+10 Contoh Gambar Pemandangan Alam Yang Mudah Ditiru!

+10 gambar pemandangan alam yang mudah ditiru dibawah ini bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin menggambar namun masih bingung.

Aktifitas menggambar bagi sebagian orang adalah hobi dan juga kesenangan. Sebagian lain juga menganggap bahwa menggambar bisa mendapatkan keuntungan dan juga sebagai sarana untuk refreshing sejenak dari segala kegiatan. Tak hanya untuk anak anak, menggambar pemandangan juga banyak disukai oleh orang dewasa.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud menggambar? Lalu bagaimana teknik atau cara menggambar pemandangan alam dengan mudah?

Berikut adalah ulasan mengenai pengertian menggambar, teknik atau cara menggambar dan juga beberapa contoh gambar pemandangan alam yang mudah ditiru!

1. Pengertian Menggambar

Sebelum masuk ke teknik atau cara menggambar pemandangan alam kita harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan menggambar.

Secara umum menggambar adalah sebuah kegiatan menorehkan pensil atau pewarna di atas sebuah media kertas. Sedangkan pengertian menggambar secara khusus adalah sebuah kegiatan membentuk imaji, dengan menggunakan banyak pilihan teknik dan alat dengan membuat sebuah tanda tanda tertentu di atas permukaan media dengan menggunakan goresan dari alat gambar.

2. Menggambar Menurut Para Ahli

Sudah dijelaskan secara garis besar mengenai pengertian menggambar diatas. Namun ada beberapa pengertian lain khususnya menurut para ahli. Berikut adalah beberapa pengertian menggambar menurut para ahli :

Sumanto

Menurut Sumanto, menggambar adalah sebuah proses menciptakan gambar dengan cara menggoreskan benda benda tajam seperti pensil atau pena pada bidang datar, misalnya permukaan papan, kertas atau dinding.

Affandi

Menggambar dan melukis merupakan perwujudan bayangan angan ataupun suatu pernyataan perasaan atau ekspresi dan juga pikiran yang diinginkan. Perwujudan tersebut bisa berupa tiruan objek ataupun fantasi yang lengkap dengan garis, bidang, warna dan juga tekstur sederhana.

Tara Sudjana

Sedangkan menggambar menurut Tara yaitu dikenal juga dengan istilah menggambar alam benda. Menggambar seakan akan memindahkan benda tersebut ke dalam sebuah bidang gambar tanpa adanya suatu perubahan.

Objek Gambar

Dari beberapa pengertian diatas, kita jadi tahu apa yang dimaksud dengan menggambar. Kegiatan menggambar tidak hanya mengikuti imajinasi yang ada di dalam pikiran, tapi juga membutuhkan sebuah objek. Objek yang ada di sekitar kita banyak sekali yang bisa dijadikan sebagai objek.

Berikut adalah beberapa objek gambar yang biasanya sering dijadikan sumber menggambar :

Objek Flora

Objek flora atau tumbuh tumbuhan merupakan objek yang banyak sekali jenis dan bentuknya. Seluruh bagian dari tumbuhan dapat digunakan sebagai objek untuk menggambar. Mulai dari bagian kelopak bunga, daun, buah dan lain lain. Bagian flora atau tumbuhan bisa digambar secara terpisah atau digambar secara utuh.

Objek Fauna

Objek yang sering dijadikan objek menggambar yaitu objek fauna atau hewan. Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali jenis hewan yang ada di sekitar kita. Seperti tumbuhan, objek fauna bisa kamu gambar secara terpisah ataupun secara utuh.

Objek Alam Benda

Dan objek yang terakhir adalah objek alam benda. Menggambar alam benda disebut juga dengan menggambar bentuk. Alam benda terdiri dari berbagai benda buatan manusia dan juga benda yang terbentuk alami di alam.

Alam benda buatan manusia seperti perabotan dan bentuk bentuk lainnya. Adapun alam benda yang terdapat di alam seperti batu, kayu, batang, air, awan dan lain lain.

Selain objek objek diatas, manusiapun juga bisa dijadikan objek menggambar. Namun mungkin objek manusia merupakan sebuah objek yang sulit untuk digambar bagi sebagian orang. Jadi banyak orang yang sering menjadikan pemandangan alam atau benda sebagai objek menggambar mereka.

