Kamu Cewek Tapi Tertarik Mendaki? Great, Ini Tips dan Triknya!

  • Whatsapp

Dunia mengenal Indonesia sebagai negara kepulauan. 70% dari total luas negara ini terdiri dari perairan dan 30% nya berupa dartan yang sangat eksotis. Indonesia dengan ribuan pulaunya yang membentang dari sabang hingga merauke, Indonesia menjanjikan petulangan yang menantang dan patut untuk dicoba nih, dari hutan tropis, tanah gambut, dataran kering, hingga pegunungan. Dengan Lokasinya yang terletak di daerah Ring of Fire, Indonesia memiliki beragam Gunung baik yang aktif dan gunung yang sudah mati.

Berbicara soal gunung tak akan lepas dari aktivitas hiking atau yang sering kita kenal “mendaki” . Masih ingatkah dengan film 5cm yang hits di akhir 2012 lalu? 4 orang sahabat dari bangku sma yang berada di Jakarta mendaki atap pulau Jawa, Gunung Semeru 3676mdpl. Perjuangan mereka untuk mendaki gunung semeapun terbayarkan setelah mencapai puncak Mahameru.

Read More

Nah setelah film itu booming di Indonesia, banyak sekali bermunculan para pendaki baru. Nggak cuma laki-laki tapi perempuan udah semakin familiar dengan aktifitas mendaki gunung. Tau nggak sebelum film 5cm itu release th 2012 sudah ada lho beberapa pendaki cantik yang menjelajah gunung-gunung di Indonesia. Mereka tergabung dalam klomunitas Wanita Gunung. Salah satunya Adinda Pertiwi.  Mendaki gunung itu nggak mudah lho, untuk sukses menggapai puncak yang ingin dicapai, perlu ada persiapan yang matang sebelum pendakian dan saat pendakiannya ujar pemilik akun instagram @pertiwidinda.

BACA JUGA :  Romantisnya Bulan Madu Ala Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara, Siap-Siap Baper ya!

Nah ini hal –hal yang perlu girls perhatikan saat mendaki Gunung :

1.Yang utama, Persiapkan mentalmu.

copyright by phinemo.com

Persiapan mental ini sangat penting lho girls, sepertri niat untuk melakukan sesuatu, kita perlu meniatkannya dulu. Nah dengan memantapkan mental kita bahwa kita akan mendaki gunung yang jauh dari rumah, nggak ada sinyal dan gelap kita harus berani menghadapi berbagai kemungkinan yang akan terjadi. Kalau kata pepatah sih, “your only limit is you” jadi kalau fisik kita lelah pun tapi kalau mental kita baja, badan pasti akan nurut. Your body believes waht your mind believes hehehe. So persipakan mentalmu dan jangan lupa minta doa restu orang tua yah.

2.Jangan sampe kelewatan, Latihan Fisik!

copyright by duapagi.com

Nah fisik ini penting banget, karena kita jalan jalan nggak di mall yang Cuma naik turun lift, tapi kita naik turun tanjakan batu tanah dan medan yang kadang terjal juga. Latihan fisik bisa dimuali dari lari jogging untuk melatih otot kaki dan otot jantung biar nggak mudah ngos-ngosan saat nanti mendaki. Selain itu latian renang juga sangat bermanfaat terutama unutk melatih pernafasan bukan Cuma saat melakukan pendakian aja. Nah lakukan kegiatan rutin ini paling tidak sebulan, Kesiapan fisik saat pendakian akan kerasa banget bedanya, antara fisik yang dilatih atau tidak. Contoh pengaruhnya seperti meminimalisir terjadinya cedera otot saat pendakian, mengatur ritme pernafasan, dan karena otot yang terlatih ketahanan kerja ototnya juga lebih baik.

3.Yang ketiga lengkapilah Peralatan Pendakianmu!

copyright by greatriver.com

Alat atau perlengkapan yang dibawa untuk mendaki ada perlengkapan pribadi dan perlengkapan kelompok. Perlengkapan pribadi seperti perlengkapan saat berjalan (sepatu, baju dan celana lapangan, sarung tangan, trekking pole, kaus kaki, jaket gunung, buff, topi, headlamp, jas hujan), perlengkapan untuk di tenda (baju dan celana ganti yg hangat, kaus kaki tebal, sleeping bag, matras), perlengkapan lainnya yang bersifat pribadi (alat mandi, handuk, pelembap, sunscreen, kamera, alat shalat), P3K, perlengkapan navigasi (peta perjalanan, kompas), perlengkapan darurat (pisau, pluit, lighter), makanan pribadi (coklat, snack, permen, roti, buah), dan air minum. Perlengkapan kelompok seperti tenda, cooking set, kompor dan bahan bakarnya, trash bag, logistik kelompok (untuk makanan berat selama di gunung). Untuk perlengkapan pribadi wajib dibawa sendiri (tidak boleh dititipkan) dan untuk perlengkapan kelompok dibagi ke masing-masing anggota grup sesuai kemampuan masing-masing untuk membawanya. So pastikan sebelum mendaki kamu sudah melengkapi alat alat di atas yah.

BACA JUGA :  Teras Kaca Gunungkidul, Obyek Wisata Terbaru yang Lagi Hitz di Instagram!

Jadi gimana, udah siap untuk mendaki gunung. Ikutin tips di atas yaa dan selamat mendaki.

 

written by Ikhsan sityardi

edited by Nadhifah Azhar

Related posts