Satu Kilogram Sama dengan Berapa Gram? Jawaban Benarnya!

satu kilogram sama dengan berapa gram
123rf

Satu Kilogram Sama dengan Berapa Gram? Apakah kamu sudah tahu jawabannya? Kemungkinan kamu sudah tahu karena pertanyaan ini bukan merupakan pertanyaan yang sulit. Sejak SD atau SMP kita sudah diajarkan mengenai materi dan tentu pernah mendapatkan soal pertanyaan tersebut. Namun tak menutup kemungkinan juga jika masih ada yang belum tahu, atau mungkin sudah lupa akan pembahasannya. Untuk itu mari kita jawab bersama-sama.

Satuan Berat

satu kilogram sama dengan berapa gram
brainly

Satu Kilogram Sama dengan Berapa Gram? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita ulas terlebih dahulu mengenai istilah satuan berat.

Satuan berat merupakan pernyataan yang menjelaskan arti dari kuantitas atau jumlah yang digunakan sebagai kompilasi untuk pengukuran yang menjadi balapan. ( Edmodo.Id – Materi Belajar SD, SMP, SMA Online Terlengkap )

Satuan berat memiliki rumus hitung yang ditetapkan, dan untuk kamu yang masih bersekolah tentu tidak asing dengan rumus berikut: W = Mg

Keterangan:

W = gaya berat (N)

m = massa benda (kg)

g = percepatan gravitasi bumi yang besarnya 9,8 m/s2 atau dibulatkan 10 9,8 m/s2

Satuan berat juga memiliki rumus tangga sama halnya dengan rumus tangga satuan ukur jarak km, hm, dam, m, dm, cm, dan mm. Jika satuan berat adalah kg, hg (ons), dag, g, dg, cg, mg. Yang setiap istilahnya memiliki kepanjangan nama berikut:

  • kg: kilogram
  • hg (ons): hektogram
  • dag: dekagram
  • g: gram
  • dg: desigram
  • cg: sentigram
  • mg: miligram

Untuk rumus hitungnya sama dengan rumus tangga satuan ukur jarak, yakni jika naik dibagi dengan bilangan 10 dan jika turun dikalikan dengan bilangan 10.

Gram

satu kilogram sama dengan berapa gram
wikihow

Satu Kilogram Sama dengan Berapa Gram? Karena pertanyaan tersebut terdapat istilah gram, untuk itu mari kita bahas terlebih dahulu apa itu gram.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti dari istilah kg atau yang dalam julukannya dinamakan kilogram memiliki arti satuan ukuran berat atau massa yang nilainya setara dengan 1.000 g.

Serta menurut Wikipedia Indonesia, istilah kg atau kilogram berarti satuan pokok untuk besaran massa dalam satuan sistem internasional (SI).

Umumnya massa merupakan sinonim dari berat. Sehingga kita berfikir bahwa maknanya sama persis. Sebenarnya keduanya memiliki perbedaan. Yang mana jika massa lebih merujuk pada banyaknya partikel suatu objek, sedangkan berat tertuju pada gaya yang dialami suatu benda akibat adanya gaya gravitasi bumi.

Massa kilogram disebutkan senilai dengan massa 1 liter air. Alat ukur yang akurat untuk menimbang satuan ukur tersebut dinamakan timbangan kibble. Dan satuan ini menjadi satu-satunya satuan berawalan yang digunakan sebagai satuan pokok. Meskipun yang menjadi dasar dari satuan kg tersebut adalah gram. Satu kilogram sama dengan 1.000 gram atau jika dibalik 1 gram sama dengan 1/1.000 kilogram.

Kg

Satu Kilogram Sama dengan Berapa Gram? Karena juga terdapat istilah kg dalam pertanyaan tersebut, mari kita bahas apa itu kg.

Menurut Wikipedia Indonesia, istilah kg atau kilogram diartikan sebagai satuan pokok untuk besaran massa dalam Satuan Sistem Internasional (SI).

Sebuah objek yang memiliki massa satu kilogram akan memiliki berat sekitar 9.78 newton atau 9.83 newton, tergantung dari gravitasi di tempat yang digunakan ukur tersebut.

Satu Kilogram Sama dengan Berapa Gram?

satu kilogram sama dengan berapa gram
slide serve

Satu Kilogram Sama dengan Berapa Gram? Mari kita jawab pertanyaan tersebut.

Jika kita menilik pada pembahasan mengenai gram diatas, telah disebutkan bahwa satu kilogram itu sama dengan atau setara dengan 1.000 gram. Sehingga jawaban dari pertanyaan satu kilogram sama dengan berapa gram? Jawabannya 1.000.

500 Gram Berapa Kg?

Setelah menjawab pertanyaan satu kilogram sama dengan berapa gram diatas, mari kita coba untuk mengubah konversi balliknya. Yaitu 500 gram berapa kg? Bagaimana cara hitungnya? Berikut langkahnya!

Diketahui:

500 gram

Ditanyakan:

500 gram berapa kg?

Jawab:

1 kg = 1.000 gram

x kg = 500 gram

Untuk bisa menjadi 500, angka 1.000 umumnya diapakan? Benar, dibagi dengan angka 2. Sehingga angka 1 kg juga bisa kita bagi dengan angka 2, karena angka 1.000 gramnya juga kita bagi 2 dan menghasilkan angka 500 gram.

Sehingga 1/2 atau 0,5.

Jadi 500 gram sama dengan 1/2 atau 0,5 kg.

