150 Gram Berapa Sendok Makan? Cari Jawabannya Disini!

150 gram berapa sendok makan mungkin masih menjadi pertanyaan umum bagi sebagian orang. Penggunaan gram memang berkaitan erat dengan kegiatan kita sehari hari.

Kira kira dalam 150 gram, 50 gram dan juga 100 gram gula ada berapa sendok makan sih? Dalam 1 sendok teh juga ada berapa gram ya?

Untuk tahu jawaban dari semua pertanyaan itu, mari simak ulasan ini lebih lanjut.

Satuan Berat/Massa

Sebelum masuk dalam perhitungan satuan gram, kita wajib mengetahui satuan berat atau satuan massa. Satuan berat adalah salah satu materi yang sering dibahas dalam pelajaran matematika.

Satuan berat adalah salah satu ilmu pasti dalam matematika yang paling sering digunakan untuk mempelajari dan menjadi salah satu materi yang selalu hadir dalam pembelajaran tingkat dasar.

Satuan berat terdiri dari kilogram, hektogram, dekagram, gram, desigram, centigram dan juga miligram. Namun di Indonesia, ada beberapa satuan berat lainnya yang juga digunakan dalam kehidupan sehari hari, yaitu ons.

Berikut ada tangga satuan berat yang mungkin akan membantu kamu memahami dan menghafal satuan berat yang sering digunakan!

1500 gram berapa sendok makan
photo : google

Jika ingin melakukan perhitungan satuan berat kamu hanya perlu menggunakan rumus seperti ini.

Untuk perhitungan satuan berat dari tangga atas ke tangga bawah harus dikalikan dengan angka 10. Dan untuk perhitungan dari tangga bawah ke tangga atas maka harus dibagi dengan angka 10.

Gram

Gram adalah sebuah unit pengukuran dasar untuk berat dan juga massa dalam metrik dan sistem pengukuran Standar Internasional. Unit ini biasanya digunakan untuk menimbang barang yang ukurannya kecil. Seperti bahan bahan kering yang ada di dapur. Satu satunya cara akurat untuk mengukur gram adalah menggunakan timbangan.

Sendok Makan

photo : google

Sendok adalah sebuah alat makan yang mempunyai cekungan berbentuk lonjong atau bulat lonjong di satu ujung dan gagang di ujung lainnya. Sendok pada umumnya dipegang di tangan kanan untuk mengambil makanan dari piring atau mangkuk. Pasangan dari sendok adalah garpu. Garpu biasanya dipegang di tangan kiri untuk membantu memasukkan makanan ke sendok.

Sendok biasanya terbuat dari logam. Namun di zaman dahulu, sendok terbuat dari kayu. Di zaman sekarang ada juga sendok yang terbuat dari plastik dan biasanya hanya digunakan sekali dan kemudian dibuang.

Saat ini, ada berbagai jenis sendok yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari hari. Ada sekitar 11 jenis sendok yang berbeda, yaitu :

  • Dinner spoon / sendok makan
  • Serving spoon
  • Soup spoon
  • Demitasse spoon
  • Sendok minum panjang
  • Sendok teh
  • Dessert spoon
  • Salad spoon
  • Sendok saring
  • Sendok masak
  • Sendok nasi

Selain sendok sendok diatas, masih banyak jenis sendok yang mungkin kamu gunakan dirumah. Namun kebanyakan orang hanya menggunakan 2 jenis sendok saja, yaitu sendok makan dan sendok teh.

Sendok teh dan juga sendok makan adalah jenis sendok yang berbeda. Sendok teh mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan sendok makan. Kegunaannya pun berbeda. Sendok makan digunakan untuk kegiatan makan, namun untuk sendok teh digunakan untuk mengaduk teh atau kopi dalam cangkir.

Keberadaan sendok menjadi sebuah alat yang sangat membantu siapa saja dalam menimbang atau mengukur barang barang kering didapur. Dengan sendok, kita bisa mengukur takaran tepung, gula pasir dan lain lain.

Mengapa sendok menjadi salah satu alat ukur? Sendok menjadi salah satu alat ukur barang barang di dapur karena keberadaannya yang mudah dijumpai dan juga praktis dibandingkan dengan timbangan.

150 gram berapa sendok makan?

Kira kira dalam 150 gram ada berapa sendok makan ya? Untuk kamu yang sering menakar menggunakan sendok makan tentunya membutuhkan jawaban ini. Dalam 150 gram kira kira sama dengan 15 sendok makan. Hal ini didapat dari 1 sendok makan sama dengan 10 gram. 150 gram sama dengan 15 sendok makan air, karena dalam 1 sendok makan sama dengan 15 gram.

50 gram berapa sendok makan?

