Mau Coba Makanan Olahan dari Apel? Coba Deh 2 Resep Ini!

  • Whatsapp

SmartGirl udah tau dong ya kalau buah banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Kali ini GirIsMe bukan mau njabarin manfaat dari buah nih girls, tapi kita bakal bagi resep dari salah satu buah. Mau tau apa?

Yap, benar sekali, buah Apel! Selain dijadikan beberpa sirup dan manisan, ternyata apel bisa dijadikan olahan makanan loh! Yuk kita lihat sama-sama ya!

Read More

  1. Mencoba hal yang baru dengan membuat Cake Apel, ternyata rasanya Enak!

copyright by www.kamelena.ru

 Bahan:

Campur jadi satu bahan di bawah, aduk rata dan sisihkan.
– 7 butir apel, kupas kulitnya, potong dadu
– 1  sendok makan bubuk kayu manis
– 5 sendok makan gula pasir

Bahan Adonan Cake:

– 200 ml minyak sayur (saya menggunakan minyak zaitun)

– 400 gram gula pasir

– 1 sendok teh vanila ekstrak
– 4 butir telur  ayam
– 50 ml jus jeruk
– 330 gram tepung terigu serba guna, saya menggunakan Segitiga Biru
– 1 sendok makan baking powder, pastikan fresh
– 1 sendok teh garam

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven, set disuhu 175’C, letakkan rak pemanggang di tengah. Olesi loyang tulban  bongkar pasang (loyang cincin, lubang di tengah) dengan mentega dan taburi tepung terigu. Sisihkan.
  2. Dalam mangkuk ukuran sedang, masukkan minyak, gula pasir, vanila ektrak dan jus jeruk. Aduk rata. Ayak tepung terigu, baking powder dan garam menjadi satu, kemudian masukkan bahan basah (campuran minyak dan gula) ke dalam tepung. Aduk rata. Masukkan telur satu persatu ke dalam adonan, aduk rata sebelum menambahkan telur berikutnya.
  3. Masukkan setengah adonan ke dalam loyang, ratakan. Kemudian tambahkan setengah apel ke atas adonan di dalam loyang, tata agar apel menyebar ke seluruh permukaan adonan. Tutup apel dengan memasukkan sisa adonan dan akhiri dengan memasukkan sisa apel ke dalam loyang sehingga menyebar ke permukaan cake.
  4. Panggang selama + 1 1/2 jam, test dengan tusuk gigi, jika masih ada adonan yang menempel panggang kembali cake hingga matang. Keluarkan cake dari oven, biarkan kira-kira 10 menit, kemudian dengan menggunakan pisau sisiri tepian cake untuk memastikan tidak ada bagian cake yang menempel di loyang. Keluarkan cake dengan menarik bagian tengah loyang yang menonjol sambil menekan bagian bawah loyang agar terlepas.
  5. Biarkan cake benar-benar dingin sebelum dipotong.
BACA JUGA :  Mau Makan Sehat Tapi Bingung Mau Apa? Coba Deh 4 Makanan dari Daun Binahong Ini, Sudah Unik Sehat Pula!

 

  1. Selain cake, ternyata apel cocok juga dijadikan Tart Apel!

copyright by www.menuinternasional.com

Bahan Kulit Tart :

– 165 gram tepung terigu serba guna

– 92 gram mentega dingin, masukkan kulkas terlebih dahulu

– 2 sendok makan margarine dingin, masukkan kulkas

– 1/4 sendok teh  garam

– 25 ml – 50 ml air es

Bahan Isi:

– 2 buah apel Granny Smith atau apel malang, sedang, berat kira-kira 350 – 400 gr

– 1 1/2 sendok makan tepung terigu

– 5 sendok makan gula pasir

– 1 sendok teh kayu manis bubuk

– 1/2 sendok pala bubuk

– 4 sendok makan selai apel, jika tidak ada bisa diganti selai buah lainnya seperti marmalade atau nanas

Tambahan:

2 sendok makan selai untuk olesan permukaan tart (optional)

1 sendok makan mentega, potong kecil-kecil untuk taburan

 

Cara Membuat:

Untuk Adonan Kulit

  1. Ayak tepung terigu dan garam, masukkan ke dalam mangkuk (gunakan mangkuk yang agak besar agar leluasa). Potong-potong  mentega dan margarin dingin, masukkan ke dalam tepung terigu. Nah, tahap selanjutnya anda bisa menggunakan 2 pisau untuk mencacah-cacah terigu dan mentega hingga menjadi berbutir-butir sebesar kacang tanah. Atau menggunakan pisau pastry, aduk mantega dan tepung hingga menjadi butiran kecil.
  2. Tambahkan 25 ml air es ke dalam adonan, dengan menggunakan jari tangan aduk hingga  rata dan menjadi adonan yang lembut. Uleni adonan dengan permukaan telapak tangan kita. Anda bisa menguleninya di dalam mangkuk atau memindahkannya ke talenan atau meja. Tambahkan air es sedikit demi sedikit jika kurang. Adonan yang terbentuk moist dan tidak lengket.
  3. Bentuk bulat adonan, bungkus dengan plastik wrap dan masukkan ke kulkas selama 30 menit.
BACA JUGA :  Buat Pecinta Bakso Harus Nyoba 4 Warung Bakso Ter-Enak di Malang Ini! Wajib Hukumnya!

Untuk Membuat Isi Tart:

  1. Kupas apel, belah dua, buang biji tengahnya dengan menggunakan sendok untuk membuat cocktail buah. Iris tipis apel, masukkan ke mangkuk.
  2. Tambahkan tepung terigu, gula, kayu manis dan bubuk pala. Aduk rata.

Sekarang kita akan membuat tartnya:

  1. Panaskan oven, set disuhu 170’C. Siapkan loyang bongkar pasang khusus untuk pie. Olesi mentega dan taburi dengan tepung.
  2. Keluarkan adonan tart dari kulkas, gilas tipis adonan, kemudian masukkan adonan yang telah digilas ke dalam loyang. Tekan-tekan hingga adonan menempel pada loyang, potong sisa adonan yang berlebihan. Kita akan menggunakan sisa adonan untuk topping tart.
  3. Tusuk adonan di loyang menggunakan garpu, olesi permukaan adonan dengan selai hingga tertutup rata. Kemudian tata apel memenuhi permukaan adonan. Masukkan juga sekalian juice yang keluar dari apel. Berikan potongan mentega ke atas apel.
  4. Gilas tipis sisa adonan tart, kemudian potong-potong memanjang seperti pita, tata pita adonan bersilang-silang menutupi permukaan apel. Jika masih ada  sisa adonan, anda bisa menciptakan kreasi  bentuk lainnya untuk mempermanis tart apel anda.
  5. Larutkan 2 sendok makan selai dengan air 2 sendok makan air, sapukan selai di atas permukaan tart menggunakan kuas kue hingga rata.
  6. Panggang tart selama 50 – 60 menit. Jika tart terlihat sudah berwarna kecoklatan, tutup permukaannya dengan alumunium foil atau kertas timah agar tidak gosong dan lanjutnya memanggang hingga matang.  Keluarkan dari oven, dinginkan hingga benar-benar dingin baru dipotong-potong dan dikeluarkan dari loyang.

written by Luthfiana Ulfa

edited by Nadhifah Azhar

Related posts