7 Emosi Manusia Yang Perlu Kita Ketahui

emosi

Sebentar lagi weekend dan sudah saatnya kita beristirahat dengan menonton film drama Korea. Nah salah satu drama korea yang direkomendasikan oleh Girlisme adalah drama Korea berjudul Strangers.

Tontonan Strangers, membuat kita akan memahami emosi manusia yang perlu kita pahami

Read More

Strangers menceritakan tentang jaksa (Shi Mok)  yang memiliki kelainan di otaknya yang menyebabkan ia harus dioperasi ketika masih belia. Operasi yang dilakukan menyebabkan dia kehilangan rasa empati dan kurang bisa berelasi secara sosial.

Shi Mok tidak memiliki emosi pada umumnya manusia. Hal itu menyebabkan ia dianggap orang yang apatis.

Sepanjang drakor ini Shi Mok digambarkan sebagai seseorang yang dingin, tidak bisa berbasa-basi, tapi sangat berdedikasi pada pekerjaan dan tugas yang diberikan kepadanya. Cerita dimulai ketika Shi Mok berkenalan dengan Park Mo Sung, seorang broker yang sering berkeliaran di kantor Kejaksaan Seoul bagian Barat. Park memposisikan diri sebagai penghubung dari berbagai kepentingan: politik, hukum, dan bisnis.

Stranger 2 bercerita tentang Hwang Si Mok (Cho Seung Woo), seorang jaksa yang kesulitan mengekspresikan emosi. Ia dikenal dingin, jujur, dan juga berdedikasi pada pekerjaan.

Pada saat episode ketika Shi Mok merasakan emosinya, ia mengalami rasa sakit yang membuat pingsan. Scene di rumah sakit menjelaskan secara detail tentang apa yang dirasakan oleh Shi Mok.

Nah karena Shi Mok digambarkan  sebagai manusia yang tidak bisa merasakan (empati, kasihan, menangis) akhirnya membuat ia menjadi orang yang apatis.Begitupun ketika manusia dalam dunia nyata tidak memiliki perasaan, maka ia tak bisa merasakan empati.

Dilansir dari laman Kompas.com, emosi dalam psikologi adalah pola reaksi kompleks yang melibatkan pengalaman, perilaku, dan fisiologis, yang digunakan untuk menangani masalah atau peristiwa penting yang dialami individu. Singkatnya, emosi adalah respons terhadap kejadian yang menimpa manusia. Contoh, saat berjalan kaki sendirian di malam hari, tiba-tiba kamu mendengar suara tawa perempuan. Kamu pun merasa takut dan bergegas lari menuju rumah. Respons ini membuat kamu terhindar dari kemungkinan bahaya yang terjadi. Emosi berlangsung dengan cepat dan otomatis.

Lalu sebenarnya emosi manusia itu terdiri dari apa saja sih ?  Yuk Simak

1. Emosi Marah

Dalam emosi marah meliputi brutal, mengamuk, benci, marah, jengkel, terganggu, rasa pahit, tersinggung, bermusuhan, tindak kekerasan

2. Kesedihan

meliputi sedih, muram, suram, melankolis,

3. Rasa Takut

contoh;cemas,takut, gugup, khawatir, tidak tenang, waspada, panik

4. Kenikmatan

contoh;gembira, ringan puas, sedih,  waspada, tidak tenang, senang sekali

5. Cinta

dalam cinta terdapat penerimaan, persahabatan, kepercayaan, kebaikan hati,

6. Terkejut

contoh; terkesiap, takjub, perdana

7. Jengkel

contoh; hina, jijik, menyesal

Dilansir dari paud pedia kemendikbud.com, bahwa  emosi adalah bahwa emosi itu terdapat emosi positif dan emosi negatif.

Emosi negatif adalah perasaan tidak menyenangkan, mengganggu dan biasanya diekspresikan sebagai bentuk ketidaksukaan seseorang terhadap sesuatu. Misalnya cemas, marah, merasa bersalah, dan sedih.

Sedangkan Emosi positif adalah perasaan ketika kita mengalami sesuatu yang menyenangkan atau membawa dampak positif dalam diri kita. Misalnya bahagia saat mendapat hal yang kita mau, merasa lega ketika terhindar dari bahaya, atau merasa bersyukur dengan kondisi yang kita miliki.

Girls, kita akan lebih mudah mengungkapkan emosi jika tahu kata-kata yang bisa mewakili emosi kita. Ini adalah contoh kata-kata yang bisa digunakan untuk mengungkapkan emosi kita :bangga, benci, berani, berenergi, berharap, berkecil hati, bermusuhan, bersalah, bersyukur, berubah-ubah, sikap, biasa saja, bingung, bosan,  canggung, cemburu, ceria.

Sebab jika emosi tidak tersalurkan dengan baik, maka akan menimbulkan bomerang bagi diri kita sendiri.

Begitu rangkuman yang dapat disajikan Girlsisme. Semoga bermanfaat

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *