Apa yang Dimaksud Dengan Iklan? Ini Penjelasannya!

Apa yang dimaksud dengan iklan? Mengapa banyak orang yang menggunakan iklan untuk bisnis dan kegiatan mereka? Apa sih fungsi dari iklan yang ditayangkan?

Mungkin beberapa pertanyaan diatas pernah terlintas di benak kamu. Seperti yang kita lihat bersama, perkembangan teknologi membuat semuanya serba digital. Salah satunya iklan. Iklan umumnya identik dengan berbagai kegiatan promosi dan pemasaran. Baik promosi sebuah produk, jasa ataupun yang lainnya.

Iklan juga bisa dilakukan oleh siapa saja dengan cara apa saja. Seperti menyebarkan selebaran, poster, pengumuman dan masih banyak lagi. Lalu apa sih sebenarnya iklan itu? Apa tujuan dibuatnya iklan?

Nah untuk menjawab semua pertanyaan pertanyaan tersebut, yuk simak ulasan dibawah ini!

1. Apa yang dimaksud dengan iklan?

photo : google

Iklan adalah sebuah media informasi yang berisi tentang sebuah pesan yang mempunyai tujuan untuk bisa membujuk serta mengajak orang lain untuk bisa membeli, menggunakan, mengkonsumsi barang atau jasa yang ditawarkan dalam media tersebut. Selain bisa digunakan untuk kegiatan promosi dan masalah komersil lainnya, iklan juga bisa berguna untuk membuat audiens atau pembaca melakukan hal hal yang bersifat baik.

Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, iklan adalah sebuah berita pesanan untuk bisa mendorong, membujuk, mengajak khalayak luas agar tertarik kepada barang dan juga jasa yang ada dalam iklan tersebut. Iklan juga didefinisikan sebagai sebuah pemberitahuan kepada masyarakat luas mengenai sebuah barang atau jasa yang hendak di jual. Iklan biasanya terpasang dalam media massa seperti surat kabar, majalah dan lain lain yang adanya di tempat umum.

Perkembangan teknologi membuat iklan tak lagi hanya tersedia di media massa saja, namun sekarang iklan juga bisa ditemukan di media media online atau media sosial. Seperti dalam televisi, radio, website dan masih banyak lagi. Efek dari iklan bisa dirasakan langsung oleh penjual karena produknya bisa dikenal oleh masyarakat yang lebih luas.

Cara beriklan yang semakin mudah membuat siapa saja bisa memasang iklan di media yang dia inginkan.

2. Fungsi Iklan

Iklan merupakan media untuk membujuk masyarakat luas. Jadi secara tidak langsung, iklan berfungsi untuk membujuk masyarakat untuk bisa membeli atau mengkonsumsi sebuah produk dan jasa. Namun lebih dari itu, iklan mempunyai beberapa fungsi lainnya. Adapun fungsi lain dari iklan yaitu :

a. Membujuk

Fungsi iklan yang pertama adalah membujuk. Fungsi inilah yang menjadi fungsi utama sebuah iklan, yaitu agar bisa membujuk masyarakat luas untuk membeli atau memakai jasa jasa dan produk yang ada dalam iklan.

b. Memberikan Informasi

Fungsi yang kedua yaitu dalam iklan juga terdapat beberapa informasi lainnya. Iklan sangat berguna dalam memberikan informasi terkait produk atau jasa yang akan ditawarkan, seperti fitur, keunggulan, manfaat produk atau jasa, harga dan masih banyak lagi.

c. Mengingatkan

Fungsi iklan yang selanjutnya yaitu mengingatkan. Keberadaan iklan bisa berfungsi sebagai alat pengingat untuk masyarakat agar bisa menjaga perhatian terhadap produk yang ditawarkan.

d. Memberikan Nilai Tambah

Fungsi yang terakhir adalah iklan mampu memberikan nilai tambah bagi merek. Selain itu juga bisa mempengaruhi pandangan konsumen terhadap produk atau jasa. Iklan dianggap efektif apabila mampu mempengaruhi konsumen untuk bisa melihat produk sehingga timbul rasa ingin membeli dan memiliki. Serta konsumen bisa melihat produk tersebut merasa lebih unggul dari produk produk lainnya.

