8 Jenis Makanan Khas Korea ala Hari Jisun yang patut dicoba

Makanan Korea

Siapa yang tak  tergiur dengan makanan korea ? apalagi bagi penikmat drama korea, masakan yang ditampilkan di drama korea cukup menggiurkan.

Selain Drama Korea, Banyak youtober asal korea yang seringkali menampilkan konten-konten yang menampilkan makanan khas Korea. Salah satunya adalah Hari Jisun.

Read More

Hari Jisun belakangan muncul sebagai salah satu yang paling banyak menyita perhatian. Gadis asal Korea Selatan yang berkuliah dan bekerja di Jakarta ini kian dikenal dengan konten review makanan yang jujur dan apa adanya.

Dalam konten Youtobe Hari Jisun,  ia menampilkan makanan khas korea murah yang harganya hanya  100 ribu dan sudah mendapatkan banyak makanan.  Dari sekian banyak makanan khas korea yang pernah dicoba oleh Hari Jisun, berikut adalah  beberapa makanan yang favorit.

1. Dotorimuk

Makanan Korea

Jeli yangsatu ini diolah dari pati biji pohon ek. Dotorimuk juga dikenal dengan nama acorn jelly. Dilansir dari idntimes.com, Usut punya usut, pohon ek rupanya tergolong beracun yang bercikal bakal dari senyawa tanin di dalamnya. Oleh sebab itu, proses pengolahan dotorimuk harus dilakukan dengan tepat.

jeli ini biasanya dipadukan bersama kecap dan sayuran. Hidangan ini dapat disajikan sebagai lauk dan didampingi bersama beragam makanan lainnya.

Selain itu, dotorimuk rupanya popular di antara pada pendaki sebab pohon ek yang memang umum dijumpai di area pegunungan.

Selain dibuat sendiri di rumah, dotorimuk juga disediakan dalam bentuk komersil.

Dotorimuk tersebut dikemas dalam bentuk bubuk.

Orang Korea punya jelly favorit yang terbuat dari bubuk acorn atau buah ek namanya Dotorimuk yang kerap diasosiasikan sebagai makanan tupai.

Beberapa orang Korea masih membuat dotorimuk dari nol, menggunakan biji pohon ek yang mereka kumpulkan atau dipilih dari gunung.

aechu Kimchi

2. Baechu Kimchi

Makanan Khas Korea

Kimchi, merupaka makanan kesukaan masyarakat Korea adalah makanan fermentasi yang disimpan lama. Oleh sebab itu, menjelang musim dingin masyarakat Korea tidak lupa membuat Kimchi yang akan dikonsumsi selama musim dingin.

Cara membuat Kimchi dari sawi putih dan lobak terdapat dalam sebuah buku kuno bernama Dongguksesigi yang diterbitkan pada abad ke-18. Terutama Kimchi sekarang yang dibumbui mulai dimasak pada pertengahan abad ke-18. Kimchi sawi putih yang dibuat dari sawi putih yang digarami dengan berbagai bumbu termasuk bubuk cabe merah dan terasi dapat memiliki rasa segar dan mewakili semua jenis Kimchi.

3.Gat Kimchi

Makanan Khas Korea

Gat kimchi terbuat dari fermentasi mustard daun. Cita rasanya lebih asam dan khas, karena dicampur dengan acar ikan teri dan jahe.

Jenis kimchi ini cukup populer di provinsi Cholla Utara, Korea Selatan. Gat Kimchi merupakan cabang dari beberapa kimchi yang ada di Indonesia. Kimchi ini dibuat dengan bahan utama sawi hijau

4. Yeolmu Kimchieolmu

 

Makanan Khas Korea

Kimchi mudah dapat ditemukan di meja makan masyarakat Korea pada musim panas. Berbeda dengan Kimchi biasa yang Anda ketahui, Yeolmu Kimchi memiliki kuah sehingga rasanya lebih segar dan cocok menggantikan sup panas bagi orang Korea yang harus menyantap sup setiap saat makan. Selain itu, Yeolmu Kimchi merupakan bahan bagus untuk masakan mi berkuah. Biasanya semua jenis Kimchi dibuat dalam jumlah banyak sehingga di dalam kulkas masyarakat Korea selalu tersedia Kimchi termasuk Yeolmu Kimchi.

5. Dolsotbab (nasi dalam mangkok batu)Makanan KhasKorea

berupa nasi  yang dimasak dengan berbagai herbal dan kacang-kacangan dalam periuk batu.

Yeongyang dolsotbap bermakna “nasi periuk batu yang bergizi”.Nasi yang dinikmati panas-panas membentuk kerak di dasar periuk. Kerak ini dinikmati pada saat terakhir dengan cara direndam air. Nasi periuk batu ini dimasak secara tradisional di atas  perapian yang bahan bakarnya ranting cemara.Yeongyang dolsotbap terdiri dari nasi, ginseng, kacang cemara, kacang kedelai, jamur, kacang, biji bunga matahari yang ditanak dengan kaldu daging atau sari kedelai.

Selain nasi, bahan pokok dapat juga diganti dengan ketan atau ketan hitam. Bahan-bahan pelengkap meningkatkan rasa dan aroma nasi.Yeongyang dolsotbap merupakan makanan yang bergizi, terdiri dari karbohidrat dan protein nabati serta ginseng, sehingga dianggap pula sebagai obat.

6.Dwengjang gukMakanan Khas Korea7. Jabche

Makanan Khas Korea

Bihun merupakan salah satu menu mi favorit orang Indonesia. Bentuknya lebih tipis daripada mi biasanya, sehingga terasa lebih ringan.

Japchae merupakan salah satu makanan Korea yang bentuknya hampir mirip seperti sajian bihun goreng pada umumnya. Hanya saja, japchae menggunakan dangmyeon atau sohun, mie bening yang terbuat dari tepung ubi khas  japchae memiliki arti “sayuran campur” yang berasal dari kata “jap” (dicampur/diaduk) dan “chae” (sayuran).

8. Bulgogi

Makanan Khas Korea

bulgogi berarti daging panggang. Daging yang digunakan bisa bervariasi dari ayam, sapi, dan babi. Namun, bulgogi dikenal luas oleh pencinta kuliner Korea di Indonesia berbahan dasar daging sapi. Jika kamu termasuk penggemar bulgog

Girlisme, kira-kira berminat yang mana untuk rekomendasi ?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *