Apa yang Dimaksud Dengan Ide Pokok? Ini Penjelasannya!

Apa yang dimaksud dengan ide pokok? 

Dalam sebuah tulisan ataupun kalimat pastinya mempunyai sebuah ide pokok atau gagasan utama yang ada di dalamnya. Gagasan atau ide pokok ini berguna untuk menentukan kemana arah kalimat akan berlangsung.

Pelajaran mengenai ide pokok dan gagasan dalam sebuah kalimat pasti sudah parnah didapatkan selama menempuh pendidikan di sekolah. Namun buat kamu yang masih bingung dengan ide pokok dan ciri cirinya, ulasan dibawah ini akan menjelaskan pengertian ide pokok dan juga ciri cirinya. Selain ide pokok, ada beberapa pengertian lain yang akan dibahas dalam ulasan dibawah.

Apa yang dimaksud dengan ide pokok?

photo : google

Apa sih yang dimaksud dengan ide pokok? Ide adalah sebuah rancangan yang tersusun di dalam sebuah pikiran, dan bisa juga disebut sebagai gagasan. Ide pokok adalah sebuah ide yang disampaikan oleh penulis tulisan dalam sebuah pokok bahasan di dalam paragraf. Ide pokok mempunyai nama lain seperti gagasan pokok, gagasan utama atau juga bisa pikiran utama.

Ide pokok menjadi hal yang penting dalam suatu paragraf. Dengan adanya ide pokok akan memberikan informasi yang sangat penting untuk siapa saja yang membaca tulisan tersebut. Ide pokok juga berguna untuk membantu penulis untuk bisa mengembangkan sebuah alur tulisan. Keberadaan ide pokok akan didukung oleh gagasan penjelas lainnya.

Ide pokok biasanya hanya ditemukan sekali saja dalam sebuah kalimat. Biasanya ide pokok terletak di awal kalimat. Namun perlu kamu ketahui bahwa kalimat pertama belum tentu adalah ide pokok.

Ciri ciri ide pokok

Bagaimana sih ciri ciri dari ide pokok untuk bisa membedakan dengan kalimat lainnya? Dalam sebuah jurnal yang berjudul “Kemampuan Menentukan Ide Pokok Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas VIII SMP N 1 Bone Bone, Kabupaten Luwu Utara” yang dibuat oleh Marchella praserda di tahun 2018, dijelaskan bahwa ide pokok mempunyai beberapa ciri ciri, yaitu sebagai berikut :

1. Keberadaannya tidak berbelit

Ciri ciri yang pertama adalah ide pokok keberadaannya tidak berbelit. Ide pokok yang ada di dalam paragraf tidak boleh berbelit belit tulisannya. Hal ini dimaksudkan agar makna dari ide pokok tidak boleh sempit namun juga tidak boleh terlalu luas. Ini berfungsi agar pembaca bisa dengan mudah menangkap apa yang dimaksud ide pokok tersebut.

2. Dinyatakan secara jelas

Ciri yang kedua adalah ide pokok harus ditulis atau digambarkan dengan lebih jelas oleh penulis. Selain itu hal yang akan disampaikan atau inti dari gagasan tersebut bisa dinyatakan dengan jelas.

3. Bersifat umum

Ciri yang ketiga adalah bersifat umum. Artinya adalah bahwa suatu ide pokok akan dijelaskan dan bisa dijabarkan kembali.

4. Mempunyai kalimat pendukung

Lalu ide pokok mempunyai ciri yaitu mempunyai kalimat pendukung. Ide pokok harus mempunyai kalimat pendukung. Kalimat pendukung ini berguna untuk memberikan penjelasan lebih lanjut terkait dari ide pokok sebelumnya sehingga paragrafnya akan menjadi lebih padu.

5, Fungsi ide pokok

Ciri yang terakhir adalah fungsi ide pokok. Ide pokok berfungsi untuk memudahkan pembaca dalam mengetahui inti atau pokok bahasan paragraf yang dibaca.

Apa yang dimaksud dengan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi?

photo : google

Ada banyak sekali hal hal dalam penulisan yang mungkin saja belum kamu ketahui. Salah satunya adalah hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi. Apa sih maksudnya?

Hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi adalah sebuah hubungan yang dibentuk atas sebuah kejadian atau sebab dan juga dampak atau akibat dari kejadian tersebut.

Teks eksplanasi adalah jenis teks yang menceritakan prosedur atau proses terjadinya fenomena dengan memaparkan fakta dan juga pernyataan yang mempunyai hubungan sebab akibat.