3. Jenis Jenis Iklan

Ada banyak sekali media iklan yang bisa berguna untuk menyiarkan atau mengiklankan sebuah produk dan jasa. Media iklan yang banyak itu terbagi dalam berbagai kategori atau jenis iklan. Adapun jenis jenis iklan yang sering terpakai di kegiatan promosi yaitu :

a. Iklan Komersial

photo : google

Apa yang dimaksud dengan iklan komersial? Iklan komersial adalah iklan yang mempunyai tujuan untuk bisa mempromosikan dengan maksud agar orang lain bisa membeli produk atau jasa yang ada dalam iklan. Iklan komersial mempunyai ciri ciri yaitu :

  • menggunakan pemilihan kata atau diksi yang mudah dipahami dan juga menarik
  • menggunakan kata atau kalimat yang bersifat membujuk
  • menjelaskan dan juga menawarkan produk atau jasa dari perusahaan

Contoh iklan komersial adalah iklan Indomie dengan tagline “Indomie Seleraku” dan lain lain.

b. Iklan non komersial

photo : google

Apa yang dimaksud dengan iklan non komersial? Adapun iklan non komersial adalah iklan yang hanya ditujukan untuk memberikan informasi, edukasi, himbauan kepada masyarakat. Iklan non komersial biasanya dibuat oleh lembaga pemerintah. Iklan non komersial terbagi menjadi dua macam yaitu :

  • Iklan Media Cetak. Iklan media cetak adalah iklan yang prosesnya dengan cara di cetak. Iklan ini banyak kita jumpai di koran koran, majalah, poster, baliho, stiker dan lain lain.
  • Iklan Media Elektronik. Dan untuk iklan media elektronik adalah iklan yang memanfaatkan media elektronik dalam promosinya seperti televisi, radio hingga media sosial.

Contoh dari iklan non komersial adalah himbauan untuk tidak merokok, ajakan untuk bisa mencuci tangan pakai sabun dan lain lain.

4. Tujuan Iklan

Lalu apa sih sebenarnya tujuan iklan? Berikut adalah beberapa tujuan beriklan.

  • memberitahukan kepada masyarakat tentang sebuah produk barang atau jasa
  • mempengaruhi masyarakat tentang suatu produk barang atau jasa
  • menyarankan orang lain untuk membeli, menggunakan dan mengkonsumsi suatu produk barang atau jasa
  • memberikan informasi tentang produk jasa
  • dan juga menarik khalayak ramai

5. Ciri Ciri Iklan

Iklan mempunyai beberapa ciri ciri yang bisa kita lihat. Adapun ciri ciri dari iklan adalah :

  • Menggunakan kata kata yang singkat. Iklan harus bisa menarik perhatian masyarakat. Iklan yang menggunakan kalimat terlalu panjang tidak akan menarik perhatian masyarakat.
  • Diksi adalah sugesti. Pemilihan diksi yang benar dalam iklan bisa semakin menambah sugesti masyarakat untuk bisa membeli produk atau jasa tersebut.
  • Bersifat Informatif. Iklan harus bisa memperlihatkan informasi dengan detail dari produk atau jasa yang akan ditawarkan.
  • Targetet. Yang dimaksud disini adalah iklan harus bisa mencari target sasaran untuk bisa memasarkan produk.

6. Bagian Bagian Teks Dalam Iklan

apa yang dimaksud dengan iklan
photo : google

Iklan mempunyai beberapa bagian bagian teksnya yang berguna untuk mengajak orang lain membeli atau menggunakan jasa dan produk yang ditawarkan. Bagian bagian teks dalam iklan yaitu :

  • Judul iklan atau headline
  • Visual atau gambar yang mendukung
  • Badan iklan atau body copy
  • Foto foto produk yang akan diiklankan
  • Logo, slogan atau nama perusahaan

Bagian bagian diatas merupakan iklan yang cukup kompleks. Namun banyak perusahaan yang tidak menggunakan beberapa bagian iklan diatas untuk bisa menarik perhatian khalayak. Salah satu produk yang tidak menggunakan semua komponen bagian iklan tersebut adalah iklan iPhone. iPhone hanya menggunakan sebuah foto produk dan juga 1 kalimat yang mudah diingat masyarakat.

Itulah tadi penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan iklan, jenis jenis iklan, fungsi iklan, ciri ciri iklan dan beberapa penjelasan lainnya. Dari penjelasan tersebut, kita semakin paham mengapa iklan sangat penting dalam kegiatan promosi bagi sebuah perusahaan. Iklan mana nih yang sangat kamu hafal dan kamu ingat?

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.