Apa Yang Dimaksud Dengan Kewajiban? Berikut Penjelasannya!

Apa yang dimaksud dengan kewajiban? Kewajiban apa saja yang wajib kita patuhi dan kita laksanakan?

Seperti yang kita ketahui, kewajiban secara umum adalah sesuatu yang harus kita laksanakan tanpa terkecuali. Dalam hidup ini ada beberapa kewajiban yang sudah melekat dalam aktifitas masyarakat dalam kehidupan sehari hari. Pada dasarnya, dalam setiap diri manusia pasti mempunyai kewajiban yang harus dilaksanakan bersamaan dengan hak yang harus didapatkan.

Lalu apa sih sebenarnya kewajiban itu? Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan berikut ini!

1. Apa yang dimaksud dengan kewajiban?

photo : google

Secara umum kewajiban adalah sebuah tindakan yang harus dilakukan atau dikerjakan oleh individu. Semua tindakan yang harus dilakukan itu merupakan sebuah bentuk dari rasa tanggung jawab dari permasalahan yang sedang terjadi. Baik secara hukum atau moral. Kewajiban menjadi sesuatu yang akan selalu melekat di kehidupan manusia dalam bersosial dalam masyarakat, dan berlaku dari anak anak hingga orang dewasa.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kewajiban adalah sesuatu yang diwajibkan atau sesuatu yang harus dilaksanakan atau keharusan. Dari pengertian itu bisa dikatakan bahwa kewajiban adalah sebuah tugas atau pekerjaan yang harus bisa dikerjakan dan diselesaikan dengan baik.

Penerapan kewajiban bisa kita lihat saat berada di bangku sekolah. Dimana sebagai pelajar memiliki kewajiban untuk selalu belajar. Selain di bangku sekolah, masih banyak kewajiban lain yang mengikuti setiap kegiatan manusia. Mulai dari di dunia kerja, di lingkungan masyarakat, keluarga dan lain lain.

2. Pengertian kewajiban menurut para ahli

Apa yang dimaksud dengan kewajiban menurut para ahli? Beberapa ahli menyebutkan tentang pengertian kewajiban. Berikut adalah pengertian kewajiban menurut beberapa ahli.

  • John Salmond. Menurut John kewajiban adalah suatu hal yang harus dikerjakan oleh seseorang dan jika tidak melakukan  hal tersebut, maka akan memperoleh sanksi.
  • Prof. Notonegoro.  Kewajiban adalah sebuah beban memberikan suatu hal yang sudah semestinya diberikan oleh pihak tertentu.
  • Curzon. Menurutnya kewajiban dibagi menjadi 5 kelompok yaitu Kewajiban Mutlak, Kewajiban Primer, Kewajiban Universal, Kewajiban Positif dan juga Kewajiban Publik.

3. Jenis Jenis Kewajiban

Seperti yang dikatakan beberapa ahli diatas, ada berbagai jenis kewajiban yang mengikuti kehidupan masyarakat. Adapun jenis jenis kewajiban tersebut adalah :

  • Kewajiban Mutlak. Kewajiban mutlak adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh individu terhadap dirinya sendiri dan tidak berkaitan dengan hak apapun dan harus mengkaitkan hak di lain pihak. Contoh dari kewajiban mutlak adalah seorang individu wajib menjalankan ibadah atas kepercayaan yang mereka percaya. Sebagai umat yang beragama, menjalankan ibadah adalah bentuk kewajiban yang tidak bisa ditinggalkan.
  • Kewajiban Publik.  Lalu ada kewajiban publik. Apa yang dimaksud dengan kewajiban publik adalah jenis kewajiban yang berkaitan dengan hak di ruang publik. Kewajiban ini sering kita jumpai dalam beberapa peraturan hukum. Contoh dari kewajiban publik yaitu masyarakat harus mematuhi peraturan hukum yang berlaku.
  • Kewajiban Positif dan Negatif. Kewajiban ini adalah sebuah kewajiban manusia untuk bisa mengerjakan atau tidak mengerjakan suatu hal. Kewajiban positif adalah kewajiban individu untuk meniatkan dirinya melakukan suatu hal dan untuk kewajiban negatif adalah kewajiban individu untuk tidak meniatkan dirinya melakukan sesuatu.
  • Kewajiban Umum dan Khusus. Kewajiban umum adalah sebuah kewajiban yang ditujukan kepada seluruh warga yang tinggal di suatu wilayah. Dan untuk kewajiban khusus yaitu kewajiban yang hanya dilakukan oleh beberapa golongan saja.
  • Kewajiban Primer.  Kewajiban primer yaitu kewajiban yang bisa muncul dari tindakan atau perilaku individu yang tidak melawan hukum. Kewajiban ini berkaitan dengan peraturan dan hukum yang berlaku di suatu wilayah.

