7 Cara Berpikir Positif Demi Kesehatan Mental

berpikir
Sumber : Kompasiana

Berpikir, masalah dan Manusia adalah  hal berdampingan. Bisa dipastikan bahwa manusia selalu memiliki selama hidup, bagaimana mengatasinya adalah soal lain.

berpikir dengan positif salah satu menghindari penyakit mental. Dalam merealisasikan berpikir positif tidak mudah, tetapi kita harus melakukannya.

Berpikir positif yang diilakukan tidaklah susah, karena ia bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari

Hal yang harus kita pikirkan bahwa ketika kita mampu berpikir positif dapat membantu meningkatkan kualitas hidup. Lalu, bagaimana cara berpikir positif untuk meningkatkan kualitas hidup?

Biasakan untuk bersyukur

Sebelum memulai kegiatan, cobalah setiap pagi bangun dengan menyebutkan hal-hal yang patut disyukuri. Hal-hal seperti keluarga, kesehatan, orang tua yang sehat, pekerjaan, rezeki, hingga rumah dan makanan yang berkecukupan. Dengan memikirkan rezeki yang hadir dalam hidup, maka akan mendorong kamu untuk selalu berpikir positif.

Banyak tersenyum

Ternyata membiasakan diri untuk tersenyum dapat menjadi salah satu cara berpikir positif yang sederhana dan mudah dilakukan. Dengan tersenyum, mood akan meningkat dan membuat pikiran juga lebih tenang. Hal ini sudah terbukti dari penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang tersenyum saat melakukan pekerjaan di bawah tekanan, justru bisa merasa lebih positif. Jadi, mulailah tersenyum untuk memulai kebiasaan berpikir positif!

Ucapkan perkataan positif untuk diri sendiri

Apakah kamu pernah mendengar bahwa musuh terbesar kamu adalah diri kamu sendiri? Hal ini karena kritik terpedas justru biasanya datang dari diri sendiri. Penyebabnya karena kita cenderung sulit mengatakan hal-hal positif pada diri sendiri. Oleh sebab itu, ada baiknya kita mulai berbicara hal positif kepada diri sendiri.

Dengan memulai kebiasaan ini, kamu akan mengurangi kebiasaan beropini negatif kepada diri sendiri. Perubahan kecil ini dapat mempengaruhi mood, pikiran, hingga perilaku kita saat di bawah tekanan. Stop menyalahkan diri sendiri atas segala hal yang terjadi dalam hidup kita.

Lihat sisi baik dari masalah

Saat mendapatkan masalah, jangan langsung melihatnya dari sisi negatif. Apalagi masalah ini mau tak mau akan datang tanpa kita perhitungkan. Jika kita terus menghadapinya dengan pemikiran negatif, tentunya masalah tidak akan pernah selesai. Makanya, mulai sekarang cobalah melihat sisi baik dari masalah yang datang dalam hidup.

Misalnya, pada saat ada yang membatalkan janji,  coba lihat dari sisi baiknya. Kamu jadi bisa memiliki waktu luang untuk beristirahat, melakukan hobi, atau berkumpul dengan keluarga di rumah. Daripada merasa kecewa dan merasa kesal, cobalah fokus pada sisi positifnya.

Sesekali Kamu Boleh Menangis

Menangis merupakan cara yang dilakukan untuk mengeluarkan emosi-emosi negative pada manusia. Dipastikan ketika manusia mampu menyelesaikan dan di sela-sela masalahnya ia menangis, ketenangan nanti akan di dapat, karena itu akan memberikan dampak ia mampu berpikir positif.

Berbuat baik kepada orang lain

Salah satu cara membuka pikiran kita terhadap orang lain adalah dengan berbuat baik. Kadang, kita sering menghakimi orang berdasarkan penampilannya saja dan langsung berfikiran negatif. Padahal, kita belum tentu tahu apa yang ada di dalam hatinya. Karena itu, cobalah berbuat baik kepada orang lain. Selain membuat kita mengubah pikiran menjadi lebih positif, kita bisa membuat diri merasa lebih baik.

Olahraga dan berisitrahat

Hidup tak hanya soal belajar dan bekerja. Sisakan waktu untuk olahraga dan beristirahat. Manfaatkan waktu ini untuk recharge diri sehingga dapat berpikiran lebih positif. Tentunya cara berpikir positif satu ini harus ditunjang dengan jadwal yang fleksibel.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.