5 Makanan Esktrim ala Bobon Santoso. Berani coba ?

Bobon Santoso dikenal sebagai content creator yang seringkali membuat konten makanan ekstrim.

Ia mengawali karir di youtobe pada tahun 2019. Awalnya konten yang ia sajikan berupa memasak kepala babi dicampur  dengan bir. Setelah itu konten yang ia sajikan setahun belakangan sangat ekstrim. Mulai dari biawak, sate tikus kecil, kelelawar, dan masih banyak lagi.

Hal ini menuai respon pro dan kontra untuk konten dari Bobon Santoso.

Girlisme memberikan 5 makanan Ekstrim ala Bobon Santoso. Yuk simak

  1. Bakso TokekMakanan Ekstrim ala Bobon Santoso

Tokek merupakan hewan yang reptil yang memiliki ciri khas di suaranya.

Melansir Tempo, tokek  memiliki kemampuan istimewa yang berasal dari kombinasi anatomi tubuh dan rangkaian rambut mikroskopik pada telapak kaki. Perekat kering tersebut bekerja sama efektifnya pada tokek yang punya bobot 100 kali lipat berat spesies lainnya dalam keluarga besar mereka.

Reptil satu ini biasanya diburu karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Menurut Halalmui.com, tokek memiliki khasiat penyakit kulit, mencegah terjadinya kanker, menghambat pertumbuhan tumor, meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi asma dan masalah pada sistem pernafasan, meregenerasi sel rusak, meningkatkan stamina dan vitalitas pria, hingga mengatasi flu dan batuk.

Secara hukum islam, Menurut kaidah Fiqhiyyah, status hukum mengkonsumsi Tokek itu termasuk masalah Khilafiyah. Para ulama berbeda pendapat. Ada ulama yang menghalalkan, namun ada pula yang mengharamkannya. Bagi yang menghalalkannya, mereka mengemukakan argumen/ alasan bahwa segala sesuatu yang diharamkan oleh Allah maupun Rasul-Nya itu sudah dijelaskan semuanya di dalam Al-Qur’an maupun Al-Hadits. Dan selebihnya dari itu masuk dalam pengertian bahwa semua yang diciptakan Allah adalah untuk kepentingan dan kemanfaatan manusia.

Entah alasan apa yang membuat Bobon Santoso berani mencobanya. Tetapi meskipun begitu, kontennya sangat menarik, Girls.

2. Seblak Ceker BiawakSeblak Biawak

Dilansir dari idntimes.com, biawak adalah sebutan umum untuk keluarga kadal yang tergabung dalam genus Varanus. Komodo alias Varanus komodoensis termasuk di dalamnya.

Biawak menghuni tepi-tepi sungai atau saluran air, tepian danau, pantai, dan rawa-rawa termasuk rawa bakau.
Kebanyakan biawak merupakan karnivor sejati. Mereka memangsa aneka serangga, ketam atau yuyu, berbagai jenis kodok, ikan, kadal, burung, serta mamalia kecil seperti tikus dan cerurut. Biawak juga memakan bangkai, telur kura-kura, penyu atau buaya.

3. Mukbang Gitar

 

Geprek biasanya identik dengan ayam geprek, telur geprek, tetapi berbeda dengan Bobon Santoso. Dalam konten yang ia tampilkan, ia memasak geprek yang berbeda. Gitar geprek memang tidak lazim dan cara memakannya pun pasti tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Bobon Santoso menyantap  geprek gitarnya dengan nasi. Dalam kontennya ia memakan gitar gepreknya dengan nasi. Mungkin dia membayangkan makan nasi geprek gitar kayak makan steak kali, ya, Girls.

4. Steak KelelawarMakananEkstrim ala Bobon Santoso

Konon katanya memakan olahan kelelawar dapat menyembuhkan penyakit asma.Kuliner tersebut bisa didapatkan di warung makan yang berada di kawasan padukuhan Kelurahan Giripurwo Kapanewon Purwosari GunungKidul, Yogyakarta, yang memiliki keunikan hanya menyajikan menu olahan berbahan dasar kelelawar.

Bobon Santoso memakan dengan lahap kelelawar yang ia masak. Kelelawar termasuk burung menjijikkan karena memakan sampai ribuan serangga.

5. Sate Tikus KecilSate Tikus kecil

Ketika melihat konten makanan ekstrim milik Bobon Santoso bagian sate tikus, ini mengingatkan pada orang Afrika yang mengonsumsi sate tikus saat pandemi  covid. Jika orang afrika memakan sate tikus untuk bertahan hidup, berbeda dengan Bobon Santoso. Ia mengonsumsi sate tikus untuk konten.

Dilansir dari guesehat.com, asumsi  1 ekor tikus menghasilkan 300 gr daging. Nah, untuk setiap 300 gr daging tikus, terdapat 648 kalori, 63 gr protein, dan 33 gr lemak. Ini hampir setara dengan daging sirloin yang beratnya juga 300 gr, yang memiliki kandungan 684 kalori, 62 gr protein, dan 47 gr lemak.

Meski demikian, tambah Hana, daging tikus tidak menyumbang mineral yang banyak bagi tubuh. Dalam 300 gr daging tikus, hanya terdapat 14 mg zat besi dan 6 mg seng.

Apakah Girlisme minat untuk mencoba makanan ekstrim ?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.