1 Gram Berapa Ons?

satu kilogram sama dengan berapa gram
cilacap klik

Setelah menjawab satu kilogram sama dengan berapa gram dan menjawab konversi gram ke kilogram diatas, mari kita coba juga mengkonversi dari gram ke ons. Tetapi karena diatas belum kita ulas mengenai istilah ons, mari kita ulas terlebih dahulu apa itu ons.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) istilah ons berarti satuan ukuran berat (massa) seratus gram. Sedangkan melalui Wikipedia Indonesia, istilah ons memiliki pengertian sebagai satuan massa yang memiliki beberapa definisi tergantung dengan sistem satuannya. Massa disini sama seperti dalam definisi gram diatas, yaitu umum digunakan sebagai sinonim dari istilah gram. Dalam bahasa internasional (Inggris) dituliskan ounce.

Ternyata ons memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda dan nilai konversi ke gram yang berbeda-beda pula, berikut diantaranya:

  • Ons avoirdupois internasional = 28,349523125 gram
  • Ons troy internasional = 31,1034768 gram
  • Ons apoteker = 31,1034768 gram
  • Ons Maria Theresa = 28,0668 gram
  • Ons Spanyol (onza) = 28,75 gram
  • Ons Prancis (once) = 30,59 gram
  • Ons Portugis (onça) = 28,69 gram
  • Ons Romawi/Italia (oncia) = 27,4 gram
  • Ons metrik Belanda (ons) = 100 gram
  • Ons metrik Tiongkok (盎司) = 50 gram

Jadi 1 gram berapa ons? Karena kita menggunakan sistem dari Belanda sehingga mari coba kita hitung menggunakan jenis ons metrik Belanda yang dalam 1 ons nya sama dengan 100 gram. Cara hitungnya yaitu:

Diketahui:

1 gram

Ditanyakan:

1 gram berapa ons?

Jawab:

1 ons = 100 gram

x ons = 1 gram

Untuk menjadi 1 gram dari 100 gram, maka angka 100 perlu dibagi dengan angka 100 juga. Sehingga 1 ons juga perlu dibagi dengan angka 100. Yang mana akan menjadi 1/100 dan menghasilkan 0,01 ons.

Jadi 1 gram berapa ons?  0,01.

1 Liter Berapa Gram?

Setelah mengetahui jawaban pertanyaan satu kilogram sama dengan berapa gram, ayo kita konversikan juga dari satuan ukur liter ke dalam bentuk gram. Tapi kalian udah tahu belum nih apa itu liter. Kalau belum, kita ulas dulu yuk.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) istilah liter berarti satuan dasar ukuran isi. Sedangkan dalam Wikipedia Indonesia kata liter berarti unit pengukur volume. Namun unit pengukur volume ini tidak masuk dalam sistem satuan ukur internasional (SI). Tetapi penggunaannya didaftarkan dalam unit di luar SI yang diterima penggunaannya dengan SI. Karena unit pengukur volume yang terdaftar dalam sistem satuan ukur internasional adalah meter kubik.

Liter dapat dikonversikan ke dalam beberapa bentuk unit satuan ukur antara lain:

1 l = 1 dm³ = 1.000 cm³ = 1.000 cc

1 ml = 1 cm³ = 1 cc

Untuk rumusnya sendiri yakni:

Massa = massa Jenis x volume

M = p . v

Jika massa tersebut merupakan air, maka

M = p . v

= 1 kg/L x 1 L

= 1 Kg

1 Kg = 1.000 gram

Jadi 1 liter sama dengan 1.000 gram

Ml ke Gram

Selain menjawab pertanyaan satu kilogram sama dengan berapa gram, yuk sekalian kita bahas tentang konversi ml ke gram. Apakah kalian tahu apa itu ml? Simak pembahasannya.

Mililiter atau lebih dikenal dengan sebutan mili mempunyai simbol dengan huruf m kecil. Mili adalah sebuah awalan dalam sistem metrik yang menunjukkan faktor seperseribu atau 1/1000.

Untuk perbandingan dari ml gram sendiri menurut YukSinau.co.id – Situs Sinau Paling Oke adalah 1 banding 1.  Yang mana 1 ml sama dengan 1 gram.

1 Pon Berapa Gram?

Satu Kilogram Sama dengan Berapa Gram? Sudah mendapatkan jawaban pertanyaan tersebut bukan? Yuk kita juga konversikan dari pon ke gram.

Jika dilansir dari Grafik dan kalkulator konversi satuan metrik (metric-conversions.org) 1 pon itu sama dengan 453,59237 g.

Mg ke Gram

satu kilogram sama dengan berapa gram
bimbel brilian

Satu Kilogram Sama dengan Berapa Gram? Setelah menjawab pertanyaan inti tersebut, kita bisa juga untuk mengkonversikan dari mg ke gram karena diatas sudah sedikit dijelaskan bahwa sama seperti km, hm, dam, m, dm, cm, dan mm, satuan hitung juga bisa dihitung menggunakan rumus tangga. Dimana urutan dari satuan berat adalah kg, hg (ons), dag, g, dg, cg, mg. Dan rumusnya yakni jika naik dibagi 10 dan turun dikali 10.

Sehingga jika konversi dari mg ke gram kita bisa lihat bahwa alurnya adalah naik. Sehingga perhitungannya dengan dibagi. Kenaikannya sendiri jika kita hitung menghasilkan hitungan ke 3. Dimana setiap satu naikkan dibagi 10 sehingga jika naik 3 kali, maka akan dibai 1000.

Sehingga 1 gram sama dengan 1/1000 mg.

Setelah menghitung jawaban dari pertanyaan satu kilogram sama dengan berapa gram, juga sudah memahami mulai dari satuan berat hingga jenis-jenis satuannya seperti kg, gram, ons, pon, dan lain-lain. Serta juga sudah mencoba untuk mengkonversikan dari satuan berat satu dengan yang lainnya. Semoga kamu bisa memahami tentang materi satuan berat dan konversinya ya.

Penulis: Sheila Octarina Nur Azizah

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.