Pernyataan yang Termasuk dalam Contoh Takdir Mubram Adalah

pernyataan yang termasuk dalam contoh ketentuan dari takdir mubram adalah
muslim or id

Pernyataan yang termasuk dalam contoh ketentuan dari takdir mubram adalah….

A. Hidup yang benar, beriman atau kafir, sukses atau gagal, sedih atau gembira

B. Karir yang bagus, rumah tangga yang sejahtera, anak-anak yang sholeh

C. Kaya dan miskin, cerdas dan bodoh, sehat dan sakit, sejahtera dan sengsara

D. Saat Kematian datang, kelahiran, jenis kelamin, siapa orang tua kita

E. Harapan serta cita-cita, harta, jabatan, ilham, dan ilmu pengetahuan

Apakah kalian pernah mendapatkan soal pertanyaan diatas dalam mata kuliah agama Islam? Ataukah kalian memang sedang mencari  jawaban tersebut karena sedang mendapatkan soal tersebut?

Yuk baca pembahasan ini sampai selesai supaya bisa tahu jawaban benarnya.

Takdir

pernyataan yang termasuk dalam contoh ketentuan dari takdir mubram adalah
brainly

Sebelum kita menjawab pertanyaan pernyataan yang termasuk dalam contoh ketentuan dari takdir mubram adalah…. yuk kita pelajari terlebih dahulu dasar dari materi ini yaitu mengenai takdir. Apa itu takdir?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Arti kata – Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online takdir merupakan ketetapan Tuhan atau ketentuan Tuhan. Sedangkan menurut Wikipedia Indonesia dalam artian takdir secara luas adalah sebuah konsep agama yang melibatkan hubungan antara Tuhan dan ciptaan-Nya.

Kemudian terdapat artian takdir secara agama Islam menurut Wikipedia Indonesia Wikipedia, the free encyclopedia. Takdir memiliki kata lain qadar yang dalam bahasa Arab ditulis dalam huruf hijaiyah sebagai berikut قدر‎. Secara harfiah istilah tersebut memiliki arti kekuatan. Maknanya, Tuhan Maha Tahu dan Maha Kuasa, segala sesuatu yang telah terjadi dan akan terjadi di alam semesta, termasuk perilaku manusia yang berdosa, diperintahkan oleh-Nya.

Qadha dan Qadar

Takdir ini telah ditetapkan dalam 6 rukun iman di agama Islam yakni pada poin terakhir yaitu Percaya Kepada Qadha dan Qadar. Jadi apakah Qada dan Qadar sama dengan takdir?

Qada sendiri memiliki arti ketetapan Allah SWT sejak sebelum penciptaan alam semesta (zaman azali). Sedangkan qadar adalah perwujudan ketetapan Allah SWT yang sering disebut takdir. Sehingga seperti yang telah disebutkan di paragraf atas, bahwa takdir berasal dari bahasa Arab yaitu qadar, sehingga qadha dan qadar merupakan suatu hubungan yang tidak bisa dipisahkan sehingga dapat dikatakan sama dengan takdir.

Di dalam kitab suci Al-Qur’an, pembahasan tentang takdir atau qadha dan qadar telah disebutkan penjelasannya, yaitu pada surat Al Ahzab ayat 38 Surat Al-Ahzab Ayat 38 | Tafsirq.com, yang bacaannya berbunyi Mā kāna ‘alan-nabiyyi min ḥarajin fīmā faraḍallāhu lah, sunnatallāhi fillażīna khalau ming qabl, wa kāna amrullāhi qadaram maqdụrā.

Dimana jika diartikan dalam bahasa Indonesia memiliki arti “Tidak ada suatu keberatanpun atas Nabi tentang apa yang telah ditetapkan Allah baginya. (Allah telah menetapkan yang demikian) sebagai sunnah-Nya pada nabi-nabi yang telah berlalu dahulu. Dan adalah ketetapan Allah itu suatu ketetapan yang pasti berlaku.”

Macam-Macam Takdir

Sebelum berlanjut untuk menjawab pertanyaan pernyataan yang termasuk dalam contoh ketentuan dari takdir mubram adalah…. Marilah kita pelajari juga tentang jenis takdir yang dibedakan menjadi dua, agar lebih mudah dalam menjawab soal pernyataan yang termasuk dalam contoh ketentuan dari takdir mubram adalah….  tersebut.

Takdir Mubram

pernyataan yang termasuk dalam contoh ketentuan dari takdir mubram adalah
kumparan

Jenis takdir mubram ini merupakan takdir yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT dan tidak dapat diubah lagi oleh makhluk Allah meskipun dengan menggunakan segala cara. Karena takdir mubram memiliki kata lain ketentuan mutlak dari Allah SWT. Untuk pernyataan yang termasuk dalam contoh ketentuan dari takdir mubram antara lain sebagai berikut:

  • Kelahiran

Apakah kamu bisa memilih ingin dilahirkan dari keluarga siapa sebelum lahir? Apakah kamu bisa memilih untuk melahirkan seorang anak yang bagaimana dan seperti apa sesuai keinginan kamu? Jawabannya tentu tidak bisa bukan? Itulah yang dinamakan takdir mubram, kita tidak bisa berbuat apa-apa atas kelahiran kamu sendiri atau kelahiran anakmu kelak. Karena hal itu sudah ditetapkan atas kehendak Allah SWT.

