Sesama Anak Pertama Dilarang Menikah? WHY? Ini Syaratnya Biar Pernikahanmu Langgeng…

  • Whatsapp

Pernikahan adalah hal yang sakral dan terjadi kepada dua pasangan yang akan melewati mahligai baru kehidupan. Pernikahan berdasarkan perasaan ingin saling memiliki dan mencintai menjadi harapan bagi semua orang. Namun bagaimana bila pernikahan terhalang karena dasar-dasar yang belum jelas asal muasalnya ?

Smartgirl kalau kamu berniat menikah dengan orang jawa dan keluarganya sangat kental dengan adat dan budaya maka ini nih hal yang musti kamu perhatikan terlebih dahulu biar kamu nggak kaget..

Read More

1. Siji Jejer Telu (Satu berjajar tiga)

Maksudnya adalah misal smartgirl anak pertama kemudian akan menikahi anak pertama juga yang orang tuanya juga anak pertama dalam keluarganya, sehingga bila disusun akan membentuk angka 1 1 1 sayangnya hal tersebut dipercaya akan membuat pernikahanmu tidak akan sejahtera nih smartgirl. Mungkin bisa diperkirakan kamu nggak akan langgeng, kesulitan ekonomi, dan hidupnya nggak bahagia.

Mahligai pernikahan indah yang kalian bayangkan akan terjadi setelah pernikahan pun pupus. Selain itu, posisi psikologis ketika anak pertama menikahi anak pertama dalam keluarganya juga mereka akan sama-sama keras kepala nih karena mereka sama-sama menjadi leader dalam keluarganya untuk menjaga adik-adiknya.

Namun, tenang aja smartgirl hal ini masih bisa dijalani kok selama kedua belah pihak saling terbuka dan berkomunikasi dengan baik. Smartgirl nggak perlu khawatir kalau rumah tangga nggak akan berjalan mulus karena semua itu tergantung dua orang yang menjalani ya..

BACA JUGA :  Ini Cerita Tentang 17 Orang yang Tergulung Ombak, Apa Ada Hubungannya Dengan Penguasa Pantai Selatan?

2. Letak Rumah Calon Suami atau Isteri

Kalau diadat jawa ada-ada saja yang membuat banyak orang kaget dengan legendanya. Salah satunya ini nih smartgirl, bila kakak kita menikah dengan orang yang tinggal di desa A kita tidak boleh lagi menikah dengan orang yang tinggal didesa yang sama (desa A).

Kenapa? menurut kepercayaan bila kita tetap memaksa menikah dengan orang yang tinggal di desa yang sama maka kita akan kehilangan salah satu orang tua (meninggal) kita. Waduh ini sih serem ya legendanya smartgirl, tapi pada kenyatannya  umur manusia bukan kita menentukan karena semua adalah rahasia Tuhan.

Lagi pula ada juga kok yang tetap menikah dan tidak terjadi apa-apa, kalaupun orang tuanya meninggal itu karena sudah waktunya dipanggil yang maha kuasa.

3.  Letak Rumah Calon Mempelai Berhadapan 

Masih berhubungan dengan poin nomer 2, dalam hal ini dikatakan calon mempelai tidak boleh rumahnya saling berhadapan. Karena berdasarkan kepercayaan masyarakat Jawa hal tersebut dilarang keras karena akan membuat hubungan kedua keluarga menjadi tidak baik.

Legenda tersebut memang ada benarnya. Secara dilihat dari lingkungan otomatis kedua keluarga saling tahu masalah keseharian keluarga masing-masing sehingga biasanya memicu konflik-konflik kesalahpahaman antar keluarga apalagi kalau lingkungan rumahnya dipenuhi orang-orang yang suka menggosip dan tidak suka dengan kedua keluarga tersebut, bisa memicu konflik besar karena gosip-gosip yang beredar.

Kalau smartgil dan pasangan sudah mengetahui resiko dan menemukan jalan tengah untuk melanjutkan pernikahan itu bisa dicoba untuk dilakukan ya, karena semua nggak ada yang nggak mungkin kok selama kita berusaha. Be positive smartgirl !

 

Smartgirl nggak takut kan menikahi orang jawa? tenang aja nggak semua orang jawa masih kental dengan adat dan budayanya. Masih ada kok orang jawa yang sudah berpemikiran maju dan moderen. Tetap semangat ya? Jangan lupa like share comment dibawah 🙂

BACA JUGA :  Surat Terbuka untuk Iklan-iklan Rumah Tangga di TV : Ngurus Anak Bukan Cuma Tugas Istri!

Related posts