Kamu Menghabiskan Waktu yang Lama Buat Tidur Nyenyak? Coba 4 Hal di Bawah Ini Deh, Dijamin Bangun Tidur Badan Lebih Segar!

  • Whatsapp

Tidur adalah kunci utama yang menentukan kinerja kamu  pada hari selanjutnya. Tubuh dan pikiran yang lelah membutuhkan jam istirahat yang berkualitas agar bisa kembali fit dan segar keesokan harinya. Banyak orang yang mengeluhkan tidur mereka kurang berkualitas karena masih letih atau bahkan lebih letih setelah bangun tidur. Ada banyak penyebab tidur SmartGirl tidak berkualitas, berikut adalah beberapa contohnya dan mungkin dapat membantu kamu meningkatkan kualitas tidur.

1.Cobalah tidur tanpa menggunakan bantal, selain lebih sehat tidur pun akan lebih berkualitas.

copyright by telegram.co.id

Read More

Tak sedikit orang yang mengalami kesulitan tidur, hanya membolak-balikkan tubuh selama berjam-jam, sebelum akhirnya tertidur dengan gelisah. Hal ini bisa menyebabkan frustasi, karena kurang jam tidur bisa membuat kamu merasa lelah dan suka marah-marah pada keesokan harinya. Sering kurang tidur juga bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, karena dianjurkan bagi orang dewasa untuk tidur berkualitas selama 7 jam pada malam hari.
Pernahkah SmartGirl membandingkan posisi tidur orang dewasa dengan posisi tidur bayi? Apa perbedaannya? Ya, bayi tidak tidur menggunakan bantal, melainkan hanya kasur saja. Penelitian membuktikan bahwa ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan tidur tanpa bantal karena tidur di atas kasur jauh lebih natural bagi tubuh. Tidur tanpa bantal juga bisa mengembalikan posisi tubuh yang salah.

BACA JUGA :  Anak Demam dan Kejang? Don't be Panic, Ini 3 Hal Yang harus Kamu Lakukan!

2.Yang kedua, tidur dengan posisi telentang, membuat kamu lebih mudah tertidur dan merasa tenang.

copyright by curhatbidan.com

Apabila SmartGirl terlalu lama berada dalam posisi duduk dan terasa sakit di punggung dan pinggul, cobalah untuk tidur telentang selama beberapa saat. Hal ini biasanya bisa membantu meredakan sakit atau rasa kurang nyaman pada tubuh.

Tidur telentang dapat membantu SmartGirl bangun dengan perasaan lebih segar dari biasanya keesokan harinya. Hal ini karena tidur telentang adalah posisi terbaik untuk mendapatkan kualitas tidur, kata psikolog klinis sekaligus ahli tidur bersertifikat, Michael Breus, PhD.

Menurutnya, telentang satu-satunya posisi yang membuat kamu dapat tidur sepanjang malam tanpa harus menyesuaikan. Ketika SmartGirl tidur telentang, berat badan kamu merata di bingkai kerangka, tidak seperti posisi lain.

Tidak ada lagi terbangun dan bolak-balik posisi karena sakit akibat sirkulasi yang buruk di lengan atau kaki. Plus, jika SmartGirl memiliki sakit punggung bagian bawah, tidur telentang dengan lutut disangga oleh bantal bisa mengurangi beberapa tekanan dari tulang belakang dan meminimalkan rasa sakit.

3.Jangan Lupa untuk menciptakan kondisi tidur di kamarmu dengan menyalakan lampu tidur dan matikan televisimu.

copyright by iyakan.com

Apabila SmartGirl tidur dalam keadaan lampu dan atau televisi menyala, pasti kualitas tidur tidak akan maksimal. Kamu bisa bangun dalam keadaan pusing, mata lelah, dan letih. Saat tidur, otak SmartGirl tetap menerima rangsangan dari luar seperti gerak, cahaya, dan suara. Oleh sebab itu, dalam keadaan lampu menyala dan kondisi sekitar yang bising, otak kamu akan terus bekerja meski kamu sedang tidur. Alhasil, kualitas tidur SmartGirl tidak akan maksimal.

4.Yang keempat, Jangan sampai Lupa teori 30 Detik! Apa itu?

copyright by https://fibromyalgianewstoday.com

BACA JUGA :  Ngga PD ketemu Doi Karena Bau Mulut? Ini 5 Cara Menghindarinya!

Tahukah SmartGirl tentang aturan 30 detik setelah tidur? Aturan ini menganjurkan agar SmartGirl tidak langsung bangun dari tempat tidur, melainkan coba tetap berbaring selama 30 detik setelah bangun sambil membuka mata. Kemudian duduk dan letakkan  kaki di tanah selama 30 detik, berdiri sejenak 30 detik, baru melangkah beraktivitas. Ibarat mobil, tubuh kita juga perlu persiapan sebelum dijalankan. Lebih baik lagi kalau SmartGirl memulai hari dengan segelas air putih untuk mengembalikan cairan tubuh yang keluar ketika kamu tidur.

Related posts