4 Hal Yang Membentuk Masa Depanmu Secerah Warna Putih

Membentuk Masa Depan
Sumber : Ruang Menulis

Setiap orang ingin memiliki masa depan yang baik agar bermanfaat di masyarakat. Selain itu tujuan orang memiliki masa depan yang baik nan cerah tidak bisa dilakukan jika kita tidak tahu caranya.

Membentuk diri menjadi bagian dan upaya yang harus dilakukan agar memiliki masa depan yang cerah. Girlisme akan tips agar kamu memiliki masa depan yang cerah nan baik.

Read More

Berikut 4 Hal Yang Membentuk Masa Depanmu

1. Buku Yang Kamu Baca

Membaca merupakan aspek penting dalam kehidupan. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari membaca, seperti meningkatkan kinerja otak, menambah pengetahuan, dan mengasah daya ingat. Para pakar pun menyetujui bahwa membaca merupakan hal penting dan memiliki dampak yang sangat bagus untuk manusia.

Kebiasaan membaca dapat dimulai sejak usia dini karena anak usia ini memiliki begitu banyak keistimewaan. Pada masa ini anak-anak sedang berada di tahap perkembangan fisik dan psikologis yang sangat pesat. Usia perkembangan anak pada masa ini disebut juga sebagai usia emas (golden age) yang dimulai sejak usia lahir hingga usia enam tahun.

Ada banyak hal yang membuat membaca sangat penting. Beberapa diantaranya adalah melatih otak, membuat kita mampu berkomunikasi dengan baik karena kita memiliki kekayaan kosa-kata yang banyak, membuat tulisan kita menjadi lebih baik, dll.

2. Circle Membentuk Pemikiranmu

Sebagai makhluk sosial, berteman adalah hal yang dibutuhkan, sebab manusia tidak bisa hidup sendirian. Tetapi dalam memilh lingkaran pertemanan juga mempengaruhi aspek kepribadian kita, pikiran yang kita miliki berasal dari pemikiran pertemanan kita,

Dilansir dari Kompasiana.com, Perkembangan sosial-emosional manusia sangat rentan, bagaimana kita merespon melalui emosi kepada tindakan-tindakan sosial, contohnya perlakuan orang tua yang baik dan teratur dalam artian semua tercukupi misalnya materi akan membuat remaja mempunyai arah tujuan apa yang akan dilakukan kedepannya

selanjutnya peran guru di sekolah yang harus mengontrol dan memfasilitasi perkembangan pada remaja, jika semua berperan dengan baik maka remaja tidak akan kehilangan arah tetapi jika sebaliknya akan menimbulkan masalah akibat kurangnya support atau dukungan moral dari lingkungan sekitar ditambah lagi pada masa sekarang yang informasi dengan cepatnya menyebar, berkembangnya teknologi sehingga mempengaruhi aspek lainnya seperti trend, gaya hidup, bahasa yang mempengaruhi kehidupan perkembangan individu.

Meskipun kita mengelak bahwa kita tidak boleh memilih teman, tetapi dalam konteks ini kita menyeleksi pertemanan guna individu yang tidak merugikan masyarakat.

3. Makanan Yang Kamu Makan

pa yang orang masukkan ke dalam tubuh sangatlah mempengaruhi kesehatan dan kehidupannya. Kandungan gizi dari makanan yang masuk ke tubuh sangat menentukan komposisi membran sel, sumsum tulang, darah dan hormon.

Dilansir dari Di tahun 2004, sekelompok ilmuwan di Center for Disease Control and Prevention (CDC) juga telah mengkaji masalah ini dan mencapai kesimpulan yang sama. Makanan yang tidak sehat juga menambah risiko kematian prematur, yaitu karena obesitas (kegemukan) dan diabetes.

Makanan yang sehat adalah makanan mengandung cukup gizi, cukup nutrisi, cukup kalori, bebas dari zat aditif seperti pewarna, perasa, pemanis, zat pengawet dan hormon buatan.

Makanan akan menjadi tidak sehat bila telah bersinggungan dengan penambahan bahan kimia, gula, garam, minyak berbahaya dan kalori yang tidak diperlukan.

Padahal, makanan yang baik dan sehat dapat memperbaiki kesehatan gen tubuh dan juga mengurangi risiko penyakit kronis hingga 80 persen.

4. Diskusi Yang Kamu ikuti

Diksusi yang dimaksud adalah perkara kebutuhan pengetahuan yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Dikatakan diskusi jika terdapat percakapan melibatkan dua orang yang bertujuan bertukar pikiran serta menemukan gagasan atau memecahkan masalah.

Pengetahuan yang diperoleh akan mempengaruhi laku yang dilakukan oleh individu, hal itu dikarenakan diskusi dianggap sebagai  suatu upaya untuk meningkatkan tradisi intelektual. Maka dari itu diskusi akan mempengaruhi cara kita berpikir dan perilaku.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.