Connect with us

Relationship

4 Kebiasaan Cewek yang Ternyata jadi Penyebab Utama Rambut Rontok! Sering Dianggap Sepele dan Diabaikan Nih…

Irma El-Mira

Published

on

DHI Global Medical Group

GIRLSIME.COM – Sudah gonta-ganti perawatan rambut tapi kok masih rontok juga?? Bikin kesel dan nggak pd, kemana-mana rambut rontok pasti menghantui!

Nah, jangan-jangan 4 kebiasaan ini masih kamu lakukan ya, Girls??

 

1. Ikat rambut yang terlalu kencang, bikin rambutmu gampang rontok dan patah…

YouTube.com

Buat kamu yang hobi banget nguncir rambut, perhatiin deh yang satu ini. Menguncir terlalu kencang akan memberikan tekanan berlebih pada folikel rambut. Membuat rambut menjadi susah bernapas dan bahkan nggak punya ruang. Hal ini bakal mengganggu pertumbuhan rambutmu, membuat rambut susah tumbuh, patah, dan rontok.

Jalan keluarnya adalah dengan mengkat rambut secukupnya dan jangan terlalu keras. Juga bisa dnegan memindahkan posisi ikatan rambut, agar tidak menekan bagian rambut yang itu-itu saja. Kamu juga disarankan buat menggerai rambut saat tidur, dan jangan dikuncir saat masih basah.

 

2. Menggaruk kepala terlalu keras…

Medium.com

Kalau kepala gatal rasanya pingin langsung digaruk sekeras mungkin, supaya gatalnya cepat hilang.

Eh tapi ternyata kebiasaan ini berbahaya lho Girls!Gerakan menggaruk yang terlalu kuat bakalan merusak jaringan kulit kepalamu, atau yang biasa disebut kutikula. Kerusakan inilah yang kemudian memicu terjadinya rambut rontok.

Kalau misalnya rambutmu gatel, tanganilah dengan lebih baik, dengan melakukan perawatan untuk menghilangkan jamur ataupun ketombe yang mungkin muncul. Bisa juga dengan memberikan nutrisi agar kulit kepalamu tidak kering dan menyebabkan gatal-gatal.

 

3. Keseringan keramas…atau terlalu mager keramas?? Dua-duanya!

Lipstiq.com

Serba salah ya memang, terlalu sering keramas ataupun terlalu jarang keramas, keduanya beresiko nyebabin rontok!

Jarang keramas bakalan mengundang jamur tumbuh di kulit kepalamu, akibatnya menyebabkan ketombe dan rasa gatal. Jamur juga bisa mengganggu pertumbuhan rambutmu dan nustrisinya, akibatnya jadi cepat rontok dan patah-patah.

Tapi terlalu sering keramas juga nggak baik. Hal ini bakalan menghilangkan minyak alami di kulit kepalamu, menjadikannya kering, gatal, dan menyebabkan rambutmu lebih rapuh.

Nah, kamu kira-kira tim yang mana nih?? Terlalu mager atau terlalu rajin?? 😀

 

4. Memaksa menyisir rambut kusut!

femalehairlosshelp.com

Rambutmu kusut dan kamu sisir dari arah atas ke bawah? Salah!

Gerakan menyisir seperti itu bakalan bikin rambutmu rontok dan tercabut lho Girls. Kalau memang rambutmu masih kusut, baiknya kamu sisir dulu yang bagian kusutnya saja. Kalau misalnya kusutnya di bagian bawah, selesaikan dulu di bagian itu. Kalau sudah rapih, barulah sisir kembali dari bagian atas.

Hindari juga ya menyisir rambut saat masih basah! Keadaan lembab memang bikin rmabutmu jadi lebih gampang rontok dan tercabut. Karena itu baiknya dikeringkan dulu baru disisir dengan perlahan.

Nah, kebiasaan nomor berapa nih yang sering kamu lakukan di rumah??

Irma El-Mira
Irma El-Mira Husbuyanti ; Yogyakarta ; [email protected] ; Penulis Buku : The Secret Way of Choosing, Jatuh Bangun Mark Zuckerberg, Jatuh Bangun Jack Ma, Jatuh Bangun Jeff Bezos.
Irma El-Mira on InstagramIrma El-Mira on Twitter

Beri Komentar

Trending