Ikigai : Seni Memaknai Hidup Ala Jepang Yang Harus Kamu Tiru

Ikigai
Sumber : Medium

Pernahkah kamu mendegar kata ikigai ?

Ikigai dikenal sebagai motivasi hidup yang terkenal di Jepang. Konon katanya saat kita merasa pada fase di hidup yang membosankan, ikigai menjadi solusi.

Read More

Ikigai sebagai seni menikmati hidup ala jepang yang memberikan dampak baik terhadap negara jepang, seperti motivasi hidup tinggi yang diperoleh negaranya.

Kondisi yang melelahkan, membosankan, kehilangan semangat, ikigai menjadi salah satu solusi yang harus dicoba oleh masyarakat.

Mari simak artikel berikut untuk memahami apa itu Ikigai

Mengenal Ikigai

“Ikigai”yaitu mencapai kehidupan yang bermakna, yang membuat orang melangkah maju ke masa depan.

Ikigai berasal dari kepercayaan masyarakat jepang terhadap motiviasi dalam hidup. Masyarakat Jepang percaya dengan menumbuhkan Ikigai dalam hidup, mereka akan menemukan makna dalam kehidupan yang dijalani.

Falsafah Ikigai dipakai di beberapa tempat di Jepang terutama di Okinawa.

Jepang menjadi negara dengan tingkat harapan tinggi kedua, terutama untuk perempuan. Negara jepang memiliki banyak fasilitas yang membuat para rakyatnya menikmati hidupnya, hal ini dapat dilihat dari fasilitas yang diberikan negara seperti fasilitas Kesehatan, kebiasaan hidup yang bersih sampai tersedianya layanan Kesehatan yang diberikan kepada manula.

Memaknai hidup yang dimiliki oleh orang jepang memakai pespektif Ikigai dapat dilihat dari hal-hal kecil, misalnya  seseorang  bangun di pagi hari. Kita melihat sesuatu ini sebagai hal yang biasa, tetapi itlah ikigai, makna ada di setiap hal-hal kecil.

Misalnya, menikmati matahari terbit, minum kopi pahit yang hangat, memasak makanan untuk disantap bersama keluarga, ataupun hal-hal sederhana lainnya yang tanpa kita sadari dapat membuat hati ini bersemangat dan bahagia saat melakukannya.

Seseorang yang menerapkan Ikigai akan tahu alasan mereka harus bangun pagi, harus memperjuangkan sesuatu, dan mereka memiliki harapan. Jika kita hidup tanpa mengetahui Ikigai, hidup akan terasa sepi tanpa makna.

Ada empat elemen kunci yang  membentuk konsep Ikigai.

Ketika elemen  tersebut digabungkan, maka terbentuklah  Ikigai atau tujuan hidup. Diantaranya passion, misi, profesi , dan  pekerjaan

Passion

Menurut Vallerand serta Houlfard, passion merupakan kecenderungan yang kuat terhadap suatu aktivitas yang digemari oleh seseorang.

Sesuatu yang membuat kita bergairah untuk melakukan hal tersebut dan merasa bahagia apabila melakukan hal tersebut, misalnya hobi ataupun kesenangan pribadi.

 Misi

sering juga disebut sebagai panggilan hati, yakni kamu akan merasa terpanggil untuk membantu dan menjalankan apa yang kamu rasa menjadi misi penting dalam hidupmu

Misi bisa saja dianggap sebagai hal-hal yang dibutuhkan oleh lingkungan sekitar kita. Mungkin tidak sesuai dengan passion kita tetapi tidak menutup kemungkinan kita dapat berkontribusi dengan hal-hal kecil yang dapat kita lakukan untuk lingkungan sekitar kita.

 Profesi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, apa yang dimaksud profesi adalah bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian seperti keterampilan dan kejuruan tertentu

Tidak dipungkiri demi bertahan hidup tentunya kita harus mempunyai penghasilan. Vocation adalah sesuatu yang dapat kita lakukan dan menghasilkan suatu pendapatan bagi kita.

Pekerjaan

pekerjaan di sini ialah jenis perbuatan atau kegiatan untuk memperoleh imbalan atau upah. Dengan ciri makna yang demikian, pekerjaan dapat juga disebut mata pencarian atau pokok penghidupan.

Manusia perlu bekerja untuk  mempertahankan hidupnya. Dengan bekerja seseorang akan mendapatkan uang. Uang yang diperoleh dari hasil bekerja tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Oleh sebab itu, uang tersebut harus berasal dari hasil kerja yang halal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.