Apa yang Dimaksud Dengan Interval Nada? Cari Tahu Disini!

Apa yang dimaksud dengan interval nada? Buat kamu yang pecinta musik dan mendedikasikan hidup dalam musik pasti sudah tidak asing dengan istilah ini. Interval nada menjadi hal yang paling penting di pahami dalam bermusik.

Buat orang awam yang hanya menikmati musik jadi, apa sih yang dimaksud dengan interval nada? Selain itu irama nada, pola irama dan tangga nada itu bagaimana sih?

Nah untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, kamu wajib simak penjelasannya dibawah ini!

1. Apa yang dimaksud dengan interval nada?

apa yang dimaksud dengan interval nada
photo : google

Interval nada adalah sebuah jarak frekuensi antara satu nada dengan nada lainnya. Baik jarak nada keatas ataupun jarak nada kebawah. Ada berbagai jenis interval nada yang bisa digunakan dalam musik. Adapun jenis jenis interval nada adalah sebagai berikut!

Jenis interval nada

Kira kira ada 8 jenis interval nada yang bisa dipakai dan harus kamu ketahui. Kedelapan jenis interval nada tersebut adalah :

Prime

Jenis interval nada yang pertama adalah prime. Prime adalah jarak antara nada yang satu dengan yang lainnya dengan pitch yang masih sama. Pitch adalah sebuah kecepatan tinggi rendahnya nada. Contoh penggunaan interval prime adalah jarak dari nada C ke nada C lagi.

Second

Jenis yang kedua adalah second. Second adalah jarak antara nada yang satu dengan yang lainnya dengan pitch satu tingkat di atasnya. Contohnya adalah nada C ke nada D.

Terts

Lalu ada jenis interval nada terts. Interval nada ini adalah jarak antara nada pertama ke nada ketiga. Contohnya adalah nada C ke nada E untuk terts besar. Terst besar mampu memberikan kesan melodi yang cerah. Sedangkan untuk terst kecil seperti C ke Eb melodinya akan terkesan lebih sempit, gelap dan juga sedih.

Kuarts

Apa yang dimaksud dengan interval nada kuarts? Kuarts adalah jarak nada pertama ke nada keempat. Contohnya adalah nada C ke nada F.

Kwint

Lalu ada jenis interval nada Kwint. Interval nada kwint adalah jarak antara nada pertama dan nada kelima. Contohnya adalah nada C ke nada G.

Sekst

Kemudian jenis interval nada sekst. Yang dimaksud interval nada ini adalah jarak antara nada pertama ke nada keenam. Contohnya pada nada C ke nada A.

Septim

Jenis interval nada ke tujuh adalah septim. Septim adalah jarak antara nada pertama dengan nada ke tujuh. Contohnya adalah nada C ke nada B.

Oktaf

Dan jenis nada terakhir adalah oktaf. Mungkin jenis interval nada inilah yang sering kamu dengar. Oktaf adalah jarak antara nada pertama ke nada delapan. Contohnya ada pada nada C ke nada C pada oktaf selanjutnya.

3. Apa yang dimaksud dengan irama nada?

photo : google

Kita sudah tahu kan apa yang dimaksud dengan interval nada, kita masuk ke dalam penjelasan mengenai irama nada.

Irama adalah sebuah alunan bunyi yang teratur dan juga berulang yang ada pada dalam permainan musik. Irama berfungsi sebagai alat untuk penggerak sebuah musik. Selain itu, irama juga memberikan struktur komposisi. Irama mengacu pada bagaimana seorang msusu mampu terhubung ketika mereka bermain bersama.

Irama berasal dari bahasa Yunan yaitu Rhytmos yang artinya suatu alunan bunyi teratur dan berulang. Dalam penggunannya, irama mempunyai beberapa elemen.

Elemen Irama

Irama atau ritme tersusun atas elemen elemen berikut ini :

Ketukan

Elemen pertama dalam irama adalah ketukan. Ketukan menggabungkan ketukan lemah dan juga kuat untuk mendapatkan sebuah irama.

Aksen

Elemen selanjutnya ada aksen. Yang dimaksud aksen disini adalah mengacu pada penekanan khusus atau pada ketukan tertentu.

Polyrythms

Lalu ada polyrythms. Elemen ini digunakan untuk bisa memperoleh rasa ritme yang ambisisus. Elemen ini biasanya digunakan oleh ansambel dan juga untuk melapisi suatu ritme di atas ritme lainnya.

Sinkopasi

Kemudian elemen sinkopasi. Sinkopasi adalah sebuah teknik permainan dengan cara menggantikan ketukan atau aksen dalam musik atau irama. Elemen ini yang membuat ketukan yang mulanya keras menjadi lemah. Sinkopasi ditandai dengan adanya jeda ketukan pada permainan drum.

