5 Cara Membangun Kebiasaan ala Buku Atomic Habits, Buku Yang Wajib Kamu Baca

Membangun Kebiasaan ala Atomic Habits
Sumber : Medium.com

Kebiasaan sudah menjadi bagian dari tradisi untuk orang-orang membangun sesuatu  yang diharapkan untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih baik. Namun, apakah kamu sadar bahwa hal tersebut sebenarnya berangkat dari proses mengindentifikasi kebiasaan sehari-hari?

Anggap saja, resolusimu adalah ingin menjadi penulis. Maka, kamu akan mulai memilah kebiasaan mana yang dinilai tidak efektif untuk mencapai resolusi tersebut, dan kebiasaan baru mana yang bersifat efektif untuk mengggantikannya.

Sayangnya, tidak mudah untuk mengaplikasikannya, bukan? Namun, kabar baiknya ada buku Self Improvement  yang membahas tentang membangun kebiasaan yang baik.

5 cara membangun kebiasaan ala Atomic Habits akan dirangkum dalam artikel ini. Tetapi sebelum itu kita harus tahu cara  mengaplikasikan perubahan gaya hidup.

Perlu diketahui bahwa atomic habits merupakan istilah yang terinspirasi dari atom-atom berukuran kecil, namun mampu membentuk suatu senyawa yang berukuran lebih besar dengan fungsi baru.

Nah, dengan konsep tersebut, atomic habits dijelaskan sebagai rangkaian proses membangun kebiasaan-kebiasaan secara konsisten untuk memperoleh 1% self-improvement setiap harinya dan secara bertahap, membentuk perubahan hidup yang besar.

Dalam buku Atomic  penulisnya adalah James Clear yang memperkenalkan metode atomic habits dalam buku Atomic Habits: An Easy & Proven Way to Build Good Habits & Break Bad Habits (2018).

Terdapat 5 cara membangun kebiasaan menurut Atomic Habits

  1. Butuh 2 menit Rules

Hanya dibutuhkan 2 menit untuk memulai sebuah kebiasaan yang baru. Kegiatan ini dilakukan sebagai rutinitas agar menjadi kebiasaan yang baru. Karena kebiasan yang dilakukan secara konsisten, maka ia akan menjadi ritual dalam hidup.

kebiasaan yang baik adalah melalui implementation intention. Merupakan rencana atau strategi yang mengatur diri sendiri untuk melakukan tindakan sederhana dengan cara membuat rencana.

Perencanaan tindakan tersebut mencakup informasi yang spesifik tentang waktu dan lokasi saat melakukan tindakan. Selain itu, kamu juga bisa membuat implementation intention yang mirip dengan format “if-then plan”.

  1. Habit Stacking

Menyisipkan kebiasaan yang ingin dibangun kebiasaan yang biasa kita lakukan setiap hari. Dilansir dari Money.com, tumpukan habit dapat berhubungan satu sama lain yang dimana untuk membentuk habit baru, kamu tentunya harus terlebih dahulu melakukan habit lama kamu

  1. Proses Pembentukan Kebiasaan

Terdapat beberapa tahap dalam proses pembentukan, antara lain; cue (petunjuk), craving ( gairah), response, reward, komitmen, dilakukan secara bertahap,

  1. Kelilingi diri dengan orang-orang dan hal-hal yang psoitif untuk membangun kebiasaan

Teman menjadi orang  terdekat yang akan merubah kita, entah akan menjadi baik atau tidak tergantung teman. faktor personal atau bawaan dari setiap manusia akan berinteraksi denan lingkungan tempatnya tumbuh dan hal ini akan mempengaruhi bagaimana tumbuh kembang individu tersebut.

Sehingga, untuk mempelajari seorang individu tidak cukup hanya melihat faktor personal dari individu tersebut, akan tetapi penting pula untuk melihat faktor lingkungan dimana individu tersebut tumbuh

  1. Salah satu hal yang harus kita lawan adalah melakukan hal yang terbaik dari versi kemarin.

Setiap manusia akan berubah dan hal itu adalah sesuatu yang pasti. Salah satunya mennjadi versi terbaik diri sendiri, tanpa mengikuti standar orang lain, adalah hal yang dibutuhkan oleh semua orang, tak terkecuali kamu. Kamu tidak perlu menjadikan kriteria orang lain sebagai alat untuk mengukur seberapa pantasnya dirimu.

Lebih baik berfokuslah pada potensi yang ada di dalam dirimu. Karena hanya dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki, kamu dapat bertranformasi menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.