Apa yang Dimaksud Dengan Seni? Berikut Pengertiannya!

Apa yang dimaksud dengan seni? Dalam kehidupan kita ada berbagai jenis seni yang bisa kita temui di berbagai tempat. Bahkan di jalanan sempit sekalipun kita bisa menemukan sebuah karya seni. Karya seni tersebut bisa berupa gambaran mural besar, atau kata kata dengan nada puitis dan masih banyak lagi.

Kita sering menjumpai berbagai bentuk karya seni dalam kehidupan kita. Namun sebenarnya apa yang dimaksud dengan seni? Karya seni apa yang bisa dijumpai di berbagai tempat, dan apa manfaat seni untuk kehidupan?

Untuk mengetahui jawabannya, kamu bisa simak ulasan dibawah ini!

Apa yang dimaksud dengan seni?

photo : google

Seni berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti pemujaan, persembahan dan juga pelayanan. Dengan kata lain seni mempunyai beberapa hubungan  erat dengan berbagai upacara keagamaan yang disebut juga dengan kesenian.

Secara umum, seni merupakan sebuah ekspresi perasaan manusia yang memiliki unsur keindahan di dalamnya dan diungkapkan melalui sebuah media yang sifatnya nyata. Baik dalam bentuk nada, rupa, gerak hingga syair. Seni mampu dirasakan oleh panca indra manusia.

Ada yang menyebutkan juga bahwa seni adalah semua hal yang diciptakan oleh manusia yang mengandung unsur keindahan dan juga mampu mempengaruhi perasaan orang lain. Jadi secara sederhana seni adalah sebuah hasil aktifitas batin dari seseorang yang dinyatakan dalam sebuah bentuk karya yang mampu mempengaruhi perasaan manusia lain.

Pengertian seni menurut para ahli

Pengertian seni juga didefinisikan oleh berbagai ahli di bidangnya. Beberapa ahli berikut memberikan pengertian mereka mengenai seni. Berikut beberapa pengertian seni menurut para ahli :

1. Aristiteles

Menurut dia, seni adalah sebuah bentuk ungkapan dan juga penampilan yang tidak akan pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu meniru alam.

2. Plato

Apa yang dimaksud dengan seni? Menurut Plato, seni adalah sebuah hasil dari tiruan alam dan juga segala isinya.

3. Sudarmaji

Menurutnya, seni adalah sebuah manifestasi batin dan juga pengalaman estetis manusia dengan memakai media garis, bidang, warna, tekstur, volume dan juga gelap terang.

4. Ki Hajar Dewantara

Menurut Ki Hajar, seni adalah sebuah hasil keindahan sehingga dapat mempengaruhi perasaan seseorang yang melihatnya. Seni merupakan perbuatan manusia yang bisa mempengaruhi dan menimbulkan perasaan indah.

5. Ensiklopedia Indonesia

Seni adalah sebuah ciptaan dari segala hal, karena keindahannya maka orang senang untuk melihat ataupun mendengarkannya.

Tujuan seni

Seni diciptakan dengan berbagai tujuan. Berikut beberapa tujuan dari pembuatan seni yaitu :

  • Tujuan religi
  • Tujuan pendidikan
  • Tujuan komunikasi
  • Tujuan hiburan

Selain tujuan tujuan diatas, masih ada beberapa tujuan lain dari dibuatnya sebuah karya seni.

Fungsi seni

Semua hal pasti mempunyai fungsinya masing masing, termasuk seni. Seni secara umum mempunyai fungsi sebagai bentuk atau cara penyampaian ekspresi seseorang kepada orang lain dan lingkungannya. Berikut ada beberapa fungsi seni yaitu :

1. Fungsi seni secara individu

Untuk sebagian individu, seni mempunyai beberapa fungsi yaitu :

  • Seni berfungsi sebagai alat pemenuhan kebutuhan fisik
  • Seni sebagai alat pemenuhan kebutuhan emosional

2. Fungsi seni bagi sosial

Selain mempunyai fungsi pada setiap individu, seni juga memiliki fungsi di lingkungan sosial. Berikut adalah fungsi seni di lingkungan sosial yaitu :

  • Seni sebagai media agama atau kepercayaan
  • Seni sebagai media pendidikan
  • Seni sebagai media informasi
  • Seni sebagai media hiburan

3. Fungsi seni bagi kesehatan mental

Selain mempunyai fungsi di dalam individu dan juga di lingkungan sosial, seni juga mempunyai fungsi bagi kesehatan mental. Seiring perkembangan waktu, seni mampu digunakan untuk mengatasi beberapa kesehatan mental. Salah satu jenis seni yang banyak digunakan bagi kesehatan mental yaitu musik.

