14 Mengatur Uang Ala Raditya Dika

Uang
Sumber : Portal Sulut

Mengatur uang merupakan passion yang harus dimiliki oleh semua manusia, sebab jika tak diatur dengan baik, maka uang akan cepat habis dan kita yang pada akhirnya dikerjain uang.

Menemukan cara mengelola keuangan yang sesuai dengan Anda perlu dilakukan sedari dini. Sejak di usia Anda muda dan produktif. Pasalnya, mengelola keuangan secara baik dan sehat diperlukan agar masa depan Anda dapat terjaga dengan baik dan memudahkan Anda dalam mencukupi segala kebutuhan dasar yang sifatnya direncanakan ataupun yang mendadak.

Menemukan cara mengelola keuangan sedari usia muda juga perlu Anda perhatikan, karena menemukan cara atau metode yang sesuai bukanlah hal yang mudah. Diperlukan waktu yang cukup panjang serta usaha yang besar, sehingga Anda pun mendapatkan perasaan independen dalam kondisi finansial Anda.

Dalam mengatur uang pun bukan hanya sekedar pengetahuan yang teoritis, namun pengetahuan yang sangat praksis. Hal ini bisa dibuktikan seberapa banyak uang yang kita miliki tanpa pengetahuan managemen finansial akan kalah dengan orang yang memiliki uang terbatas namun dengan managemen finansial yang sistematis.

Pernah mendengar istilah “uang sedikit cukup, uang banyak kurang” itulah mengapa orang-orang perlu mengatur uang untuk keberlangusungan hidup yang mereka jalani.

Berikut Girlisme akan memberikan 14 tips mengatur uang ala raditya Dika.

  1. Keluarkan uang untuk membeli pengalaman bukan untuk membeli barang
  2. Pelajari instrument investasi dan hubungannya dengan tujuan finansial
  3. Banyak penghasilan bukan berarti banyak pengeluaran
  4. Fokus ke penghasilan, jangan Cuma fokus ke penghematan
  5. Beli barang pikirkan cost per use
  6. Punya budget manajemen keuangan
  7. Usahakan kalau belanja sendirian
  8. Temukan pasangan yang perilakunya terhadap orang sehat
  9. Harus tahu bahwa waktu adalah teman terbaik untuk investasi
  10. Uang keluar harus lebih sedikit dari uang masuk
  11. Mempunyai prinsip jangan berhutang jika mampu
  12. Bayar pajak dan donasi
  13. Hubungan dengan uang adalah sesuatu yang gampang-gampang susah
  14. Kalau bisa, bayar sesuatu dengan cash

Dalam memasuki usia dewasa adalah waktu yang tepat untuk mengatur keuangan secara bijak. Seiring bertambahnya usia juga mengharuskan kita dapat lebih pintar memilih mana yang menjadi kebutuhan ataupun hanya sekadar keinginan.

Semakin besar penghasilan yang didapatkan tidak menentukan seseorang dalam kondisi finansial yang stabil. Jika seseorang tidak dapat mengelola keuangan secara benar, maka mereka akan selalu terjebak dalam gaya hidup yang salah tersebut. Cara mengatur keuangan setiap individu pasti berbeda sesuai dengan kondisi dan kemampuan yang dihadapi.

Seperti itulah cara mengatur keuangan dengan baik dan benar yang dapat Girlisme jalankan. Memang dalam prosesnya tidak mudah, namun tetaplah nikmati proses dan ingat tujuan akhir yang akan dicapai. Selalu semangat dalam menyiapkan masa depan yang lebih baik!

Meski sebagian besar generasi milenial sudah mulai menabung sejak dini, tapi hanya sekian persen dari mereka yang baru berani untuk berinvestasi. Padahal, ada beragam manfaat dan keuntungan yang bisa didapat di kemudian hari jika kita berani untuk berinvestasi.

Pilihan jenis investasi pun sekarang sudah semakin beragam, seperti deposito, reksadana, obligasi, saham, emas, property sampai mengikuti arisan.

Silahkan pilih jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Sebab mencermati keuangan yang kamu merupakan hal yang harus dilakukan semua agar mampu mengola uang yang dimiliki.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.