Mandi Setelah Makan, Apakah Mitos Yang Dilanggengkan ? Begini Faktanya

mandi
Sumber : detikHealth

Konon katanya mandi setelah makan tidak dibolehkan karena berbahaya bagi tubuh.

Kok bisa, ya ? Memang apa hubungannya mandi dan makan ?

Read More

Mandi dan makan bukankah merupakan dua hal yang berbeda ? Bagaimana hubungannya ?

Mandi Setelah Makan, Apakah Mitos Yang Dilanggengkan ? Begini Faktanya

Mandi dan Makan

Mandi merupakan aktivitas rutin yang dilakukan dalam rangka membersihkan diri sebagai bentuk perawatan kulit harian yang memberikan begitu banyak manfaat. Kegiatan ini tampaknya sepele karena semua orang melakukannya setiap

Mandi menjadi  aktivitas  yang berhubungan langsung dengan kondisi fisik luar tubuh. Mandi itu sendiri pun tidak memiliki efek samping atau komplikasi yang membahayakan diri Anda.

Jika menghubungkan setelah makan tidak boleh mandi tidak saling berhubungan sama sekali, sebab makan merupakan aktivitas harian yang terutama berhubungan langsung dengan fungsi organ-organ dalam tubuh.

Jadi mitos mandi setelah makan berbahaya tidak perlu lagi Anda percayai dan khawatirkan dampaknya. Mandi setelah makan tidak membahayakan tubuh dalam cara apa pun.

Tetapi mitos itu tidak tiba-tiba datang, Girls. Berikut rangkuman dari Girlisme tentang alasan mitos mandi setelah makan tidak dibolehkan.

  1. Pembesaran pembuluh darah

Menurut beberapa pakar kesehatan, langsung mandi tanpa memberi jeda terlebih dahulu setelah makan ternyata bisa berpotensi menyebabkan vasolidatasi.

Vasolidatasi adalah kondisi pelebaran pembuluh darah yang otomatis akan mempengaruhi aliran darah.

Hal itu dikarenakan metabolisme tubuh kita umumnya akan meningkat seusai makan. Hal ini ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh kita.

Kalau teman-teman langsung membahasai tubuh dengan air dingin ketika suhu saat mandi, tubuh kita akan mengalirkan darah lebih banyak ke kulit.

Ini berarti, aliran darah yang seharusnya dibutuhkan proses pencernaan makanan justru mengalir ke kulit tubuh kita selama mandi. Akibatnya, proses cerna ini bisa melambat atau tertunda.

  1. peningkatan aliran darah ke kulit

Saat mandi, tubuh kita akan mengalirkan darah lebih banyak ke kulit.  Hal ini membuatproses pencernaan makanan justru mengalir ke kulit tubuh kita selama mandi.  Akibatnya, proses cerna ini bisa melambat atau tertunda.

Orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu dan memiliki sistem peredaran darah buruk bisa saja mengalami pingsan karena kondisi ini bisa berpotensi menghambat aliran darah menuju otak. darah ke kulit

Orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu dan memiliki sistem peredaran darah buruk bisa saja mengalami pingsan karena kondisi ini bisa berpotensi menghambat aliran darah menuju otak

Hal-hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan

Ada banyak hal yang orang lain katakan kepada Anda apa yang harus Anda lakukan dan tidak boleh dilakukan setelah Anda makan.

Memang ada beberapa hal yang benar, tetapi ada juga yang salah. Berikut adalah beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan setelah Anda makan.

  1. Langsung pergi tidur

Banyak orang yang makan larut malam dan langsung pergi tidur setelahnya. Ini dapat mengakibatkan makanan yang masih dicerna di lambung untuk naik lagi ke kerongkongan.

Terutama bagi mereka yang asam lambungnya sering naik, tidur pun menjadi tidak nyaman karena Anda merasa dada dan perut Anda seperti terbakar.

  1. Merokok setelah makan

Mungkin terasa sangat biasa untuk merokok setelah Anda makan. Sebab banyak orang yang merokok setelah makan adalah sesuatu yang harus dilakukan, hal itu dirasakan sebagai sesuatu yang nikmat.

Merokok itu sendiri sudah tidak baik untuk kesehatan. Namun efek buruknya bisa berlipat ganda terlebih jika Anda mengidap gastritis, kolitis, dan irritable bowel syndrome.

 

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.