Mengenal Trust Issue, Tanda-tanda Beserta Dampak Trust Issue

Trust Issue, Penyebab dan dampak
Sumber : DictioCommunity

Pernahkah kamu mendengar istilah trust issue? Istilah trust issue akhir-akhir ini sering disebutkan untuk menggambarkan kondisi seseorang yang mengalami kesulitan untuk mempercayai orang lain.

Trust Issue yang terjadi pada individu diakibatkan ketidakpercayaan kepada individu yang lain akibat pernah dikhianati.

Selain itu, trust issue bisa disebabkan oleh trauma-trauma yang dialami saat kecil.

Pernahkah kamu mengalaminya ? Yuk mari kita membahas apa itu trust issue

Apa itu Kepercayaan?

Trust memiliki arti kepercayaan. Dalam kajian psikologi, Rotter mengatakan trust diartikan sebagai suatu kecenderungan seseorang untuk yakin pada orang lain.

Dalam hubungan individu, kepercayaan mengacu pada keyakinan bahwa seseorang atau sekelompok dapat diandalkan sehingga membuat orang lain bergantung pada orang tersebut.

Seorang psikolog klinis, Sabrina Romanoff, berpendapat bahwa mempercayai berarti mengandalkan orang yang dipercayai dan merasa aman karena tidak akan menyakiti satu sama lain.

Kepercayaan dianggap oleh sebagian besar psikolog sebagai komponen utama dalam hubungan yang matang dengan orang lain, baik intim, sosial, atau terapeutik.

Apa itu Trust Issue?

Trust issue adalah adanya permasalahan terkait dengan kepercayaan. Permasalahan terkait dengan kepercayaan seringkali muncul dari pengalaman sebelumnya atau masa lalu dan interaksi yang dilakukan.

Trust Issue Menjalani hubungan beracun (toxic relationship) atau diganggu dengan hadirnya orang ketiga bisa meninggalkan luka batin yang mendalam bagi seseorang. Tak jarang mereka akan mengalami trust issue alias sulit mempercayai orang lain atau bahkan diri sendiri.

Luka itu meninggalkan trauma untuk memulai hubungan yang baru bahkan membuat diri kehilangan rasa percaya diri. Tak hanya itu, dampak terburuk trust issue bisa membuatmu merasa kesepian, bahkan mengisolasi diri sendiri.

Seseorang yang memiliki trust issue seringkali memiliki pengalaman negatif dan traumatis. Pengalaman masa kecil terkait hubungan orang tua dan anak yang tidak baik seperti pengabaian, penolakan hingga pengalaman kehilangan dan perceraian orang tua pada masa kecil, dapat menjadi faktor seseorang cenderung mengalami permasalahan terkait dengan kepercayaan.

Adapun tanda-tanda umum seseorang mengalami trust issue adalah:

  1. Cenderung menghindari komitmen

Ketika seseorang mengalami trust issue, ia akan mengalami kesulitan untuk menjalin sebuah hubungan. Pengalaman masa lalu terkait dengan kepercayaan memberikan dampak pada penghindaran hubungan yang sifatnya lebih dalam dengan orang lain, sehingga seseorang dengan trust issue cenderung menghindari komitmen dalam menjalin sebuah hubungan.

Ketakutan akan terulangnya kembali pengalaman tidak menyenangkan terkait sebuah hubungan, menjadi sebuah dinding tebal untuk melindungi dirinya termasuk dalam berkomitmen.

  1. Dikuasai oleh pemikiran negatif terhadap orang lain

Pemikiran negatif dan pesimistis terkait hubungan dan orang lain cenderung menguasai pikiran seseorang yang mengalami trust issue. Ia akan cenderung melakukan dialog dengan diri untuk mempertanyakan dan meragukan orang lain yang sedang berinteraksi dengan dirinya.

Individu yang mengalami trust issue merasakan bahwa ketika ia menjalani hubungan dengan orang lain, tidak ada yang tulus.

Hal ini dapat menghasilkan perilaku-perilaku yang cenderung seperti melakukan pengecekan informasi pribadi seseorang ataupun pasangan, bersifat curiga, hingga pada kecenderungan menuduh dan mencari kesalahan terkait dengan kecurigaan yang ia miliki.

Dampak Trust Issue

Dampak yang akan dialami oleh individu ketika ia mengalami trust issue ia akan selalu menumbuhkan rasa traumatis dalam pikirannya, hal itu yang akan membuat individu mengalami masalah dalam dirinya seperti cemas berlebihan.

Pengalaman masa lalu yang sifatnya traumatis memberikan ketidaknyamanan sehingga dapat mengganggu seseorang dalam beraktivitas.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.