Tanda Birama

Elemen selanjutnya ada tanda birama. Elemen ini menunjukkan jumlah ketukan per hitungan dan berapa lama bertahan.

Meter

Lalu ada elemen meter. Tanda biarama dibahi menjadi 3 jenis pengukur yaitu pengukur ganda, pengukur tiga dan juga pengukur empat.

Tempo

Dan elemen yang terakhir adalah tempo. Tempo dikenal dengan kecepatan dalam memainkan musik. Ada 3 cara dalam mengkomunikasikan tempo pada pemain yaitu dengan ketukan per menit, terminologi Italia dan bahasa modern.

4. Apa yang dimaksud dengan pola irama?

photo : google

Lalu apa sih yang dimaksud dengan pola irama?

Pola irama adalah sekelompok bunyi dengan susunan tertentu dalam satu atau berbagai birama yang mucnul secara berulang ulang dan juga teratur dalam sebuah lagu. Pola irama adalah sebuah unsur penting yang menentukan kapan nada akan dimainkan, berapa lama dan juga tingkat penekanannya.

Jenis Pola Irama

Sama seperti interval nada dan juga irama nada, pola irama juga mempunyai berbagai jenis, yaitu sebagai berikut :

Pola irama rata

Pola irama rata adalah pola dengan pembagian yang rata.

Pola irama tidak rata

Jenis pola irama selanjutnya ada pola irama tidak rata. Pola irama tidak rata adalah pola irama yang pembagian antara pola dengan pulsa tidak sama.

Pola Sincope

Pola sincope akan terjadi bisa aksen yang kuat dipindahkan dari pulsa yang seharusnya mempunyai tekanan ke pulsa yang seharusnya tidak mempunyai tekanan.

Pola Suku Bangsa

Pola ini merupakan ciri khas yang dikaitkan dengan irama musik yang digunakan oleh suatu suku, daerah atau bangsa.

Pola Ostinato

Pola ini merupakan pola irama yang dinyanyikan berulang ulang.

Polirotmik

Adalah jenis pola irama yang menggunakan berbagai macam pola irama yang serentak.

Polimerik

Dan jenis pola irama yang terakhir ada polimerik. Poli merik merupakan pola irama yang berbeda antara satu instrumen dengan instrumen lainnya.

5. Apa yang dimaksud tangga nada?

photo : google

Masih seputar unsur musik. Disini kamu harus tahu juga apa yang dimaksud dengan tangga nada.

Tangga nada adalah sebuah susunan yang berjenjang dan berasal dari nada nada pokok yang bersumber dari sebuah sistem nada. Dalam musik, tangga nada berfungsi sebagai instrumen yang bisa membuat sebuah lagu agar mampu didengar dengan harmonis dan indah.

Jenis Tangga Nada

Tangga nada juga mempunyai berbagai jenis yang bisa kamu pelajari. Tangga nada ada sekitar 3 jenis yang akan dibagi lagi sesuai dengan jenis nadanya masing masing.

Tangga nada diatonis

Tangga nada ini adalah tangga nada yang mempunyai 7 nada yang berbeda dalam 1 oktaf. Salah satu contoh dari tangga nada diatonis adalah C mayor. Tangga nada ini dibagi lagi menjadi 2 yaitu :

  • Diatonis mayor. Tangga nada ini adalah tangga nada yang umumnya dihunakan pada semua musik. Diatonis mayor akan memberikan nuansa musik yang ceria dan juga menyenangkan.
  • Diatonis Minor. Tangga nada ini memberikan nuansa yang melankolis dan cenderung sedih. Nada tersebut terdiri dari la, si, do, re, mi, fa, sol, la.

Tangga nada pentatonis

Lalu ada tangga nada pentatonis. Tangga nada ini adalah jenis tangga nada yang paling umum digunakan pasa sebuah musik. Tangga nada ini mempunyai 5 nada yang berbeda. Tangga nada ini biasanya dipakai untukĀ  musik moden dan juga musik tradisional. Tangga nada ini dibagi menjadi 2, yaitu :

  • Tangga nada pelog. Tangga nada ini mempunyai karakter nada yang menyenangkan dan juga mempunyai kesan penghormatan.
  • Tangga nada salendro. Tangga nada ini mempunyai karakter nada yang menyenangkan dan lincah. Jarak antara nadanya cukup kecil berbeda dengan tangga nada pelog.

Tangga nada kromatis

Jenis tangga nada yang terakhir adalah tangga nada kromatis. Tangga nada ini terdiri dari 12 nada yang tersusun dengan interval setengah nada di setiap notnya. Tangga nada ini banyak digunakan di berbagai jenis lagu dengan genre jazz, rohani, pop dan juga rock.

Begitulah beberapa ulasan mengenai apa yang dimaksud dengan interval nada, pola irama, irama nada dan juga tangga nada. Semoga bisa lebih membantu kamu dalam memahami tentang unsur unsur musik seperti interval nada.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.