Satu Galon Berapa Liter? Intip Jawabannya Disini!

Satu galon berapa liter mungkin masih menjadi pertanyaan dalam benakmu. Galon dalam air kemasan tentunya menjadi salah satu kebutuhan oleh banyak orang. Seperti yang kita ketahui, ada berbagai macam air dalam kemasan yang bisa kita konsumsi setiap hari. Mulai dari yang kemasan kecil hingga kemasan yang besar dengan isi berliter liter.

Air dalam kemasan khususnya dalam kemasan galon menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat untuk bisa memenuhi kebutuhan air mereka. Ada banyak sekali produsen air kemasan yang hadir dengan produk produknya yang berkualitas. Sebut saja salah satu merek paling terkenal adalah Aqua.

Selain itu nyatanya masih banyak air kemasan khususnya galon yang bisa kamu dapatkan. Namun tahukah kamu bahwa ternyata galon bukanlah sebuah nama wadah untuk air? Dan tahukah kamu dalam satu galon berapa liter?

Untuk tahu jawabannya, mari simak ulasan dibawah ini!

Mengenal Galon

photo : google

Sebelum masuk ke perhitungan dari satu galon berapa liter, kamu harus tahu dulu nih, asal usul mengenai galon. Galon atau disingkat “gal” adalah sebuah ukuran volume yang digunakan di berbagai wilayah di Eropa Barat dan hingga kini masih digunakan di daerah Amerika Serikat.

Nilai dari galon sendiri berbeda beda, tergantung dari lokasi dan komoditasnya. Namun di kebanyakan tempat, satuan ini perlahan mulai digantikan oleh satuan liter. Ada 3 varian yang hingga kini masih digunakan yaitu galon menurut Imperial atau 4,546 liter di Britania Raya dan Canada, lalu ada galon AS dengan 3,97 liter dan juga galon keringnya sekitar 4,40 liter. Satuan ukuran galon, baik yang imperial ataupun yang digunakan di Amerika, terkadang ditemukan pula di berbagai negara barat lainnya.

Istilah nama galon berasal dari kata galun  dalam bahasa Perancis Kuno Utara. Namun penggunaan kata ini lazim dalam beberapa bahasa lainnya seperti jale dalam bahasa Perancis Kuno dan juga gellet dalam bahasa Inggris Kuno. Galon pada awalnya merupakan suatu satuan ukuran untuk menakar anggur dan juga bir di Inggris.

Sekarang jadi tahu kan kalau ternyata galon bukanlah nama dari kemasan air yang sering kita gunakan, ternyata galon adalah sebuah satuan untuk menakar anggur di Inggris.

Mengenal Satuan Volume

Sempat disinggung diatas kalau satuan galon kini berubah menjadi satuan volume dengan nama liter. Apa sih satuan liter ini?

Ada banyak sekali satuan yang bisa digunakan dalam berbagai kegiatan sehari hari, mulai dari satuan berat untuk mengukur berat benda, satuan volume untuk mengetahui isi volume dalam sebuah benda, satuan panjang untuk mengetahui panjang benda, satuan luas untuk mengetahui luas wilayah dan masih banyak lagi.

Dan kali ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai satuan volume. Satuan volume atau unit volume adalah sebuah satuan yang digunakan untuk mengekspresikan ukuran konten objek, baik dalam bentuk padat, cair dan juga gas. Contoh penggunaan satuan volume bisa kamu temukan di dalam kapasitas air, minyak dan lain lain.

Volume dalam bentuk balok mempunyai ruang dan terdiri dari panjang, lebar dan juga tinggi, sehingga volume dalam balok dinyatakan dalam satuan kubik. Sedangkan untuk menunjukkan jumlah atau kuantitas air dalam sebuah wadah bisa ditunjukkan alam liter atau satuan lainnya.

Selain liter, untuk mengukur kapasitas air juga bisa menggunakan kiloliter (kl), hektoliter (hl), decaliter (dal), liter (l), desiliter (dl), sentiliter (cl) dan juga mililiter atau (ml). Selain satuan diatas ada juga satuan lain yaitu sentimeter kubik atau cc.

