Hacker Yang Terkenal di Indonesia, Simak Berikut

Sumber : Garuda Citizen

Beberapa waktu belakangan ini, Hacker Bjorka trending topik di media sosial Twitter. Pasalnya, Ia telah meretas data rahasia milik Presiden Jokowi dan BIN (Badan Intelejen Nasional). Sebelumnya, hacker ini juga diketahui membobol data 1,3 juta SIM Card.

Keberadaan para hacker ini memang sangat meresahkan dunia. Karena data-data sangat rahasia pun bisa mereka bobol dengan mudah.

Bicara tentang hacker, siapa sangka di Indonesia juga rupanya mempunyai hacker hebat dan terkenal. Bagaimana tidak hebat dan terkenal hacker asal Indonesia ini juga jadi salah satu hacker yang ditakuti dunia.

Akhir-akhir ini, deretan kasus peretasan yang dilakukan hacker Indonesia pun diberitakan lingkup nasional hingga internasional. Kira-kira, siapa saja hacker terkenal di Indonesia yang diakui kehebatannya dan ditakuti dunia? Simak ulasannya berikut ini.

Putra Aji

Putra Aji ini salah satu hacker asal Indonesia yang terkenal. Pasalnya, ia berasil meretas situs NASA tahun 2019 lalu.

Pada saat itu, remaja asal Tangerang berusia 15 tahun ini masih bersekolah SMP. Putra Aji ini masuk golongan white hat hacker, karena dia hanya meretas untuk mengetes keamanan suatu situs.

Sebelumnya Putra Aji Adhari serius menceritakan pengalamannya membobol situs NASA (National Aeronautics and Space Administration) dan lembaga pemerintahan di Indonesia.

Putra hanya membutuhkan waktu 3 menit untuk meretas situs NASA dan situs lembaga pemerintah yang justru lebih gampang.

Usianya baru 15 tahun, Putra mengklaim hal biasa membobol situs-situs resmi semisal NASA, BCA, Bank Mandiri, dan Bank Jateng.

Ia tercatat sebagai siswa kelas dua madrasah tsanawiyah yang tinggal di sebuah rumah di gang sempit di Ciledug, Kota Tangerang, Banten.

Sosok pendiam ini mendapuk dirinya sebagai white hat hacker dan hanya melakukan penetration test di situs-situs tersebut.

Sultan Haikal

Pada tahun 2017 lalu, Sultan Haikal sukses bobol situs Pemda (pemerintah daerah) dan kementerian. Bukan hanya itu, dia juga diketahui pernah bobol situs Citilink, Go Jek, dan tiket.com, bahkan situs kepolisian.

SFR dan MZSRBP

Kedua hacker asal Indonesia ini juga terkenal di dunia. Pasalnya, mereka telah membuat rugi negara Amerika Serikat hingga 60 juta dolar.

Mereka berdua membuat 14 website palsu lalu disebarkan melalui sms blast bantuan Covid-19. Mereka berdua akhirnya ditangkap atas kasus  UU ITE.

Jim geovedi

Jim Geovedi ini adalah hacker terkenal di Indonesia yang dikenal sebagai white hat hacker. Dia diketahui pernah mempraktekan cara membobol satelit China, mampu mengakses kontrol traffic internet yang ada di Indonesia, serta memanipulasi data keuangan. Kini, dia bekerja untuk bidang keamaan siber di London.

Jim sendiri tidak pernah sekolah di bidang teknologi informasi (IT). Media Deutsche Welle menyebut bahwa setelah lulus SMA, ia turun dalam kehidupan jalanan yang keras di Bandar Lampung sebagai seniman grafis. Nasibnya  berubah saat seorang pendeta memperkenalkan dirinya pada komputer dan internet. Sejak itu, ia mempelajari internet secara otodidak dengan menyimak chatting dari para hacker dunia.

Hingga kini Jim ogah dijuluki sebagai ‘ahli’, dan lebih mau dipanggil sebagai ‘pengamat’ atau ‘partisipan aktif’.

ADC Hacker

ADC Hacker juga salah satu hacker terkenal dari Indonesia. Dia diketahui sukses meretas ribuan situs pemerintah dan swasta dalam lingkup nasional hingga internasional. Atas aksinya tersebut, ia sukses meraih uang miiaran yang kemudian dia gunakan untuk bersenang-senang

Argo menyebut sejumlah situs yang diretas ADC di antaranya situs milik Pemprov DIY dan milik Mahkamah Agung. Polisi menduga masih ada situs yang diretas selain 1.309 situs tersebut

Berdasarkan pengakuan tersangka ke polisi, uang itu digunakan untuk foya-foya.

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.