

copyright by https://www.framboizeinthekitchen.com

Kalau Smartgirl menyantap iga bakar atau kambing guling, coba siapkan sambal tomat matang sebagai pelengkap. Dilansir Daily Health Post, tomat tinggi kandungan lycopene yang baik untuk menurunkan kolesterol.
Tomat yang sudah mengalami proses pemanasan mengandung lycopene dengan kualitas yang lebih baik. Rebus atau bakar sedikit irisan tomat sebelum diolah menjadi sambal untuk dapatkan khasiat terbaiknya.

BACA JUGA :  Tips dan Trik Memilih Tempat Duduk di Pesawat

5.Sebagai cuci mulut pilihlah makan buah pisang atau kiwi yang mampu menurunkan kolesterolmu.

copyright by http://www.anakregular.com

Buah ini bisa Smartgirl makan dengan berbagai cara. Mengandung 1% kalsium, 8% magnesium, dan 12% potasium, pisang bisa jadi makanan penurun tekanan darah yang tepat. Selain itu, pisang juga bisa membentuk mood bahagia yang Smartgirl butuhkan.

Atau kamu bisa memilih buah kiwi. Satu kiwi  mengandung 2% kalsium, 7% magnesium, dan 9% potasium yang Anda butuhkan setiap hari. Selain itu, Kiwi juga kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Kiwi mengandung actinidain,yaitu enzim protein-larut yang dapat membantu mencerna makanan mirip dengan papain dalam pepaya atau bromelain dalam nanas.

Related posts