a. Jenis Kewajiban Berdasarkan Sumber

Jenis kewajiban berdasarkan sumbernya digolongkan menjadi 2, yaitu :

  • Kewajiban Hukum. Adalah kewajiban yang harus ditaati. Jika tidak ditaati, maka akan diberikan sanksi hukum yang berlaku di suatu wilayah.
  • Kewajiban Moral. Kewajiban moral adalah kewajiban yang harus dipatuhi. Dalam pelaksanaannya kewajiban ini harus dilakukan sesuai dengan kondisi hari nurani dari setiap individu.

b. Jenis Kewajiban Berdasarkan Bentuk

Jika dilihat berdasarkan bentuknya, kewajiban dibedakan menjadi 3, yaitu :

  • Kewajiban Sosial. Apa yang dimaksud dengan kewajiban sosial? Adalah kewajiban yang mengarah kepada setiap hal yang bisa diterima seseorang secara kolektif. Jika seseorang sudah menyetujui kesepakatan yang dibuat makan harus menjalankan persyaratan tersebut.
  • Kewajiban Tertulis. Kewajiban tertulis adalah kewajiban yang masuk ke dalam perjanjian atau kontrak. Setiap orang yang ada dalam perjanjian tersebut harus melakukan kewajiban yang sudah dituliskan dalam perjanjian tersebut.
  • Kewajiban Politik. Adalah sebuah kewajiban yang dimiliki setiap orang atas pandangan politiknya. Kewajiban politik bisa dikatakan sebagai salah satu persyaratan masyarakat dalam mematuhi peraturan hukum yang sudah berlaku di negara tersebut.

6. Contoh Kewajiban

apa yang dimaksud dengan kewajiban
photo : google

Dari penjelasan diatas, kita jadi tahu ternyata ada beberapa jenis kewajiban yang harus kita jalankan. Untuk lebih mudah dalam memahami apa itu kewajiban, berikut ada beberapa contoh kewajiban yang mungkin saja sedang kita lakukan sehari hari.

  • Kewajiban dalam berkendara. Dalam berkendara, kita harus mematuhi beberapa kewajiban yang berlaku. Mulai dari mematuhi setiap rambu lalu lintas yang berlaku. Tujuannya adalah agar mengurangi resiko terjadinya sebuah kecelakaan. Sebagai pengendara yang baik, juga diwajibkan untuk mengenakan pelindung ketika berkendara. Pelindung yang dimaksud adalah helm untuk pengendara motor dan sabuk pengaman untuk pengendara mobil.
  • Kewajiban dalam lingkungan rumah. Selain kewajiban dalam berkendara, sebagai manusia yang hidup bersama keluarga, kita wajib mematuhi kewajiban dalam lingkungan rumah. Beberapa kewajiban dalam lingkungan rumah yang wajib dipatuhi adalah menjaga kebersihan rumah, melakukan penghematan pada penggunaan listrik, menaati peraturan peraturan baik yang sudah ditetapkan dalam keluarga, membantu pekerjaan rumah orang tua, dan masih banyak lagi kewajiban yang harus dipatuhi dalam lingkungan rumah.
  • Kewajiban di lingkungan masyarakat. Sebagai manusia yang tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat, ada beberapa kewajiban yang harus dipatuhi di lingkungan masyarakat. Kewajiban ini termasuk dalam kewajiban tidak tertulis namun sudah pasti melekat dalam diri seseorang. Dalam lingkungan masyarakat, kita wajib untuk tidak mengganggu orang lain, membantu seseorang yang sedang mengalami kesulitan, saling menghormati dan menghargai orang lain tanpa memandang suku, ras, agama, bahasa dan lain lain.
  • Kewajiban dalam lingkungan sekolah. Salah satu contoh kewajiban yang paling dasar adalah kewajiban dalam lingkungan sekolah. Di lingkungan inilah beberapa bentuk kewajiban mulai diterapkan dan diajarkan kepada seluruh siswa. Mulai dari menghormati guru dan semua staf yang ada di sekolah, menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan, mengumpulkan tugas tepat waktu, mengikuti proses belajar mengajar dengan baik dan benar, menghargai siswa lain dan masih ada beberapa kewajiban lain yang harus dilakukan oleh setiap siswa.

Jadi kesimpulannya, apa yang dimaksud dengan kewajiban adalah suatu hal yang harus dilakukan oleh setiap orang. Kewajiban ini harus dilakukan dengan benar dan penuh dengan rasa tanggung jawab. Kewajiban yang selalu dipatuhi akan membuat kehidupan menjadi lebih baik dan teratur. Itulah tadi penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan kewajiban. So, sudahkah kamu menjalankan kewajibanmu hari ini?

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.