Lakukan 4 Hal Ini, Dijamin Kamu Ngga Bakalan Pernah Ngerasain Sakit!

copyright by google.com

Memiliki tubuh yang sehat merupakan keinginan setiap orang. Dengan tetap sehat, maka aktivitas yang dilakukan dapat berjalan lancar dan sesuai dengan harapan. Dengan sehat pula, maka kita tidak harus mengeluarkan waktu sekaligus biaya untuk membeli obat atau bahkan pergi ke rumah sakit. Jadi, kita harus senantiasa bersyukur atas nikmat sehat yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada kita.

Ukuran sehat yaitu ketika kita mampu menjaga daya tubuh dari serangan penyakit yang selalu mengintai seperti penyakit demam, flu, batuk dan berbagai penyakit lainnya. Lalu, bagaimana kita mampu menjaga daya tahan tubuh yang benar supaya selalu sehat dan bugar setiap harinya? Ini dia tips yang harus kamu lakukan agar tubuhmu selalu sehat dan bugar!

Read More

1. Rutin Berolahraga Di Pagi Hari. Usahakan untuk selalu melakukan olahraga secara teratur atau kontinu (terus-menerus).

copyright by olahragamengecilkanperutbuncit.com

Manfaat olahraga selama ini sudah diketahui oleh masyarakat umum, namun hanya sedikit sekali manfaat yang diketahui oleh masyarakat sehingga banyak orang yang memilih untuk tidak melakukan olahraga. Setiap hari, kita dianjurkan untuk bisa melakukan olahraga ringan sekitar 30 menit. Kesadaran masyarakat untuk melakukan olahraga masih sangat minim sehingga hanya sedikit saja masyarakat yang gemar melakukan olahraga.

Orang yang tidak pernah melakukan olahraga akan sangat rentan untuk terkena penyakit, selain itu kekebalan tubuh orang yang sering melakukan olahraga akan terbentuk dengan sempurna sehingga bisa melindungi dirinya dari berbagai penyakit. Olahraga sangat penting buat kesehaatan asalkan cara melakukannya tepat dan tidak salah. Jika salah dalam melakukan teknik olahraga akibatnya adalah tubuh akan terasa pegal dan tidak akan mendapatkan manfaat dari olahraga. Diperlukan tekat yang kuat agar bisa melakukan olahraga secara berkesinambungan.

2. Cukup Istirahat atau Tidur Malam Hari. Istirahat yang cukup setiap harinya merupakan salah satu faktor untuk meraih kesehatan tubuh yang tetap terjaga.

copyright by www.linkedin.com

Manfaat istirahat yang cukup ini dirasakan dari rutinitas tidur malam. Saat tidur malam bukan hanya sekedar kebutuhan biologis makhluk hidup namun, lebih bertujuan kepada tahap regenarasi tubuh di setiap harinya. Dalam tahap fase pertumbuhan manusia, kebutuhan terhadap istirahat yang cukup ini berbeda-beda namun, memiliki keutamaan yang kurang lebih sama untuk kesehatan tubuh.

Sistem imun tubuh merupakan unsur kekebalan tubuh yang menghadang penyerangan virus pada tubuh. Pada waktu tidur alam akan dihasilkan hormon

meletonin sebagai antioksidan yang menangkal bibit penyakit dan radikal bebas. Melatonin akan optimal diproduksi tubuh saat cahaya gelap sehingga, matikan lampu saat tidur agar produksi hormonnya meningkat.

3. Kebersihan Makanan. Selalu pastikan bahwa makanan yang akan konsumsi sudah higienis, sudah di cuci dengan bersih maupun telah dimasak dengan tingkat kematangan yang sempurna.

copyright by www.lougsiegel.com

Aktivitas memasak adalah hal yang menyenangkan. Mulai dari proses memasak hingga memakannya. Namun, tahukah kamu kalau dapur bisa menjadi tempat penyebaran penyakit? Terutama penyakit yang berhubungan dengan makanan atau biasa disebut dengan food borne disease. Hal tersebut bisa terjadi jika makanan yang kamu olah tercemar bakteri, virus, atau parasit. Akibatnya, kamu bisa keracunan yang ditandai dengan diare, muntah, atau demam. Inilah pentingnya menjaga kebersihan makanan dan dapur kamu.

Menjaga kebersihan makanan sangatlah penting untuk mencegah keracunan makanan. Jika daya tahan tubuhmu lemah, kamu lebih mudah menjadi sakit karena makanan yang tercemar. Menyiapkan makanan dengan tangan dan peralatan yang bersih, juga memasak dengan seksama akan mengurangi resiko diare atau muntah karena keracunan makanan.

4. Positive Thinking. Di dalam tubuh yang sehat harus pula terdapat pikiran yang tenang dan terhindar dari stres berlebihan. Maka dari itulah, usahakan untuk selalu berpikiran positif atau berbaik sangka terhadap segala masalah yang menghampiri kita.

copyright by uploadvr.com

Manfaat berpikiran positif ternyata sangat efektif untuk menjaga kesehatan, efeknya sangat besar. Banyak orang yang menganggap remeh tentang pikiran positif, sehingga sering terlupakan. Hal yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah mereka menerka-nerka apa yang akan terjadi selanjutnya di dalam kehidupan mereka. Terkaan mereka sering berujung ke pikiran buruk sehingga menyebabkan ketakutan dan kecemasan. Hidup ini akan sangat merugi jika hanya diisi dengan ketakutan dan kecemasan.

Banyak yang sering mendengar kata berpikiran positif, namun banyak yang tidak tahu apa itu berpikir positif. Berpikir positif adalah menyuruh otak untuk memikirkan hal yang baik-baik sehingga bisa menciptakan semangat dan optimisme di dalam diri. Dengan semangat dan optimisme diharapkan bisa percaya dengan diri sendiri terhadap kemampuan dan kelebihan diri sendiri. Berpikir positif dapat membangun mental dan fisik yang kuat.

Jadi mudah bukan menjaga stamina tubuh agar tetap sehat dan bugar? Coba praktekkan di rumah yaa …

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.