Idealnya Negara Maju Dan Daftar Negara Maju Yang Ada Dunia

negara maju
Sumber : DetikTravel

Negara maju adalah sebutan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata.

Negara-negara tersebut digambarkan sebagai suatu negara yang modern, kehidupanpenduduknya sejahtera, menguasai Iptek, kota-kotanya  indah, dan sebagainya. Selain itu,negara-negara itu juga berperan dalam memberikan bantuan kepada negara-negara lain sebagai negara donor.

Negara-negara tersebut sering disebut sebagai negara maju.

Untuk menggolongkan negara-negara di dunia ini ada beberapa macam tolok ukur yang digunakan, antara lain berdasarkan pada sistem politiknya, misalnya negara-negara sosialis  dan  negara-negara  kapitalis.

Ada  juga  pengelompokan  menurut  bentuk pemerintahannya, seperti negara-negara monarkhi, republik, dan serikat.

Terdapat penggolongan  terhadap negara-negara yang didasarkan atas perekonomian ataupun kemajuan teknologinya, yaitu negara maju dan negara berkembang.

Negara  maju  adalah  negara-negara  yang  kaya  (developed)  negara  maju  adalah  negara-negara  industri  yang  sudah  mampu/berhasil dalam berbagai bidang. Corak dari negara-negara ini adalah negara dengan corakekonomi pasar. Beberapa negara yang tergolong dalam negara ini adalah: Amerika Serikat,negara-negara di Eropa Barat, Jepang, dan Korea Selatan. Negara-negara ini tergolongnegara bercorak ekonomi kapitalis

Negara maju juga bisa disebut  untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata. Hal tersebut membuat rakyatnya memiliki kualitas hidup dan tingkat kesejahteraan yang tinggi.

Di kawasan Asia terdapat beberapa negara maju seperti Jepang, Australia, Korea Selatan dan Selandia Baru.

Ciri – ciri negara maju

1) Sumber Daya Alam dimanfaatkan secara optimal

2) Dapat mengatasi masalah kependudukan.

3) Tingkat dan kualitas hidup masyarakat tinggi

4) Ekspor yang dilakukan ialah ekspor hasil industri dan jasa

5) Tercukupinya penyediaan fasilitas umum

6) Kesadaran hukum, kesetaraan gender, dan penghormatan terhadap Hak Asasi Manusia dijunjung tinggi

7) Tingkat pendidikan relatif tinggi

8) Standar hidup tinggi.

9)  Keadaan kuantitas dan kualitas makanan baik.

10)  Modal negara melebihi kebutuhan.

11) Tidak bergantung pada negara lain

12) Tingkat pendapatan penduduk relatif tinggi

13) Tingkat kesehatan sudah baik

Karakteristik Negara Maju

Berdasarkan sifatnya, Secara umum yang bisa kita lihat dari kondisinya saat ini, negara maju adalah negara yang sudah memiliki teknologi tinggi dan tingkat ekonomi yang sudah merata. Selain itu, negara maju juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan bisa pula dilihat dari kekuatan militernya.

Negara maju pada umumnya memiliki ketertarikan yang tinggi pada kerjasama antar negara, sehingga bisa kita lihat bahwa terbentuknya organisasi-organisasi Internasional, banyak beranggotakan negara maju. Negara maju memiliki kesadaran, bahwa kerjasama dapat menguntungkan setiap pihak, misal dalam tujuan bentuk kerjasama meningkatkan ekonomi , maupun perdamaian.

Negara Maju di Benua Asia

Singapura

Jepang

Hong Kong

Korea Selatan

Israel

Taiwan

Negara Maju di Benua Eropa

Austria

Denmark

Estonia

Belgia

Perancis

Republik Ceko

Yunani

Irlandia

Luksemburg

Italia

Belanda

Portugal

Rusia

Swedia

Spanyol

Monaco

Malta

Slovenia

Norwegi

Siprus

Vatikan

Negara Maju di Benua Amerika

Kanada

Amerika Serikat

Negara Maju di Benua Australia dan Oceania

Australia

Selandia Baru

Negara Maju di Benua Afrika

Berdasarkan laporan terkini, benua ini masih dikategorikan tertinggal dari benua lain. Karena negara-negara di dalamnya masih termasuk miskin.

Sehingga tak ada satupun negara maju di benua Afrika. Dahulu negara Libya pernah menjadi negara maju. Namun usai gejolak politik di sana, negara Libya tak dimasukan lagi dalam daftar negara maju.

Dilansir dari Kompas.com, Menurut Amerika Serikat (AS) lewat Kantor Perwakilan Perdagangan atau Office of the US Trade Representative (USTR) di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), tak lagi memasukkan Indonesia sebagai negara berkembang. Artinya, Indonesia yang menurut AS kini berstatus negara maju, tak lagi mendapatkan perlakukan istimewa dalam perdagangan.

Selama ini, negara-negara yang menyandang status negara berkembang mendapatkan keistimewaan bea masuk dan bantuan lainnya dalam aktivitas ekspor-impor.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.