Begini Lho Penampakan Indonesia Dalam Zona Mitologi ! Cari Tau Deh Kamu Bagian Yang Mana?

  • Whatsapp

Sebagai anak-anak Indonesia, kita pastinya pernah diceritakan oleh Mama-Mama di rumah mengenai sosok-sosok astral dan mistis, yang ada di daerah tempat tinggal kita. Nah smartgirl tau nggak sih kalau sosok ini selalu memiliki gambaran yang has yang unik, entah itu dari bentuk tubuh, atau cerita mengenai asal muasal kemunculannya. Yuk kita kupas satu persatu smartgirl!

 1. Orang Pendek 

Merupakan sosok yang begitu dikenal oleh masyarakat Pulau Sumatera. Ketenaran hewan kriptid ini bahkan sudah menyebar sejak Indonesia masih didiuduki oleh Belanda dan juga sudah menyebar sampai ke penelitian para ilmuan. Bahkan dikatakan sudah mulai terlihat pada tahun 1770 di Bengkulu, pada 1925 di daerah Banyuasin, dan pada 1927 di daerah Kerinci.  Dikatakan bahwa orang pendek memiliki tinggi berkisar 80 cm sampai dengan 150 cm.

Read More

2. Ebu Gogo

 Kita menyebrang ke daerah Nusa Tenggara, yaitu tepatnya ke Flores. Dikisahkan bahwa Ebu Gogo adalah makhluk sejenis manusia yang memiliki tinggi kurang lebih satu meter, ditutupi rambut, periuk-berperut, serta memiliki telinga yang menjulur. Diceritakan bahwa Ebu Gogo berjalan dengan agak kikuk dan sering menggunakan bisikan sebagai jenis bahasa dalam berkomunikasi. Tentang Ebu Gogo ini bahkan pernah diteliti oleh Dr. Gregory Forth, dalam bukunya yang berjudul “Images of the Wildman in Southeast Asia: An Anthropological Perspective”.

3. Ahool

Merupakan sesosok kelelawar raksasa yang dikabarkan tinggal di hutan kawasan Pulau Jawa. Dikatakan ukuran sayapnya saja bisa mencapai panjang kurang lebih 3 meter, kepala seperti monyet, mata besar hitam, cakar yang besar di lengan, dan tubuhnya dipenuhi bulu sewarna abu-abu gelap. Mengenai hewan mitologi ini dikatakan pertama kali terlihat di hutan Gunung Slak oleh peneliti Dr.Ernest Bartels. Hal ini diketahui dari laporan Loren Coleman dan Jerome Clark, reporter BBC News yang sedang meliput dokumentasi alam di Indonesia dan kemudian didukung oleh pernyataan ahli cryptozoologi bernama Ivan T. Sanderson, bahwa Ahool digadang sebagai adaptasi dari burung purba.

BACA JUGA :  Mengharukan! Ternyata Ini Lho Asal Usul Adanya Aksara Jawa!

4. Cindaku

Cindaku lebih dikenal dengan sebutan manusia harimau, yang berasal dari Pulau Sumatera, khusunya daerah Jambi. Cerita turun-temurun berpendapat bahwa Cindaku adalah manifestasi dari jenis ilmu batin yang diwariskan oleh leluhur masyarakat Kerinci, yaitu kemampuan untuk merubah wujud dari manusia ke harimau. Di balik cerita tersebut ternyata masyarakat juga memaknai sosok ini sebagai representasi dari kehidupan yang berdampingan antara manusia dan harimau. Karena leluhur masyarakat Kerinci sendiri, yang menyebut diri sebagai Tingkas, merupakan kelompok yang snagat menjunjung kesejahteraan kehidupan harimau. Itulah kemudian disinyalir sebagai munculnya sosok mitologi ini.

Itu tadi penjelasannya smartgirl, kalau kamu masuk bagian yang mana? Like, Share, dan Komen dibawah ya…

Editor : Syifa Rosyiana Dewi 

Related posts