Terdapat 2 konjungsi yang bisa membuktikan suatu teks masuk ke dalam teks eksplanasi, yaitu :

  • Konjungsi Kausalitas. Konjungsi ini adalah sebuah kata hubung yang menunjukkan sebab akibat. Contohnya adalah antara lain, sebab, karena, oleh sebab itu, sehingga dan lain lain.
  • Konjungsi Kronologis. Konjungsi ini adalah sebuah kata hubung yang menunjukkan hubungan waktu. Contohnya adalah kemudian, lalu, setelah itu, pada akhirnya dan lain lain.

Nah dari sini kita tahu kan bahwa kausalitas dalam teks eksplanasi mempunyai sebuah hubungan yang terbentuk dari sebuah kejadian.

Apa yang dimaksud dengan kalimat utama?

photo : google

Setelah mengetahui pengertian dari ide pokok dan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi, kita masuk ke penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan kalimat utama.

Kalimat utama adalah sebuah kalimat yang mengandung ide pokok atau pikiran utama dari suatu paragraf. Biasanya isi dari kalimat utama lebih mengacu kepada apa yang akan dibicarakan dalam suatu paragraf dan dijelaskan oleh kalimat penjelas. Kalimat utama mempunyai peran yang cukup penting karena bisa dijadikan sebagai dasar kalimat penjelas berikutnya.

Ciri kalimat utama

Sama seperti ide pokok, kalimat utama juga mempunyai ciri cirinya, yaitu sebagai berikut :

  • Mengandung permasalahan atau ide yang dapat diuraikan.
    Kalimat utama adalah kalimat pengantar dari sebuah paragraf atau tulisan teks yang mengandung sebuah ide yang dituliskan penulisnya.
  • Berupa kalimat lengkap yang berdiri sendiri.
    Kalimat utama merupakan kalimat yang bisa berdiri sendiri. Maksudnya, kalimat utama ada kaitannya dengan kalimat yang sebelumnya dan juga setelahnya.
  • Mempunyai arti jelas tanpa dihubungkan kalimat lain.
    Ciri kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya ada pokok pikiran atau inti permasalahan yang jelas. Adanya kalimat penjelas hanya digunakan sebagai kalimat pelengkap saja dari kalimat utama.
  • Kalimat utama bersifat umum.
    Dan ciri yang terakhir adalah kalimat utama bersifat umum. Kalimat utama adalah kalimat yang berisikan inti informasi umum. Di dalam kalimat ini juga ada sebuah gagasan atau permasalahan yang mampu dijelaskan.

Apa yang dimaksud dengan redistribusi pendapatan?

apa yang dimaksud dengan ide pokok
photo : google

Lalu apa sih yang dimaksud dengan redistribusi pendapatan? Redistribusi pendapatan adalah pendistribusian kembali pendapatan masyarakat kelompok kaya kepada masyarakat kelompok miskin. Baik yang berasal dari pajak ataupun pungutan pungutan lainnya.

Redistribusi pendapatan dilakukan sebagai bentuk jaminan sosial yang dilakukan negara kepada masyarakat. Redistribusi pendapatan dalam perekonomian terbagi menjadi 2 bentuk, yaitu :

1. Redistribusi Vertikal

Redistribusi vertikal adalah redistribusi pendapatan yang merujuk kepada transfer uang dari orang yang mampu ke orang yang kurang mampu. Redistribusi penapatan vertikal adalah bentuk dukungan yang dilakukan masyarakat, yang mempunyai ekonomi kuat ke masyarakat dengan ekonomi rendah.

2. Redistribusi Horizontal

Sedangkan redistribusi horizontal adalah redistribusi pendapatan yang berupa transfer uang antar kelompok dan antar pribadi. Contohnya adalah transfer uang dari kelompok remaja ke orang tua dan lain lain.

Contoh redistribusi pendapatan

Jika kamu masih bingung dengan maksud redistribusi pendapatan, kamu bisa melihat beberapa contoh dibawah ini!

  • Pengenaan Pajak. Hal ini mencari salah satu cara pemerintah dalam redistribusi pendapatan.
  • Subsidi. Subsidi bisa berbentuk potongan harga atau juga bisa berupa tambahan modal pada produsen.

Selain kedua contoh tersebut masih banyak contoh penggunaan redistribusi pendapatan yang bisa kamu pelajari.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan ide pokok, apa yang dimaksud dengan kalimat utama, apa yang dimaksud dengan redistribusi pendapatan dan juga penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi. Dari sini kamu bisa mendapatkan banyak informasi yang mungkin kamu butuhkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.