  • Jenis Kelamin

Apakah kamu bisa memilih kamu dilahirkan dalam jenis kelamin apa sebelum lahir? Apakah kamu bisa memutuskan dan memastikan apa jenis kelamin anakmu kelak? Jawabannya tentu tidak bisa bukan?

Meskipun ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa terdapat beberapa cara yang perlu dilakukan saat berhubungan intim agar mendapatkan anak dengan gender yang diinginkan, tentu hal itu tidak bisa dipastikan 100 persen keberhasilannya.

Bahkan sudah banyak pengalaman juga dari cerita orang-orang yang melakukan tes USG dimana saat itu mendapatkan hasil bahwa jenis kelamin anaknya yang terbaca adalah laki-laki, namun saat waktu lahiran jenis kelamin anaknya ternyata adalah perempuan. Inilah mengapa tes USG dan cara-cara hubungan intim tersebut tidak 100 persen benar. Karena hal tersebut kembali lagi pada kehendak Allah SWT.

  • Kematian

Kematian juga termasuk dalam takdir mubram karena kita tidak tau dan tidak bisa memastikan atau menjadwalkan kapan kita akan meninggal.

Takdir Muallaq

pernyataan yang termasuk dalam contoh ketentuan dari takdir mubram adalah
yayasan rumah sedekah

Kebalikan dari takdir mubram, takdir muallaaq ini justru merupakan takdir atau ketetapan dari Allah SWT yang masih bisa diubah oleh  makhluk Allah. Namun perlu dibersamai dengan ikhtiar atau usaha dari makhluk yang ingin mengubahnya tersebut. Apa pernyataan yang termasuk dalam contoh ketentuan dari takdir muallaq? Berikut beberapa contohnya:

  • Kekayaan atau kemiskinan

Mungkin ada beberapa orang yang sudah ditakdirkan lahir dari keluarga yang kaya raya, namun ada juga yang dilahirkan dari keluarga yang kurang mampu. Namun, apakah hal tersebut akan dijalani dengan keadaan ekonomi seperti itu hingga kematiannya? Jawabannya adalah tidak, karena tingkat ekonomi bisa kita ubah dengan usaha yang kita lakukan.

Seperti kita contohkan penyanyi dangdut, Lesty Kejora, ia mulanya berasal dari keluarga yang kurang mampu, namun atas usaha yang ia lakukan dalam kompetisi Dangdut Academy ia dapat mendapatkan peringkat pertama dan bisa mengubah ekonomi keluarganya, bahkan saat ini dapat dikatakan kehidupannya sudah bergelimang harta.

  • Sakit

Jika kamu tiba-tiba diberikan sakit oleh Allah, mungkin itu adalah takdir yang diberikan Allah SWT. Namun, apakah kamu bisa mengubah kondisi kamu tersebut? Tentu bisa, kamu bisa mengubah kondisi kesehatanmu dengan memeriksakan dirimu ke dokter dan mengkonsumsi obat penghilang sakit.

Atau bisa juga, sebelum kamu mendapatkan suatu penyakit, kamu perlu memperhatikan pola hidup kamu yaitu bisa untuk sering sering berolahraga, mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat, jangan berkegiatan berlebih agar tidak kecapekan, dan lain-lain.

  • Pintar atau bodoh

Untuk mendapatkan pemikiran yang pintar ataupun bodoh, tentu hal ini bisa untuk kita tentukan bukan? Yaitu dengan bagaimana kamu belajar dan berusaha untuk dapat mencapai tingkat kepintaran tersebut.

Karena pada awalnya, kita semua tentu tidak memiliki ilmu apa-apa juga, namun seiring kita mengenyam pendidikan dan bersosialisasi, kita akan mendapatkan tambahan-tambahan ilmu baru dan bisa kita kelola untuk dikembangkan terhadap pemikiran diri kita sendiri.

Pernyataan yang termasuk dalam contoh ketentuan dari takdir mubram adalah….

pernyataan yang termasuk dalam contoh ketentuan dari takdir mubram adalah
inews id

Setelah mendapatkan penjelasan mengenai dasar materi ini mengenai takdir, jenis-jenis takdir, dan lainnya, tentu kita sudah memiliki gambaran besar untuk dapat menjawab pertanyaan pernyataan yang termasuk dalam contoh ketentuan dari takdir mubram adalah…. bukan? Untuk mengingat kembali soal diatas, berikut kita cantumkan kembali pertanyaan soal dan pilihan jawabannya:

Pernyataan yang termasuk dalam contoh ketentuan dari takdir mubram adalah….

A. Hidup yang benar, beriman atau kafir, sukses atau gagal, sedih atau gembira

B. Karir yang bagus, rumah tangga yang sejahtera, anak-anak yang sholeh

C. Kaya dan miskin, cerdas dan bodoh, sehat dan sakit, sejahtera dan sengsara

D. Saat Kematian datang, kelahiran, jenis kelamin, siapa orang tua kita

E. Harapan serta cita-cita, harta, jabatan, ilham, dan ilmu pengetahuan

Jika kita tengok kembali pada pembahasan dari pengertian takdir mubram, maka dengan mudah kita bisa menemukan jawabannya. Yakni jawaban dari pertanyaan pernyataan yang termasuk dalam contoh ketentuan dari takdir mubram adalah…. tersebut adalah D. Saat kematian datang, kelahiran, jenis kelamin, siapa orang tua kita.

Penulis: Sheila Octarina Nur Azizah

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.