10 Contoh Karya Seni Visual 2 Dimensi yang Bergerak Yaitu?

Contoh karya seni visual 2 dimensi yang bergerak ada apa aja sih?

Sebelum masuk ke dalam contoh contoh karya seni visual 2 dimensi, kamu harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan karya seni visual 2 dimensi.

Seperti yang kita ketahui, ada berbagai jenis variasi karya seni yang ada di sekitar kita. Mulai dari karya seni paling umum yaitu gambar atau lukisan dan beberapa karya seni lainnya. Karya seni ini dibuat oleh seseorang yang disebut sebagai seniman. Karya seni dibedakan menjadi beberapa macam.

Nah untuk mengetahui pengertian dari karya seni visual dan juga contoh contoh karya seni visual 2 dimensi yang bergerak, kamu wajib banget simak ulasan di bawah ini!

Pengertian Karya Seni Visual

photo : google

Seni visual dalam bahasa Inggris disebut dengan visual art yang artinya adalah seni yang terlihat. Seni visual adalah suatu seni rekayasa penggambaran dalam bentuk seni visual yaitu melukis, menggambar, seni grafis, patung, keramik, fotografi, video dan masih banyak lagi.

Menurut pengertian lain seni visual adalah salah satu cabang dari kesenian yang mampu menciptakan suatu karya seni menggunakan media yang bisa ditangkap secara kasat mata dan juga mampu dirasakan atau disentuh menggunakan indera.

Jenis Karya Seni Visual

Ada beberapa jenis karya seni visual yang ada di sekitar kita. Berikut beberapa jenis karya seni visual yang bisa kita pelajari :

1. Berdasarkan Waktu dan Masa

Jika berdasarkan waktu dan juga masa, karya seni visual dibagi menjadi 3 yaitu :

  • Seni visual tradisional. Adalah sebuah karya seni yang mempunyai aturan tetap dan juga mempunyai sifat statis yang mengindikasikan bahwa karya seni itu tidak mengalami segala bentuk perubahan.
  • Seni visual modern. Adalah sebuah hasil karya seni yang telah mengalami pembaharuan dari karya seni tradisional.
  • Seni visual kontemporer. Karya seni ini adalah suatu karya seni yang muncuk akibat adanya suatu trend atau suatu kondisi waktu yang sangat tidak terpikirkan dan bersifat kekinian.

2. Berdasarkan Ukuran atau Dimensi

Jika berdasarkan ukuran dan juga dimensi, karya seni visual dibagi menjadi 2 yaitu :

  • Karya seni 2 dimensi. Adalah sebuah karya seni yang hanya terbentuk dari 2 macam unsur saja yaitu panjang dan lebar.
  • Karya seni 3 dimensi. Adalah sebuah karya seni yang mempunyai 3 unsur pembentuk utamanya yaitu panjang, lebar dan juga tinggi. Unsur unsur tersebut akan membentuk ruang, bentuk dan juga volume.

3. Berdasarkan Fungsi

Berdasarkan fungsinya, karya seni visual dibagi menjadi 2 yaitu :

  • Seni visual murni. Yang dimaksud disini adalah sebuah karya dengan bentuk seni yang dibuat untuk dinikmati nilai ektetiknya.
  • Seni visual terapan. Karya seni ini adalah salah satu karya seni yang meninggikan fungsi gunannya dibandingkan dengan fungsi estetiknya.

Unsur Unsur Karya Seni Visual

Dalam karya seni visual tentunya ada beberapa unsur pembentuknya. Berikut adalah beberapa unsur karya seni visual yang harus kamu ketahui :

1. Titik

Titik merupakan unsur paling kecil dan merupakan suatu dasar dari segala ide karya seni yang diciptakan.

2. Garis

Garis adalah gabungan dari berbagai titik. Setiap garis yang digambarkan mempunyai arti bahwa ada watak san juga ciri khas tersendiri. Seperti lentur, kaku dan juga sebagainya. Garis yang digunakan mempunyai beberapa macam yaitu garis lurus, panjang, pendek, vertikal dan juga horizontal.

3. Bidang

Unsur yang selanjutnya adalah bidang. Bidang yaitu bentuk pengembangan dari berbagai garis yang jika disatukan akan membentuk beberapa sisi dari hasil karya seni visual. Bidang dibagi menjadi beberapa yaitu bidang geometris dan bidang biomorfis.

