Es Krim Memiliki Sejarah di Beberapa Negara, Simak Faktanya

Sumber : Suara.com

Es krim merupakan menu makanan yang disukai dari segala. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa pasti hampir semuanya menyukai es krim. Rasanya yang manis, dingin dan pekat, serta teksturnya yang lembut selalu dicari oleh banyak orang di kala panas.

Saat ini, kita sudah bisa dengan mudahnya menemukan es krim. Mulai dari abang keliling, mini market, hingga di kafe mewah kawasan pusat perbelanjaan terdapat es krim dengan berbagai macam varian. Selain itu, penyajian es krim juga sudah lebih bervariatif dan menggugah selera. Mulai dari kombinasi es krim dengan waffle, pancake, kue, atau bahkan minuman.

Nah, tahukah kamu bagaimana asal mula es krim dapat tercipta? Bagaimana ya cara membuat es krim saat belum ada freezer dan lemari es? Well, terdapat berbagai macam sejarah berbeda mengenai asal mula es krim. Supaya tidak bingung, yuk kita simak satu per satu!

Dilansir dari ruang guru terdapat beberapa negara  yang memiliki asal mula adanya es krim

Kekaisaran Romawi

Sejarah kemunculan es krim yang pertama, dipercaya datang dari zaman kepemimpinan Kaisar Nero, Romawi tahun 64 M. Diceritakan bahwa saat itu Kaisar Nero menginginkan makanan penutup yang dingin. Kemudian dibuatkan kombinasi antara salju halus, nektar, sirop buah, dan madu.

Cina

Konon, es krim juga mulai dikenal di negeri Cina sekitar tahun 700 M. Kemunculan es krim di Cina dimulai saat Raja Tang dari kerajaan Shang mendapatkan hadiah berupa gumpalan salju saat makan malam. Salju tersebut diproses dengan tambahan susu dan sari buah, serta dilumuri juga dengan madu. Makanan penutup yang dikenal dengan istilah xuebaite tersebut ternyata menjadi makanan kesukaan sang raja, yang akhirnya dipopulerkan di lingkungan kerajaannya

Cerita lainnya mengatakan bahwa sekitar tahun 1254 M, Marcopolo yang baru kembali dari Cina, membawa oleh-oleh cara pembuatan es krim. Saat itu, sebenarnya di Italia sendiri sudah dikenal jenis es tersebut dari sirop khas Italia. Dengan tangan dingin Marcopolo, es sirop Italian tersebut mengalami modifikasi. Rasanya yang enak membuat es sirop ini menjadi favorit banyak orang dan menyebar ke negara Eropa lainnya.

Bahan dasar es sirop semakin berkembang, bukan hanya dari sirop melainkan menjadi susu dan krim. Bahan dasar baru ini membuat rasanya semakin kaya, tidak hanya manis tetapi juga gurih dan teksturnya semakin lembut. Setelah itulah sekitar abad ke-18, orang Inggris menyebutnya ice cream.

Amerika

Demam es krim sendiri baru muncul di benua Amerika pada abad 19 seiring dengan ditemukannya mesin pembuat es krim. Saat itu, gubernur asal Maryland, Amerika Serikat, menyajikan es krim kepada para tamunya. Hal inilah yang menjadi awal mula berkembangnya es krim di Amerika Serikat. Namun, baru 76 tahun kemudian kios es krim pertama dibuka di New York.

 

Asal-usul es krim bisa ditelusuri sampai ke Mesopotamia, wilayah kuno yang mencakup Irak, Iran, Suriah, dan Turki, pada tahun 1200 Sebelum Masehi (SMM). Banyak orang lantas meyakini kalau es krim yang dikenal sekarang adalah ciptaan orang Italia.

Namun fakta menunjukkan hal lain. Sebuah ode China abad 12 yang ditulis penyair Yang Wanli menyiratkan keberadaan es krim. Ia memuji minuman dingin dengan tekstur renyah yang “tampak beku dan seperti melayang”. Deskripsi ini seolah menyiratkan adanya es krim di awal-awal abad 9.

Orang China konon dulu membuat lubang untuk mengawetkan es yang akan dinikmati sebagai minuman segar saat musim panas. Hal ini disampaikan Luciana Polliotti, sejarawan es krim sekaligus kepala Gelato Museum di Bologna, Italia.

Indonesia

Nah, di Indonesia es krim muncul setelah dibawa oleh orang-orang Belanda yang datang ke Indonesia. Dulu, es krim juga termasuk barang mewah dan mahal yang biasanya dinikmati orang Belanda saja.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.