Lalu untuk ukuran 50 gram berapa sendok makan ya? Jawabannya ada bermacam macam, tergantung bahan apa yang ingin kamu timbang. Berikut ada petunjuk yang dilansir dari News Idea Food sebagai panduan konversi dari gram ke sendok makan, yaitu :

  • 1 sdm air= 15 gram
  • Susu= 15.5 gram
  • Tepung= 9 gram
  • Gula= 12.7 gram
  • Garam= 18.3 gram
  • Madu= 21.3 gram
  • Mentega= 14.4 gram
  • Minyak= 13.2 gram

Dari penjelasan diatas dapat diketahui bahwa dalam 50 gram berapa sendok makan dapat dijabarkan sebagai berikut :

  • Apabila yang diukur adalah tepung maka 50 gram : 9 gram/sdm maka hasilnya 5,5 sendok makan terigu.
  • Apabila yang diukur adalah air maka 50 gram : 15 gram/sdm sama dengan 3,33 sendok makan air.
  • Dan jika yang diukur adalah gula maka 50 gram : 12,7 gram/sdm maka hasilnya adalah 3,93 sendok makan gula pasir.

Jadi dalam 50 gram mempunyai jumlah yang berbeda beda tergantung bahan yang ditimbang.

100 gram gula berapa sendok makan?

Dalam 100 gram gula ada berapa sendok makan ya? Meskipun takaran menggunakan sendok adalah satuan yang tidak baku, namun kamu mungkin perlu mengetahui jawaban dari 100 gram gula berapa sendok makan. Ukuran yang sering digunakan sebagai patokan sendok makan adalah :

1 sendok makan (1 sdm) = 15 ml
1 sendok makan (1 sdm) = 13,75 gram
1 sendok makan setara dengan 13,75 gram
= 13 ¾ gram
= gram
Maka 100 gram
= 100 : 55/4
= 100 x 4/55
= 400/55
= 80/11
= 7 3/11
= 7, 27 sendok makan = 7 sendok makan
Jadi, kesimpulannya adalah 100 gram gula sama dengan takaran 7 sendok makan.

1 sendok teh berapa gram?

Lalu kira kira 1 sendok teh berapa gram ya? Untuk kamu yang sering menggunakan sendok teh dalam kegiatan sehari hari, berikut adalah jawaban dari pertanyaan 1 sendok teh berapa gram :

  • Ukuran 1 sendok makan setara dengan 3 sendok teh (1 sdm = 3 sdt)
  • 1 sendok makan = 10 gram
  • 150 gram gula = 10 sendok makan (sdm)
  • 1 sendok tepung terigu berapa gram? Jawabannya adalah 8 gram
  • 200gr tepung terigu, tepung beras, tapioka dan maizena setara 25 sendok makan
  • 1 sendok teh berapa gram? Jawabannya adalah 3-5 gram tergantung dari bahan yang ditimbang

Jadi dalam 1 sendok teh ada sekitar 3 hingga 5 gram, tergantung bahan apa yang ingin ditimbang. Untuk itu, berat gula dan juga air beda jika diukur menggunakan sendok teh dengan gram.

Alat Ukur Satuan Berat

Karena keberadaannya yang mudah dijumpai dan juga praktis membuat sendok makan menjadi alat ukur tidak baku yang sering digunakan oleh masyarakat. Namun, ada alat ukur resmi untuk bisa mengukur satuan berat. Berikut adalah alat ukur satuan berat yang bisa kamu gunakan :

Timbangan Kodok

150 gram berapa sendok makan
photo : google

Timbangan kodok juga ramai ditemukan di pasar ataupun toko kelontong. Bisa dibilang timbangan jenis ini termasuk timbangan yang sudah cukup lama digunakan dan sampai sekarang masih banyak yang memakainya, apalagi di pasar tradisional.

Namun timbangan kodok tidak semudah penggunaan timbangan duduk, karena memerlukan anak beban dalam pengukurannya. Cara memakai timbangan ini adalah dengan meletakkan objek timbangan ke wadah timbangan lalu menyeimbangkannya dengan anak beban yang sepaket dengan timbangan ini.

Timbangan Duduk

photo : google

Timbangan jenis ini paling sering dijumpai di pusat perbelanjaan sembako, seperti pasar ataupun toko kelontong. Cara memakainya adalah dengan meletakkan benda yang akan diukur di atas timbangan. Skala atau ukuran timbangan duduk berkisar antara 1 kg sampai 500 kg. Timbangan ini memiliki beberapa kapasitas berat bergantung dari penggunaannya.

Timbangan duduk dengan batas maksimal 2 kg digunakan untuk menimbang kebutuhan sembako seperti beras, telur, sayur, daging dan lain-lain. Timbangan dengan batas 20 kg digunakan untuk menimbang bahan makanan juga, namun dalam skala besar.

Timbangan Gantung

photo : google

Kemudian ada timbangan gantung. Timbangan ini digunakan dengan cara menggantung objek yang akan ditimbang pada pengait yang telah terhubung dengan skala timbangan.

Prinsip kerja timbangan ini memakai pegas, jadi ketika pengait tertarik ke bawah karena berat objek, maka pegas akan melar dan dapat menunjukkan berat objek tersebut. Timbangan ini terdapat dalam bentuk digital dan manual, dimana bentuk digital lebih teliti dibandingkan dengan yang manual.

Selain itu, masih ada banyak jenis timbangan yang bisa digunakan untuk mengukur atau menimbang barang.

Nah itulah tadi jawaban dari 150 gram berapa sendok makan, 50 gram berapa sendok makan, 100 gram gula berapa sendok makan dan 1 sendok teh berapa gram. Semoga semakin membantu kamu!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.