4. Bentuk

Unsur yang selanjutnya adalah bentuk. Karya seni akan membentuk sebuah bentuk yang lebih hidup.

5. Ruang

Ruang merupakan salah satu unsur yang mempunyai 2 sifat yaitu nyata dan semu.

6. Warna

Warna adalah salah satu unsur yang berperan penting dalam sebuah karya seni. Kombinasi warna yang digunakan dalam karya seni akan memberikan gambaran nyata dari hasil karya seni.

7. Tekstur

Tekstur adalah sifat atau kondisi yang dimiliki pada sebuah karya seni. Tekstur dibedakan menjadi 2 yaitu tekstur semu dan juga nyata.

8. Gelap Terang

Unsur yang terakhir adalah unsur gelap dan terang. Unsur ini mampu menjadikan hasil karya seni yang diciptakan terlihat lebih nyata.

10 Contoh Karya Seni Visual 2 Dimensi yang Bergerak

Lalu kira kira, contoh karya seni visual 2 dimensi yang bergerak itu apa aja sih? Kira kira ada 10 karya seni visual 2 dimensi yang bisa bergerak. Nah untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan dibawah ini!

1. Video

contoh karya seni visual 2 dimensi yang bergerak
photo : google

Contoh karya seni visual 2 dimensi yang bergerak paling kita ketahui adalah video. Video merupakan kumpulan gambar atau gambar tunggal yang bisa bergerak. Video diproduksi dari teknologi canggih yang bisa mengirimkan sinyal elektronik. Video menjadi karya seni 2 dimensi yang bisa bergerak karena per objeknya tidak diam.

2. Simulasi Visual 3D

photo : google

Selanjutnya adalah simulasi visual 3D. Simulasi visual 3D adalah suatu karya seni yang dibuat manusia melalui gambaran visual yang disimulasikan dengan media perantaranya.

3. Film

photo : google

Contoh karya seni visual 2 dimensi yang bergerak selanjutnya ada film. Film adalah kumpulan gambar yang sudah diedit sehingga bisa menghasilkan ilusi efek dari fenomena optik.

4. Pameran Lukisan Online

photo : google

Contoh lainnya ada pameran lukisan online. Lukisan adalah tahapan lebih lanjut dari kegiatan menggambar. Pameran lukisan online di berbagai media massa sering ditampilkan sebagai karya seni.

5. Photoshoot

photo : google

Lalu ada photoshoot. Foto adalah sebuah karya seni yang bisa dilihat dan juga mempunyai warna, baik warna dasar atau campuran.

6. Printmaking

photo : google

Contoh lainnya ada printmaking. Printmaking dihasilkan dari desain yang diolah dari komputer lalu kemudian dicetak melalui media cetaknya. Media tersebut bisa berupa kain, kertas atau media lainnya.

7. Patung Bergerak

photo : google

Contoh karya seni 2 dimensi yang bisa bergerak lainnya ada patung bergerak. Patung merupakan karya seni yang dibuat manusia. Di zaman yang canggih ini, patung dibuat dengan teknologi tinggi sehingga bisa bergerak.

8. Reklame

photo : google

Lalu ada reklame. Reklame adalah media untuk mempublikasikan berbagai karya. Karena itulah reklame menjadi karya seni 2 dimensi yang bergerak.

9. Anime

photo : google

Kemudian ada karya seni anime. Anime adalah merupakan gambar yang lucu, imut dan juga menggemaskan. Ada berbagai jenis anime yang menarik dan bisa bergerak. Anime menjadi salah satu contoh karya seni 2 dimensi yang bergerak.

10. Desain Rumah

photo : google

Contoh karya seni 2 dimensi yang bergerak terakhir adalah desain rumah. Biasanya desain rumah yang dibuat akan dipresentasikan dengan menggunakan media leptop. Desain rumah sendiri adalah sebuah proses interaksi dari berbagai elemen visual. Karena itulah desain rumah menjadi salah satu contoh karya seni 2 dimensi yang bergerak.

Nah itu dia jawaban dari apa saja contoh karya seni 2 dimensi yang bergerak. Sekarang semakin paham kan macam macam karya seni yang ada di sekitar kita khususnya karya seni 2 dimensi dan contohnya?!

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.