4 Hal Diluar Tanggung Jawab Kita Sebagai Manusia

Tanggung Jawab
Sumber : Kompasiana

Pernahkah kamu merasa bahwa yang terjadi didalam hidup tidak sesuai ekspetasi. Bahkan hampir semua hal yang terjadi pada dirimu, itu terjadi karena kesalahan kita.

Benarkah memang kita tidak mampu, atau karena kita terlalu mengambil porsi yang bukan milik kita ?

Read More

Hal-hal yang diluar tanggung jawab kita kepada manusia adalah sesuatu yang bukan tanggung jawab kita.

Girls, simak artikel ini untuk mengetahui apa saja yang bukan menjadi tanggung jawab kita sebagai manusia.

Selalu Membahagiakan Semua Orang

Membahagiakan orang lain tentu sah-sah saja, karena di setiap agama pastinya memberikan pemahaman kebaikan dengan memberikan kebahagiaan kepada orang lain.

Tetapi yang menjadi salah  ketika kita ingin membahagiakan orang lain tetapi kita tidak memprioritaskan kebutuhan kita. Sebab jika kita memiliki keinginan untuk membahagiakan orang lain tetapi diri kita tidak bahagia maka hal itu salah

Meskipun kamu sudah berusaha untuk membahagiakan orang lain, tidak semua orang akan bahagia denganmu.  Hei, tetap ingat tidak mungkin kamu dapat memenuhi standar kebahagiaan orang lain.

Selalu mengorbankan Kebahagiaan Orang Lain Bukan Tanggung Jawab kita

Sebelum memiliki keinginan untuk membahagiakan orang lain diatas kebahagiaan kamu, pastikan bahwa tujuanmu ingin membahagiakan orang lain untuk apa. Hal ini dapat membantumu dalam mengambil langkah selanjutnya. Setelah mengetahui alasannya, kamu dapat menyinkronkan langkah yang harus kamu ambil.

Mengetahui hal ini dapat membantu kamu untuk mendapatkan tanggapan dan hasil yang positif. Tentu saja, kamu akan merasa jauh lebih ikhlas melakukannya dan tanpa merasa tidak nyaman.

Selalu bersikap asertif yaitu mengungkapkan apa yang kamu inginkan dapat membantumu dalam mengambil keputusan. Tidak perlu memaksakan diri, bahwa keputusan yang kamu ambil harus dapat membahagiakan semua orang.

Mengubah Orang Lain Menjadi Lebih Baik

ika masih berkenan, ini lanjutannya, semua perkataan dan perbuatan kita (bukan orang lain kepada kita), jika mereka ada berbuat salah, apapun itu pada Anda semisal memaki Anda tanpa alasan yang jelas, perilaku tersebut sepenuhnya tanggung jawab orang itu, bukan Anda. Namun, kenapa masih terlalu banyak diantara kita yang kerap dibuat pusing oleh perilaku orang lain?

Meyakini kalau kita mampu mengubah orang lain adalah resep paling ampuh untuk frustasi. Tidak ada solusi yang bisa ditawarkan pada siapapun tanpa didahului oleh keinginan untuk mendengarkan, menerima dan menjadikan solusi tersebut sebagai pilihan diri. Jadi kenapa harus frustasi saat anjuran tidak didengarkan? Lagi pula, bukankah membosankan jika orang mempunyai sifat dan tindakan yang sama?

Perbedaan cara pandang, tabiat dan tindakan adalah keniscayaan yang indah, keindahan sejati akan tampak saat Anda, saya dan kita bisa menerima sepenuh hati sebagai sesama mahluk Tuhan Sang Maha Pencipta. Belajarlah mencintai tanpa syarat, “Aku akan lebih mencintaimu, asalkan kamu berubah, asalkan kamu sayang padaku, dan banyak syarat lainnya yang menuntut orang lain dengan segala syarat.

Selalu Mengiyakan Permintaan Orang Lain Padahal Keberatan

Mengiyakan permintaan orang lain tanpa mempertimbangkan diri sendiri termasuk bagian dari People Pleaser, orang-orang yang ingin selalu meng-iyakan permintaan orang lain. Dilansir situs konseling James Madison University, disebut bahwa people pleaser adalah orang-orang yang cenderung menyenangkan dan memiliki tendensi untuk menjadi individu paling baik atau paling membantu. People pleaser hampir serupa dengan perilaku “yes man” pada individu yang tidak pernah mengatakan “tidak”

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.