3. Cara Menggambar Pemandangan Alam Dengan Mudah

Setelah mengetahui pengertian dan juga objek menggambar, kita masuk dalam teknik atau cara menggambar pemandangan alam dengan mudah. Cara atau teknik menggambar sangat dibutuhkan untuk bisa mendapatkan hasil yang baik. Berikut adalah beberapa cara atau teknik menggambar pemandangan alam yang baik :

1. Memilih Objek Pemandangan

Teknik atau cara menggambar pemandangan alam yang pertama yaitu menentukan objek pemandangan yang ingin kamu gambar. Objek pemandangan alam yang sangat luas harus kamu pilih dahulu untuk memudahkan kamu fokus dalam menggambar.

Kamu bisa memilih berbagai objek pemandangan mulai dari pemandangan gunung, pantai, sawah pedesaan, air terjun, pemandangan hutan ataupun pemandangan lainnya.

Pilihlah pemandangan yang sesuai dengan yang kamu mau dan bisa kamu realisasikan dengan hasil yang bagus.

2. Membuat Sketsa Sesuai Objek

Cara yang kedua yaitu membuat sketsa sesuai dengan objek yang kamu pilih. Sketsa adalah sebuah goresan halus yang dilakukan dengan pensil untuk memulai kegiatan menggambar. Usahakan untuk menggambar pada bagian bagian utamanya terlebih dahulu sebagai dasar tema gambar, kemudian baru menggambar detail detailnya.

Contohnya, jika kamu ingin menggambar pemandangan alam gunung dan pemandangan sawah, kamu bisa memulai dengan membuat sketsa gunung dan juga sketsa pemandangan sawahnya dulu secara tipis tipis. Setelah menggambar sketsa gunung dan juga sawahnya, kamu bisa mulai menggambar pohon atau jalan berliku untuk memperindah tampilan gambar.

3. Memperjelas Bentuk Setiap Objek Gambar

Teknik selanjutnya adalah memperjelas bentuk setiap objek gambar. Jika sketsa gambar sudah selesai dibuat, selanjutnya kamu harus memperjelas bentuk setiap objek yang sudah kamu gambar sebelumnya. Memperjelas bentuk setiap objek gambar bisa menggunakan pensil atau spidol dengan warna hitam. Tujuan dari memperjelas bentuk objek gambar adalah untuk melihat gambar lebih jelas.

4. Hapus Sketsa yang Tidak Diperlukan

Teknik yang keempat adalah menghapus sketsa yang tidak diperlukan. Tujuannya adalah untuk bisa membersihkan garis garis bekas dari sketsa yang sangat mengganggu. Kamu bisa menghapus bekas sketsa tersebut menggunakan penghapus. Dengan menghapus bekas sketsa hasil lukisanmu akan terlihat semakin indah dan rapi.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa objek lain untuk bisa menambah variasi objek di gambaran kamu.

5. Mewarnai Gambar

Dan teknik yang terakhir adalah mewarnai gambar. Tahap inilah yang merupakan tahap paling menyenangkan. Kamu bisa mewarnai gambaran yang kamu buat menggunakan spidol, crayon atau menggunakan cat air. Pilihlah alat mewarnai yang sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

Jangan menggunakan alat mewarnai yang tidak bisa kamu gunakan. Kamu bisa menggunakan warna sesuai dengan objek gambaran atau berimporvisasi dengan menggunakan warna warna lainnya.

4. Contoh Gambar Pemandangan Alam yang Mudah Ditiru!

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara menggambar pemandangan alam yang mudah? Setelah mengetahui teknik menggambarnya, kamu bisa mulai menggambar pemandangan alam atau menggambar apapun yang ingin kau gambar. Jika kamu masih bingung, kamu bisa mencontoh atau meniru beberapa rekomendasi gambar di bawah ini.

Berikut +10 contoh gambar pemandangan alam yang mudah ditiru!

Pemandangan sunset

photo : google

Pemandangan gunung

photo : google

Pemandangan pantai

photo : google

Pemandangan pelangi

photo : google

Pemandangan desa

photo : google

Pemandangan alam air terjun

photo : google

Pemandangan alam sungai

photo : google

Pemandangan alam hutan

photo : google

Pemandangan pemadangan sawah

photo : google

Pemandangan alam jembatan

contoh gambar pemandangan alam yang mudah ditiru

Itulah tadi +10 contoh gambar pemadangan alam yang mudah ditiru yang bisa kamu coba gambar dirumah bersama anak anak!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.