3 Waktu Yang Tidak Diperbolehkan untuk Tidur

Tidur
Sumber : Halodoc

Tidur adalah kebutuhan setiap orang, apalagi kalau kita banyak aktivitas, maka tidur menjadi hal yang harus dilakukan.

tetapi ada lho girls, tidur yang tidak diperbolehan pada waktu-waktu tertentu. Simak  berikut

Setelah Sholat Subuh atau diawal Pagi

Tidur pada saat selesai sholat subuh tidak dibolehkan sebagaimana yang diungkapkan oleh Ibnu Qayyim al-Jauziyyah, bahwa sampai-sampai menempatkan hukum tidur sehabis subuh sebagai makruh.

Makruh berarti sesuatu itu sangat kurang direkomendasikan, bahkan tidak direkomendasikan sama sekali, sekalipun tidak terlarang.

Akan jauh lebih baik jika setelah sholat subuh kita hendaknya dalam keadaan sadar dan lebih baik melaksanakan aktivitas di pagi hari dengan hal yang bermanfaat, baik bekerja maupun belajar

Dilansir dari Yoursay.com,  jika kamu ketahui lebih seksama, tidur dipagi hari sangat berdampak negatif bagi kesehatan tubuh. Jika kamu langsung tertidur, semua oksigen akan mengalir ke perut untuk mencerna makanan. Jumlah oksigen di otak juga akan berkurang dan makanan yang tidak tercerna secara optimal akan kembali dari lambung ke kerongkongan.

Setelah makan

Secara kesehatan,  setelah makan dilanjutkan tidur tidak dibolehkan.  Makan dilanjutkan tidur setelah makan berisiko menyebabkan beberapa masalah kesehatan berikut ini:

  • Obesitas

Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang sering tidur setelah makan dapat mengalami peningkatan berat badan yang cukup signifikan. Hal ini diduga akibat lambatnya metabolisme tubuh dan kurangnya aktivitas untuk membakar kalori dari makanan yang dikonsumsi. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, lama-kelamaan bisa menyebabkan obesitas.

  • Meningkatkan risiko penyakit asam lambung

Tidur atau berbaring setelah makan tidak baik untuk kesehatan lambung, terutama setelah makan dalam porsi banyak sekaligus.

Langsung tidur setelah makan kenyang akan menyebabkan tekanan di dalam lambung meningkat, sehingga makanan dan cairan lambung dapat naik kembali ke kerongkongan. Jika ini terjadi terus-menerus, dapat menimbulkan penyakit asam lambung (GERD).

  • Meningkatkan risiko insomnia

Tidur setelah makan di siang atau sore hari bisa membuat Anda sulit tidur di malam hari. Jika terus dibiasakan, lambat laun Anda bisa terkena gangguan tidur atau insomnia.

Tips Mencegah Tidur Setelah Makan

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa kantuk agar tidak mudah tidur setelah makan, yaitu:

Konsumsilah makanan sehat yang bergizi seimbang. Kurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung gula, lemak, dan karbohidrat.Kurangi porsi makan, tetapi tingkatkan frekuensinya menjadi lebih sering, Perbanyak minum air putih.

Jangan berbaring setelah makan.

Rutin berolahraga, minimal 20–30 menit per hari. Lakukan aktivitas fisik ringan setiap habis makan agar tidak mengantuk.

Apabila setelah melakukan tips di atas Anda masih juga mengantuk dan ingin langsung tidur setelah makan, cobalah berkonsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan. Hal ini untuk memastikan bahwa kebiasaan tidur setelah makan yang Anda alami bukan disebabkan oleh suatu penyakit.

setelah sholat ashar menjelang magrib

Dalam masalah medis, ternyata tidur menjelang magrib bisa menyebabkan terganggunya sistem metabolisme dan menurunkan daya tahan tubuh. Hal ini memicu penurunan produksi insulin pada tubuh, sehingga mengganggu siklus alami tubuh yang bisa memengaruhi produksi insulin.

Dikatakan pula, proses tidur di sore hari bisa memengaruhi kadar gula darah dan memprovokasi diabetes.

Dimana penyebabnya dipicu oleh menurunnya produksi insulin dalam tubuh. Ini akibat dari kondisi tubuh yang tidak banyak bergerak.

Selain itu, tidur terlalu sore juga akan mengganggu siklus alami tubuh. Akhirnya, pada kondisi tersebut pun akan berisiko diabetes.

Dipercaya atau tidak, efek tidur pada menjelang maghrib akan menyebabkan linglung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.