Mau Makan Sehat Tapi Bingung Mau Apa? Coba Deh 4 Makanan dari Daun Binahong Ini, Sudah Unik Sehat Pula!

  • Whatsapp

Untuk para remaja maupun dewasa, khususnya yang suka membuat berbagai olahan makanan. Sekarang kalian dapat membuat makanan sehat dari daun binahong, sekaligus memanfaatkan daun binahong yang hingga saat ini belum digunakan. Sebelumnya apa sih daun binahong itu dan apa khasiatnya bagi kesehatan? Nah kita bahas sedikit ya SmartGirl supaya lebih faham tetang khasiat daun binahong, dan lebih tertarik tentunya.

Binahong (Anredera cordifolia)  memiliki berbagai manfaat untuk mencegah berbagai penyakit. Secara empiris beragam khasiat binahong telah diakui, untuk mengatasi beberapa penyakit seperti luka bakar, kanker, dan jantung (Widya et al. 2013). daun binahong banyak tumbuh di daerah beriklim tropis dan mudah untuk dibudidayakan. Selain itu salah satu tanaman yang secara empiris digunakan sebagai obat antibakteri adalah “Binahong” (Anredera cordifolia (Tenore) steenis) (Setiaji, 2009).

Read More

Selain mudah di dapat dan harganya yang cukup murah, tanaman binahong ini memiliki khasiat menghambat beberapa penyakit, diantaranya tersebab mikroorganisme (Yuswantina, 2009)

Wow kan,, khasiatnya SmartGirl, jadi jangan ragu untuk memanfaatkan bahan herbal seperti dedaunan, terutama daun binahong yang masih kurang dikenal dan dimanfaatkan higga saat ini.Nah, sekarang mari simak bersama. Berikut 4 makanan sehat berbahan dasar daun binahong, yang dapat kita buat dengan mudah dan cepat :

1.Es krim binahong

copyright by www.sayshello.com

BACA JUGA :  Penggemar Makanan Melayu? Makanan Khas Tanjung Balai Karimun Ini Wajib Banget Kamu Cicipi

Hampir semua kalangan sangat menyukai es krim, baik anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa. Saat ini es krim terbuat dari berbagai macam bahan alami, mulai buah hingga tanaman obat.

Dalam pembuatan es krim ini, kita menggunakan ekstrak binahong untuk pembuata es krim. Cara pembuatan es krim ini seperti pembuatan es krim pada umumnya, serta bahan pembuatan es krim yang mudah di dapat seperti susu, gula, dan tepung maizena.

2.Kripik binahong

copyright by www.topkreezz.com

Sama dengan pembuatan kripik bayam. Diawali dengan mencuci daun kemudian melapisi daun tersebut dengan tepung, dan di goreng. Atau dapat menggunakan teknik lain, yaitu dengan memotong atau menghaluskan daun binahong, kemudian dicampur dengan tepung dan digoreng tipis, agar terasa krispi.

Dapat meggunakan tepung terigu ataupun tepug beras agar kripis bertekstur lebih keras dan kriuk (krispi dan renyah).

3.Bubur ekstrak binahong

copyright by pimpmyporridge.com

Daun binahong dihaluskan terlebih dahulu kemudian dicampurkan ke dalam bubur nasi saat sudah hampir masak, tujuannya agar khasiat dalam dau tersebut masih tinggi. Bubur tersebut dapat menggunakan bumbu-bumbu biasa, misalnya kari ataupun ayam bawang. Pastinya sangat lezat dan menyehatkan.

4.Sambal goreng binahong

copyright by www.kaboler.blogspot.com

Untuk membuat makanan ini kita harus memotog kecil-kecil daun binahong kemudian ditumis bersama cabai, bawang merah, bawah putih dan bumbu lainya. Bisa ditambahkan denga kecap agar rasanya lebih manis dan gurih. Dapat digunakan sebagai lauk lho.

 

Nah, itulah makanan sehat recomeded yang sangat bermanfaat dan mudah dibuat lho SmartGirl …

Selain menciptakan makanan lezat nan sehat, kita juga dapat memanfaatkan sumber daya alam dengan bijak dan secara optimal. Mulai sekarang jangan meyepelekan hal-hal yang di sekitar kita ya..

BACA JUGA :  5 Kafe Hitz di Lampung, Kamu udah kesini belum?

 

written by Wiwit Anggreini

edited by Nadhifah Azhar

Related posts