Terapi musik adalah sebuah upaya untuk bisa meningkatkan suasana hati dan juga kesehatan mental seseorang dengan menggunakan pendekatan terapeutik yang memanfaatkan sifat alami musik. Pemilihan lagu yang optimis mampu mengalihkan pikiran negatif dan bisa mempromosikan rasa positif. Musik bisa menurunkan stress.

Seni mempunyai beberapa fungsi yang sangat krusial bagi sebagian orang. Dengan seni kita bisa mendapatkan sebuah kenyamanan, mampu meredam atau menyalurkan perasaan dan juga emosi, mampu menyampaikan pesan dalam keagaamaan ke pada manusia, mencari sebuah informasi atau pesan, mengekspresikan diri, dan juga bisa menghibur diri.

Macam macam seni

Ada berbagai macam seni yang ada di lingkungan kita. Seni bisa dinikmati melalui berbagai media, mulai dari media pendengaran, penglihatan atau kombinasi keduanya. Secara umum, seni dibedakan menjadi 4 kelompok yaitu :

1. Seni Musik

apa yang dimaksud dengan seni
photo : google

Apa yang dimaksud dengan seni musik? Seni musik adalah sebuah karya seni yang menggunakan bunyi sebagai unsur utamanya. Selain itu, dalam musik ada juga unsur unsur lainnya seperti harmonisasi, melodi dan juga notasi. Seni musik bisa dihasilkan dari alat alat musik. Selain itu, suara musik bisa berasal dari manusia seperti akapela dan juga beatbox.

2. Seni Rupa

photo : google

Seni yang kedua yaitu seni rupa. Seni rupa adalah sebuah karya seni yang bisa dinikmati melalui media penglihatan atau visual art. Seni rupa mempunyai fokus utamanya yaitu pada karya yang mempunyai wujud dan juga rupa yang bisa di ekspresikan dalam sebuah bentuk lukisan, gambar, patung, kerajinan tangan, multimedia dan bentuk lainnya.

3. Seni Tari

photo : google

Jenis seni yang lainnya yaitu seni tari. Apa yang dimaksud dengan seni tari? Seni tari merupakan bentuk seni yang memanfaatkan gerakan tubuh sebagai keindahan. Seorang penari mampu menyampaikan maksud dan juga pesan tertentu hanya melalui gerakan tarian yang dia bawakan.

4. Seni Sastra

photo : google

Jenis seni selanjutnya yaitu seni sastra. Seni sastra adalah bentuk seni yang bs=isa dinikmati melalui media pendengaran dan juga penglihatan. Melalui seni sastra dalam kata kata, seseorang bisa menyampaikan berbagai pesan dan juga kesan dengan cara yang indah.

5, Seni Teater

photo : google

Dan jenis seni yang terakhir adalah seni teater. Apa yang dimaksud dengan seni teater? Seni teater adalah sebuah seni yang memvisualisaikan imajinasi atau menggambarkan sebuah pikiran seseorang. Hasil dari imajinasi itu berhubungan dengan perilaku makhluk hidup. Baik secara individu ataupun kelompok.

Contoh karya seni

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ada beberapa macam seni yang ada di sekitar kita. Namun dalam bentuknya, seni dibedakan menjadi 2 yaitu karya seni dua dimensi dan juga karya seni 3 dimensi.

Karya seni dua dimensi adalah sebuah karya seni yang mempunyai batas dua sisi, yaitu sisi panjang dan juga lebar. Sedangkan karya seni 3 dimensi adalah sebuah karya seni yang memiliki ukuran, panjang, lebar dan juga tinggi. Karya ini bisa dilihat dari segala arah.

Adapun beberapa contoh karya seni yaitu :

  • Lukisan
  • Patung
  • Musik
  • Postes
  • Mosaik
  • Relief
  • Drama
  • Film
  • Puisi
  • Kaligrafi
  • Gambar
  • Kerajinan tangan
  • Ukiran
  • Fotografi
  • Tari
  • Keramik
  • Dan masih banyak lagi

Dari penjelasan diatas, kita bisa mengetahui apa yang dimaksud dengan seni. Hasil seni nyatanya tidak akan terlepas dalam kehidupan manusia, karena setiap hasil seni mampu menyentuh semua bidang kehidupan.

Seni mempunyai berbagai jenis dan juga mempunyai fungsi tersendiri di dalam diri individu. Dengan seni juga bisa dikembangkan menjadi sebuah usaha dan mampu membantu kehidupan seseorang.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *