Seringkali Tidak Diperhatikan, Ternyata Kita Bisa Mengetahui Kondisi Kesehatan Lewat Warna Urine!

  • Whatsapp

Tubuh manusia menghasilkan dua jenis kotoran atau limbah, urine dan feses. Urine merupakan limbah terbentuk di ginjal sebagai hasil dari proses penyaringan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Sementara zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh akan kembali dialirkan dalam darah. Proses ini dinamakan reabsorption.

Namun terkadang, beberapa zat-zat yang berguna seperti protein, sel darah merah dan sejumlah produk zat lainnya diekskresikan melalui urin sehingga warna air seni kita berbeda dari biasanya. Ini tentu bukanlah kondisi yang normal. Nah sebenernya urine yang menandakan badan kita sehat itu harusnya berwarna apa sih? SmartGirl penasaran? Yuk kita ulas satu-persatu yaaa

Read More

1.Benar-benar bening, tapi tetap agak sedikit kuning.

copyright by https://science.idntimes.com

Warna urine merupakan indikator kesehatan tubuh yang mudah dilihat. Selain itu, bau dan konsistensi urine juga bisa menjadi tolok ukur apakah kesehatan kamu normal atau tidak. Bahkan, para medis kerap menggunakan tes urin untuk mendiagnosis kesehatan seseorang.

Urine yang berwarna bening biasanya merupakan tanda bahwa tubuh SmartGirl terhidrasi dengan baik alias cukup cairan. Namun, dalam beberapa kasus hal itu menandakan bahwa SmartGirl  mungkin terlalu banyak minum dan berpotensi dapat mengalami keracunan air.

BACA JUGA :  Lidah Buaya; Tanaman Serbaguna dengan Sejuta Manfaat

Over-hidrasi artinya kamu minum air terlalu banyak dari yang SmartGirl butuhkan dan dapat membahayakan tubuh SmartGirl. Meski tidak menimbulkan masalah kesehatan yang serius, sebaiknya kamu tidak memaksakan diri untuk minum melampaui apa yang kamu butuhkan

2.Bergelembung atau malah menimbulkan busa.

copyright by https://science.idntimes.com

Memang berbusa itu bukan soal warna, tapi ini bisa terjadi saat-saat tertentu. Jika terjadi jarang sekali, kemungkinan itu efek pemrosesan urin dalam tubuhmu yang gak perlu dikhawatirkan. Namun kalau urin berbusa terus-terusan, itu bisa menjadi pertanda adanya masalah ginjal atau berlebihnya protein dalam pola makanmu. Temui dokter kalau hal ini mengganggumu.

3. Yang ketiga, Urinmu tiba-tiba berwarna hijau atau biru

copyright by https://science.idntimes.com

Ada sebuah kondisi langka yang disebut porfiria yang menyebabkan urine berwarna biru atau ungu. Namun, urin biru juga diakibatkan karena konsumsi makanan dan obat-obatan yang mengandung pewarna tertentu.

Urine berwarna hijau bisa menjadi indikasi bahwa seseorang terkena infeksi saluran kemih atau jamur. Namun, hal ini juga dapat disebabkan oleh makanan atau obat-obatan, seperti antibiotik yang mengandung pewarna yang kuat yang tidak bisa diserap dalam usus kamu. Percaya atau gak, beberapa kelainan genetik langka bisa membuatmu menghasilkan urin yang berwarna unik. Ini bisa juga disebabkan karena pewarna makanan, pengobatan atau infeksi saluran kencing. Segera hubungi dokter jika ini terjadi padamu.

4.Urine yang kemerah-merahan, Kalau kamu pernah mengalaminya, Segera periksakan ke Dokter ya!

copyright by https://science.idntimes.com

Warna merah dapat berasal dari darah yang larut dalam urin. Kondisi ini dikenal sebagai hematuria. Ada beberapa penyebab air seni berwarna merah, seperti infeksi saluran kemih, batu ginjal, kanker kandung kemih, atau kanker prostat.

BACA JUGA :  Kewalahan ngehadepin Nyeri Haid? Lakukan 5 Hal Dibawah Ini Untuk Mengurangi Rasa Sakitnya!

Namun, warna merah air kencing juga bisa berasal dari makanan dan zat tertentu yang tertelan, sehingga tubuh Anda bereaksi membuangnya melalui urin. Adapun makanan yang dapat menyebabkan urin berwarna merah yaitu blackberry dan rhubarb.

Jika perubahan warna bukan karena makanan dan itu terjadi lebih dari sekali, sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan kamu kepada dokter ya SmartGirl!

Related posts