Alasan Wajib Militer Di Korea Harus Diikuti Laki-laki

Wajib Militer
Sumber : Beautynesia

Wajib militer yang dilakukan di Korea Selatan sesuatu yang wajib dilakukan kepada warga laki-laki yang berusia 18 hingga 28 tahun.

Sebelum undang-undang direvisi, umur laki-laki yang wajib mengikuti wajib militer maksimal 30 tahun.

Read More

Undang-undang pendaftaran militer mengalami perubahan pada 2018, isi dari perubahan undang-undangnya menyatakan bahwa usia maksimal seorang laki-laki melakukan wajib militer di Korea menjadi umur 28 tahun.

Setelah peraturan ini dibuat, laki-laki di Korea Selatan yang berusia lebih dari 28 tahun tidak dapat lagi menunda pendaftaran wajib militernya karena alasan seperti sedang sekolah pascasarjana, saudara kandungnya juga berada di militer, atau sedang menjadi ambassador tertentu.

belum lama ini telah mengesahkan undang-undang (UU) baru yang memungkinkan artis K-pop berprestasi, termasuk BTS untuk menunda wajib militer (Wamil) hingga usia 30 tahun.

Wajib militer bersifat wajib bagi laki-laki korea

Wajib militer yang dilakukan di korea bersifat wajib, yang ditoleransi dari wajib militer adalah penundaan saja.

Yang mendapatkan dispensasi untuk menunda mengikuti wajib militer berlaku bagi selebriti tingkat dunia yang telah membantu mengangkat status perekonomian dan budaya negara Korea Selatan.

Sebelumnya, tidak ada satu orang pun yang memenuhi ketentuan UU diperbolehkan untuk tidak mengikuti Wamil, kecuali bagi musisi dan atlet terkenal diperbolehkan menunda hingga usia 28 tahun saja.

Dilansir dari tirto.com,  perjalanan internasional untuk laki-laki dibatasi menjadi 25-27 tahun saja. Selama itu, mereka hanya diizinkan melakukan lima perjalanan internasional, dengan masing-masing perjalanan maksimal selama 6 bulan, dan total perjalanan tidak boleh melebihi 25 bulan.

Alasan Mengapa Korea Ada Wajib Militer

Alasan yang mendasari kenapa warga laki-laki di Korea Selatan harus menjalani wajib militer adalah terdapat ancaman berkelanjutan dari Korea Utara terhadap Korea Selatan mengenai serangan senjata nuklir.

Jika Kembali ke sejarah,  konflik Korea di tahun 1950-1953 berakhir dengan gencatan senjata dan bukannya perjanjian damai, membuat kedua negara tersebut masih bersitegang, demikian dilansir South China Morning Post.

Wajib militer ini bertujuan untuk mempertimbangkan situasi keamanan di Korea Selatan pasca terpecahnya semenanjung Korea menjadi dua bagian, yaitu Korea Utara dan Korea Selatan.

Sedangkan, beberapa divisi yang bisa dimasuki untuk pelatihan wajib militer sendiri adalah Angkatan Darat (21 bulan), Angkatan Udara (24 bulan), dan Angkatan Laut (23 bulan).

Selain itu, peserta wajib militer juga bisa memilih bertugas sebagai polisi (21 bulan), atau sebagai pemadam kebakaran (23 bulan), demikian dilansir The Korea Herald.

Akan tetapi, baru-baru ini, presiden Korea Selatan, Moon Jae In memiliki rencana untuk mengurangi durasi wajib militer di Angkatan Darat dari 21 bulan menjadi 18 bulan pada tahun 2022.

Hal tersebut didasari oleh usaha Korea Selatan untuk meredakan ketegangan lintas perbatasan setelah KTT antar-Korea yang dilaksanakan pada April dan Mei 2018 lalu. Jika rencana ini bisa diterapkan, maka pengurangan durasi tersebut akan berlaku untuk peserta yang masuk wajib militer di Angkatan Darat tahun 2020.

Hal ini berbeda dengan Indonesia yang tidak terdapat  wajib militer seperti negara Korea Selatan, Korea Utara, China, Thailand, Singapura, dan Thailand.

Alasan mengapa Indonesia tidak ada wajib militer disampaikan Menteri Pertahanan, Prabowo. Prabowo  menegaskan tak ada wajib militer dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) untuk Pertahanan Negara.

Meskipun dulu pernah ada rancangan erlu diketahui bahwa pemerintah Indonesia pernah membuat Rancangan Undang-Undang (RUU) Wajib Militer dan dibawa dalam pembahasan DPR pada 2013 lalu.

RUU Wajib Militer tersebut tampak bakal terealisasi karena sudah digarap dengan serius. Tetapi ternyata RUU Militer dibatalkan dengan beberapa alasan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.