Mau Pergi Liburan ke Danau Toba? Harus Tahu Dulu Sejarahnya Dong!

  • Whatsapp

Tentunya masyarakat Indonesia sudah tahu apa itu Danau Toba terletak di Provinsi Sumatra Utara dan ternyata merupakan danau terbesar di Indonesia. Dimana di tengah danau ini bersemayam sebuah pulau, yaitu Pulau Samosir.Sebagian besar rakyat Indonesia mengenal Danau Toba dari cerita rakyat, dan tentunya ada di pelajaran saat duduk di Sekolah Dasar. Apabila kita mengintip pesona alamnya, Danau Toba menawarkan hamparan danau dengan air yang jernih berwarna biru danau ditambah dengan udara sejuk yang menerpa anda  jika anda “iseng” menaiki kano ke tengah danaunya.

Tapi perlu diingat, jika anda berminat ke Pulau Samosir anda bisa menaiki Fery. Di pulau tersebutlah anda bisa menikmati hamparan Danau Toba secara utuh. Kegiatan yang bisa anda lakukan di Danau Toba diantaranya bermain jet ski, mengelilingi danau dengan menggunakan perahu, menikmati tantangan menaiki banana boot, menyaksikan berbagai tarian adat setempat, menyaksikan perlombaan balap perahu, dan lain-lain. Danau Toba juga dikelilingi oleh Pohon Pinus yang rindang, jadi tak perlu khawatir dengan suasananya, tentunya suasana di tempat ini sangatlah asri.

Warga di sekitar Danau Toba bermata pencaharian utama yaitu petani dan nelayan. Hal tersebut karena warga masih mengandalkan kekayaan alam sekitar, dan mereka juga menjunjung tinggi adat istiadat dan budaya.

Apabila anda tertarik untuk mengarungi wisata di Danau Toba, anda bisa memilih waktu yang tepat untuk berkunjung, seperti pada saat event upacara adat dan festival danau toba. Anda bisa memaksimalkan dan mendapatkan pengalaman unik ke Danau Toba, tidak hanya bermain air dan memanjakan mata dengan pesona alamnya.

Di balik keindahannya, ternyata danau ini sangatlah kental dengan legenda rakyatnya. Mungkin di setiap daerah mempunyai cerita Danau Toba yang berbeda, tapi secara garis besarnya sama. Alkisah dahulu hidup seorang petani yang rajin dan sebatang kara yang sedang memancing ikan. Akan tetapi, ikan hasil tangkapannya tersebut bukanlah ikan biasa. Melainkan ikan yang bisa berbicara, dan ternyata ikan tersebut ialah jelmaan seorang putri yang dikutuk menjadi ikan.

Setelah dikembalikan ke air, ikan tersebut berubah menjadi wanita yang cantik dan petani tersebut pun memperistri wanita tersebut. Akan tetapi ada sebuah persyaratan yang tidak boleh dilanggar oleh sang petani tersebut, bahwa tidak boleh menyebutkan asal-usul puteri dari seekor ikan, jika dilanggar maka akan terjadi malapetaka.

Waktu pun berlalu dan akhirnya dikaruniai seorang anak laki-laki, tetapi sifatnya suka makan. Pada suatu hari anaknya memakan semua makanan dari petani tersebut, karena sang petani atau sang ayah kesal, maka marahlah petani tersebut dan  berkata, “dasar anak ikan!”. Maka seketika anak dan istrinya pun hilang, dan dari bekas pijakan kakinya tiba-tiba menyembur air yang sangat deras hingga menjadi telaga dan akhirnya membentuk sebuah danau.

Setelah tahu sejarahnya, SmartGirl jangan lupa sempatkan untuk travelling kesana ya!Selamat Mencoba!

Related posts