Jika ingin mengetahui konversi satuan volume, kamu harus tahu dulu tangga unit konversi dari satuan volume. Adapun tangga unit tersebut seperti gambar dibawah!

photo : google

Setelah tahu tangga unit satuan volume diatas tentunya kamu jadi lebih paham. Jadi jika ingin mencari jumlah dari satuan volume yang ada di tangga yang rendah ke tangga yang lebih tinggi kamu bisa membaginya dengan angka 10. Dan jika ingin mencari jumlah satuan volume dari tangga yang tinggi ke tangga yang lebih rendah kamu bisa mengkalikannya dengan angka 10.

Dan untuk tangga satuan unit kubik adalah sebagai berikut ini!

satu galon berapa liter
photo : google

Meskipun berbeda, namun satuan volume dan juga satuan volume kubik masih ada hubungannya.

Satu Galon Berapa Liter?

Setelah mengetahui asal usul galon dan juga mengenal satuan liter, saatnya masuk kedalam pertanyaan satu galon berapa liter.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, satuan galon diganti menjadi satuan liter. Galon merujuk pasa satuan ukur volume. Di negara Amerika Serikat dalam 1 galon sama dengan 3,785 liter air, untuk di negara Inggris dalam 1 galon sama dengan 4,546 liter air.

Lalu bagaimana dengan galon di Indonesia?

Sementara galon yang digunakan untuk air mineral di Indonesia biasanya hampir sama dengan 5 galon di Amerika Serikat. Salah satu mereknya yaitu Aqua. Di Indonesia, secara resmi, dalam satu galon khusus untuk merek Aqua isinya sama dengan 19 liter air.

Namun nyatanya, ada berbagai jenis dan merek dari galon air kemasan yang tersebar di pasaran Indonesia. Seperti galon Le Minerale, galon Vit, galon Club, galon Pristine, galon Cleo dan masih banyak merek lainnya.

Jadi apakah semua galon itu mempunyai isi air yang sama yaitu 19 liter? Jawabannya adalah tidak. Seperti yang kita lihat, bentuk galon yang digunakan untuk mengemas air mineral bentuknya berbeda beda dan ukurannya juga berbeda. Jika kamu lihat, ukuran galon Aqua dengan galon Le Minerale sangat jauh berbeda.

Lalu untuk merek merek lainnya dalam satu galon berapa liter sih?

Berikut adalah isi isi galon khusus untuk merek yang ada di pasaran Indonesia :

  • Aqua = 19 liter
  • Le Minerale = 15 liter
  • Club = 19 liter
  • Vita = 19 liter
  • Pristine = 19 liter
  • Cleo = 6 liter

Selain merek merek diatas, masih ada banyak merek galon air kemasan yang bisa kamu jumpai di berbagai toko di seluruh Indonesia. Dari sini kita tahu bahwa dari setiap galon isinya berbeda beda. Hal ini tergantung dari perusahaan ingin mengeluarkan galon dengan ukuran seberapa. Inilah yang menyebabkan isi galon berbeda beda. Namun pada umumnya, isi galon di Indonesia semuanya hampir sama yaitu sekitar 19 liter.

Galon air kemasan dengan ukuran ini dimaksudkan agar kebutuhan air dalam hidup masyarakat Indonesia bisa selalu terpenuhi. Produk air kemasan yang diperjual belikan menggunakan galon yang bersegel harusnya sudah terjamin kualitas airnya.

Namun banyaknya oknum jahat yang memanipulasi isi galon, membuat kamu harus tetap waspada jika ingin membeli galon. Usahakan mengecek setiap sisi badan galon agak tahu apakah ada yang rusak atau tidak.

Nah, itulah tadi jawabaan atas pertanyaan yang mungkin masih kamu pikirkan tentang satu galon berapa liter. Dari sini kita tahu kalau dalam satu galon khususnya galon di Indonesia isinya setara dengan 19 liter air. Dan tentunya isi air ini berbeda dengan seluruh galon yang ada di berbagai dunia, kembali pada ukuran yang digunakan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.