Olahraga Golf Digandrungi Oleh Kalangan Atas ? Cek Faktanya

Olahraga
Sumber : KoinWorks

Olahraga dilakukan dalam rangka agar tubuh sehat. Olahraga pula dijadikan investasi masa depan untuk tubuh, karena jika tubuh sehat, maka akan mempermudah seseorang untuk melakukan rutinitas.

Olahraga tidak membutuhkan uang banyak ya, Girls, karena dengan kamu jogging setiap pagi juga termasuk olahraga. Meskipun tidak bisa dipungkiri bahwa ada olahraga yang membutuhkan uang yang banyak.

Bahkan olahraga ini dianggap sebagai olahraga yang hanya bisa dilakukan oleh orang kaya. Golf Namanya. Golf dikenal sebagai olahraga orang kaya. Kok bisa, ya ? Bagaimana sejarahnya ? Simak Faktanya, girls.

Sekelumit Sejarah Golf Indonesia

Menurut catatan sejarah, Batavia Golf klub adalah klub golf pertama yang didirikan di Indonesia pada tahun 1872.

Pendirinya Mr. A. Gray dan Mr. T.C Wilson. Saat itu jumlah anggotanya ada 16 orang. Lokasi awal berada di Jakarta, tepanya di Kawasan Gambir yang dahulu Bernama Koningsplein.

Bukti bahwa permainan golf berada di Koningsplein adalah literatur dari The Annual Golfing volume 13, catatan A. Gray presiden pertama perkumpulan Batavia Golf klub mengatakan, “lapangan dengan jumlah 9 hole yang bervariasi dari 210 hingga 450 yard, 36 par berada di King’s Park”.

King’s Park sendiri merupakan istilah untuk Koningsplein. Ini menjadi fakta yang membuktikan

bahwa Batavia Golf klub sebagai sebuah klub telah berdiri sejak tahun 1872 dengan lapangan golfnya berada di Koningsplein atau Gambir.

Saat masih di Koningsplein, Batavia Golf klub sempat vakum selama 20 tahun. Pada agustus 1894, rapat yang diadakan di rumah konsulat Inggris, Mr. K.A Stevens, klub Batavia Golf klub kembali bangkit. Kala itu segala sesuatunya ditata dengan baik hanya dalam waktu 10 hari, jumlah anggota meningkat menjadi 32 orang dan Mr. S. R Lankester dipilih menjadi presiden perkumpulan Perkembangan Batavia yang pesat dari waktu ke waktu menuntut perluasan daerah.

Batavia Golf klub sendiri kemudian seiring dengan perkembangan kota Batavia mulai berpindah tempat.

Pada tahun 1911, Batavia Golf klub pindah ke daerah Bukit Duri, Jakarta dan kemudian pindah lagi ke daerah Rawamangun sejak tahun 1937 hingga saat ini.

Alasan Golf Identik Dengan Olaharaga Orang Kaya

Hal ini dikarenakan masuk lapangan golf membutuhkan uang yang banyak. Dilansir dari tempo.com, Golf Division Manager Map Aktif Adiperkasa Tbk, Marina Saragih, mengatakan seperangkat peralatan golf The New XXIO eleven yang baru saja dirilis harganya Rp 38 juta.

Harga satuan untuk driver misal XXIO Elevenia  harganya Rp 8,5 juta, Fairway Wood Rp 5,1 juta, hybrid Rp 3,6 juta, iron graphite Rp 19,9 juta. Cukup Fantastis bukan, Girls ?

Di Asia saja sudah 20 juta stik XXIO terjual. Apalagi, produk baru yang dipasarkannya, The New XXIO Elevenia, diperuntukkan bagi pegolf usia 40 tahun ke atas.

Sementara produk lain yang juga diluncurkan, The New XXIO X, lebih menjangkau pegolf pemula dan lebih muda.Karena dilapangan golf,sekali masuk kelapangan golf cukup mahal sekitar 5 juta

Untuk mengasah kemampuan golf membutuhkan waktu yg cukup lama. Permainan golf sangat sulit karena mengasah skill yg cukup tinggi. Untuk mampu menjadi pemain golf butuh pelatih, dan pelatih berasal dari orang-orang yang memang punya fokus di golf yang tentunya upahnya  tidak sedikit.

Alasan diatas yang membuat golf menjadi olahraga yang mahal, karena ia memerlukan skill dan pengetahuan lebih daripada olahraga lain.

Meski tujuannya cukup sekadar memasukkan bola ke dalam lubang, tapi praktiknya tidak semudah yang dilihat.

Gimana girls, apakah kamu tertarik untuk bermain golf dengan gaji umr ?

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.